Hukum Shalat Jum'at Bagi Musafir Menurut Al Qur'an dan Sunnah
Tempo hari,
menjelang berbuka, saya sempat chatting dengan seorang ikhwah, yang di
antaranya membahas masalah dalam judul di atas. Dikarenakan sikon yang kurang
memungkinkan memberikan rincian, maka dalam pembicaraan tersebut saya hanya
sebutkan hal-hal yang ringkas saja. Melalui artikel ini, saya akan sedikit
berikan rincian mengenai hal itu dengan harapan dapat menjadi ‘tambal’ apa yang
telah terlewat dalam pembicaraan tersebut.
Ad-Daaruquthniy
rahimahullah berkata:
حدثنا أبو بكر الشافعي ثنا إسماعيل بن الفضل ثنا القواريري
ثنا أبو بكر الحنفي عن عبد الله بن نافع عن أبيه عن ابن عمر عن النبي صلى الله
عليه وسلم قال ليس على المسافر جمعة
Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr Asy-Syaafi’iy: Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil bin Al-Fadhl: Telah menceritakan kepada kami Al-Qawaariiriy: Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr Al-Hanafiy, dari ‘Abdullah bin Naafi’, dari
ayahnya, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallaahu ‘alahi wa sallam, beliau
bersabda: “Tidak ada kewajiban shalat Jum’at bagi musafir” (As-Sunan, no. 1582).
Ismaa’iil bin
Al-Fadhl mempunyai muttabi’ dari Ahmad bin Yahyaa Al-Hulwaaniy sebagaimana
diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath 1/249 no. 818.
Hadits ini
sangat lemah, dikarenakan ‘Abdullah bin Naafi’, seorang yang matruuk.(1)
Al-Baihaqiy
rahimahullah menyatakan bahwa yang shahih (mahfuudh) dari riwayat ini adalah
mauquf:
وأخبرنا أبو حازم الحافظ ثنا أبو أحمد الحافظ أنبأ أبو
يعقوب إسحاق بن أيوب الفقيه بواسط ثنا أحمد بن سعد الزهري ثنا يحيى بن سليمان
الجعفي ثنا بن وهب أخبرني عمرو بن الحارث حدثني عبيد الله بن عمر عن نافع عن بن
عمر قال لا جمعة على مسافر
Dan telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Haazim Al-Haafidh: Telah menceritakan kepada kami
Abu Ahmad Al-Haafidh: Telah memberitakan Abu Ya’quub Ishaaq bin Ayyuub
Al-Faqiih di Waasith: Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Sa’d Az-Zuhriy:
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sulaimaan Al-Ju’fiy: Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Wahb: Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Amru bin
Al-Haarits: Telah menceritakan kepadaku ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari Naafi’,
dari Ibnu ‘Umar, ia berkata: “Tidak ada kewajiban shalat Jum’at bagi musafir” (As-Sunan
Al-Kubraa, 3/184).
Diriwayatkan
pula oleh ‘Abdurrazzaaq (3/172 no. 5198) dari jalan ‘Ubaidullah bin ‘Umar, dari
Naafi’, dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
Ada hadits lain dalam hal ini:
Ad-Daaruquthniy
rahimahullah berkata:
حدثنا عبيد الله بن عبد الصمد بن المهتدي بالله ثنا يحيى بن
نافع بن خالد بمصر ثنا سعيد بن أبي مريم ثنا ابن لهيعة حدثني معاذ بن محمد
الأنصارى عن أبي الزبير عن جابر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من كان يؤمن
بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة يوم الجمعة إلا مريض أو مسافر أو امرأة أو صبي أو
مملوك فمن استغنى بلهو أو تجارة استغنى الله عنه والله غني حميد
Telah
menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdish-Shamad Al-Muhtadiy billah:
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Naafi’ bin Khaalid di Mesir: Telah
menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abi Maryam: Telah menceritakan kepada kami
Ibnu Lahii’ah: Telah menceritakan kepadaku Mu’aadz bin Muhammad Al-Anshaariy,
dari Abuz-Zuabir, dari Jaabir: Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka
wajib baginya mengerjakan shalat Jum’at pada hari Jum’at, kecuali: orang yang
sakit, musafir, wanita, anak-anak, dari budak. Barangsiapa yang mencukupkan
diri dengan kesia-siaan atau perdagangan, maka Allah akan merasa cukup darinya,
dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (As-Sunan, no. 1576, dan dari jalannya
Ibnul-Jauziy dalam At-Tahqiiq, 1/501 no. 788).
Sa’iid bin
Abi Maryam mempunyai muttabi’ dari Kaamil bin Thalhah Al-Jahdariy, seorang yang
shaduuq, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil dan dari
jalannya Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa 3/184.
Riwayat ini
lemah, atau bahkan mungkin sangat lemah. Ibnu Lahii’ah, seorang yang lemah dari
sektor hapalannya setelah kitab-kitabnya terbakar (At-Taqriib, hal. 538 no.
3587). Mu’aadz bin Muhammad seorang perawi munkarul-hadiits,(2) sebagaimana
dikatakan Ibnu ‘Adiy (Al-Kaamil no. 1912). Adapun Al-Uqailiy berkata: “Dalam
haditsnya ada wahm” (Adl-Dlu’afaa’, hal. 1348 no. 1787).
Jaabir mempunyai
syaahid antara lain dari:
1. Tamiim Ad-Daariy radliyallaahu
‘anhu.
Al-Baihaqiy
rahimahullah berkata:
أخبرنا علي بن أحمد بن عبدان أنبأ أحمد بن عبيد الصفار ثنا
علي بن الحسن بن بيان ثنا سعيد بن سليمان ثنا محمد بن طلحة بن مصرف ح وأخبرنا أبو
حازم الحافظ أنبأ أبو أحمد الحافظ يعني النيسابوري أنبأ أبو أحمد محمد بن سليمان
بن فارس ثنا محمد يعني بن إسماعيل البخاري حدثني إسماعيل بن أبان ثنا محمد بن طلحة
عن الحكم بن عمرو عن ضرار بن عمرو عن أبي عبد الله الشامي عن تميم الداري عن النبي
صلى الله عليه وسلم قال الجمعة واجبة إلا على صبي أو مملوك أو مسافر وفي رواية بن
عبدان إن الجمعة واجبة إلا على صبي أو مملوك أو مسافر
Telah mengkhabarkan
kepada kami ‘Aliy bin Ahmad bin ‘Abdaan: Telah memberitakan Ahmad bin ‘Ubaid
Ash-Shaffaar: Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Bayaan:
Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Sulaimaan: Telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Thalhah bin Musharrif (ح).
Dan telah mengkhabarkan kepada kami Abu Haazim Al-Haafidh: Telah memberitakan
Abu Ahmad Al-Haafidh An-Naisaabuuriy: Telah memberitakan Abu Ahmad Muhammad bin
Sulaimaan bin Faaris: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ismaa’iil
Al-Bukhaariy: Telah menceritakan kepadaku Ismaa’iil bin Abaan: Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Thalhah, dari Al-Hakam bin ‘Amru, dari
Dliraar bin ‘Amru, dari Abu ‘Abdillah Asy-Syaamiy, dari Tamiim Ad-Daariy, dari
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Shalat Jum’at itu wajib
kecuali bagi anak-anak, budak, atau musafir”. Dan dalam riwayat Ibnu ‘Abdaan:
“Sesungguhnya shalat Jum’at itu wajib kecuali bagi anak-anak, budak, dan
musafir” (As-Sunan Al-Kubraa, 3/183-184).
Diriwayatkan
pula oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kubraa 2/51-52 no. 1257 dan Al-‘Uqailiy
dalam Adl-Dlu’afaa’ hal. 609 no. 765 dari jalan Muhammad bin Thalhah yang
selanjutnya seperti hadits di atas.
Sanad hadits
ini sangat lemah. Abu ‘Abdillah Asy-Syaamiy namanya Syahr bin Hausyab adalah
perawi lemah (Tahriirut-Taqriib, 2/122 no. 2830). Dliraar bin ‘Amru
Al-Malathiy, (Mishbaahul-Ariib, 2/105 no. 12603) dan Al-Hakam bin ‘Amru
Ar-Ru’ainiy (idem, 1/389 no. 8165 – lihat juga ta’liq Hamdiy As-Salafiy dalam
Al-Kabiir), adalah dua orang perawi yang sangat lemah.
Abu Zur’ah
berkata tentang hadits ini: “Hadits munkar” (Al-‘Ilal oleh Ibnu Abi Haatim
1/212).
2. Abu
Hurairah radliyallaahu ‘anhu.
Ath-Thabaraaniy
rahimahulah berkata:
حدثنا أحمد بن محمد بن الحجاج بن رشدين بن سعد المصري قال
حدثنا إبراهيم بن حماد بن أبي حازم المديني قال حدثنا مالك بن أنس عن أبي الزناد
عن الأعرج عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم خمسة لا جمعة عليهم
المرأة والمسافر والعبد والصبي وأهل البادية لم يرو هذا الحديث عن مالك إلا
إبراهيم بن حماد بن أبي حازم
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Al-Hajjaaj bin Risydiin bin
Sa’d Al-Mishriy, ia berkata: Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin
Hammaad bin Abi Haazim Al-Madiiniy, ia berkata: Telah mengkhabarkan kepada kami
Maalik bin Anas, dari Abuz-Zinaad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah, ia berkata:
Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Ada lima golongan
yang tidak diwajibkan shalat Jum’at atas mereka: wanita, musafir, budak, anak-anak,
dan penduduk padang pasir”. Ath-Thabaraaniy berkata: “Tidak ada yang
meriwayatkan hadits ini dari Maalik kecuali Ibraahiim bin Hammaad bin Abi
Haazim” (Al-Ausath, no. 204).
Hadits ini
lemah karena Ahmad bin Muhammad bin Al-Hajjaaj (Irsyaadul-Qaadliy, hal. 155-156
no. 172) dan Ibraahiim bin Hammaad (Mishbaahul-Ariib, 1/28 no. 283) adalah dua
orang perawi lemah.
Al-Albaaniy
mengatakan tentang hadits ini: “Sangat lemah” (Adl-Dla’iifah no. 3555).
Ada juga
hadits mursal Al-Hasan Al-Bashriy rahimahullah:
عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ ، عَنْ عَمْرٍو ، عَنِ الْحَسَنِ ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَيْسَ
عَلَى الْمُسَافِرِ جُمُعَةٌ
Dari Ibnu
‘Uyainah, dari ‘Amru, dari Al-Hasan, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Tidak ada kewajiban shalat Jum’at bagi
musafir” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 5203).
Hadits ini
lemah karena mursal.
Kesimpulan:
Hadits perkecualian musafir dari orang-orang yang diwajibkan shalat Jum’at dari
sabda beliau shallalahu ‘alaihi wa sallam adalah lemah.
Akan tetapi
perkecualian musaafir dari orang-orang yang diwajibkan shalat Jum’at merupakan
ijmaa’ dari kalangan ulama sebagaimana dikatakan Ibnu Hubairah rahimahullah:
واتفقوا على أن الجمعة لا تجب على صبي ولا عبد ولا مسافر
ولا امرأة، إلا رواية عن أحمد في العبد خاصة
“Para ulama
telah sepakat bahwasannya shalat Jum’at tidak diwajibkan atas anak-anak,
hamba/budak, musafir, dan wanit; kecuali satu riwayat dari Ahmad tentang hamba
secara khusus” (Ikhtilaaful-‘Ulamaa’, 1/152).
Begitu juga
yang dikatakan Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah:
وأما قوله: (ليس على مسافر جمعة) فإجماع لا خلاف فيه
“Adapun sabda
beliau: ‘Tidak ada kewajiban shalat Jum’at atas musafir’, maka itu adalah ijma’
tanpa ada perselisihan padanya” (Al-Istidzkaar, 2/36).(3)
Hal itu
dikarenakan bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah sering
melakukan safar, akan tetapi tidak ternukil satupun riwayat yang menjelaskan
beliau menegakkan shalat Jum’at. Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata:
ومما يحتج به في إسقاط الجمعة عن المسافر أن النبي صلى الله
عليه وسلم قد مرّ به في أسفاره جُمَعٌ لا محالة، فلم يبلغنا أنه جَمَّع وهو مسافر،
بل قد ثبت عنه أنه صلى الظهر بعرفة وكان يوم الجمعة، فدلّ ذلك من فعله على أن لا
جمعة على المسافر
“Dan termasuk
dalil yang menunjukkan gugurnya kewajiban shalat Jum’at bagi musafir adalah
bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam safar-safarnya tentu
pernah melewati hari Jum’at. Akan tetapi tidak sampai pada kita beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat Jum’at dalam keadaan safar.
Bahkan, telah shahih dari beliau mengerjakan shalat Dhuhur di ‘Arafah yang saat
itu bertepatan dengan hari Jum’at.(4) Maka, itu merupakan petunjuk dari
perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa tidak ada kewajiban shalat
Jum’at bagi musafir” (Al-Ausath, 4/20).
حدثنا وكيع عن العمري عن نافع عن ابن عمر أنه كان لا يجمع
في السفر
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari Al-‘Umariy, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar:
Bahwasannya ia tidak melaksanakan shalat Jum’at ketika safar (Diriwayatkan oleh
Ibnu Abi Syaibah, 2/104; sanadnya hasan, namun shahih dengan riwayat mauquf
Al-Baihaqiy di awal).
عن الثوري عن مغيرة عن إبراهيم قال كانوا لا يجمعون في سفر
ولا يصلون الا ركعتين
Dari
Ats-Tsauriy, dari Mughiirah, dari Ibraahiim, ia berkata: “Mereka tidak
mengerjakan shalat Jum’at ketika safar. Dan mereka tidaklah shalat kecuali dua
raka’at” (Diriwayatkan ‘Abdurrazzaaq 3/173-174 no. 5202; sanadnya shahih).
‘Mereka’ yang
dimaksud Ibraahiim An-Nakha’iy ini adalah beberapa tabi’in dan shahabat yang
semasa dengannya, karena ia sendiri termasuk tabi’iy kecil (thabaqah ke-5,
wafat tahun 196 H).
حدثنا معتمر عن برد عن مكحول قال: ليس على المسافر أضحى ولا
فطر ولا جمعة
Telah
meceritakan kepada kami Mu’tamir, dari Burd, dari Mak-huul, ia berkata: “Tidak
ada kewajiban bagi musafir shalat ‘Iedul-Adlhaa, shalat ‘Iedul-Fithri, dan
shalat Jum’at” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/104; sanadnya shahih).
حدثنا أبو أسامة عن أبي العميس عن علي بن الأقمر قال: خرج
مسروق وعروة بن المغيرة ونفر من أصحاب عبد الله فحضرت الجمعة فلم يجمعوا وحضر
الفطر فلم يفطروا
Telah
menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Abul-‘Umais, dari ‘Aliy bin
Al-Aqmar, ia berkata: “Masruuq, ‘Urwah, Al-Mughiirah, dan sejumlah orang dari
kalangan shahabat ‘Abdullah pernah keluar untuk safar. Tibalah hari Jum’at,
namun mereka tidak shalat Jum’at. Dan tiba pula hari ‘Iedul-Fithri, namun
mereka tidak shalat ‘Ied” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/104; sanadnya
shahih).
حدثنا أبو الأحوص عن مغيرة عن إبراهيم قال كان أصحابنا
يغزون فيقيمون السنة أو نحو ذلك يقصرون الصلاة ولا يجمعون
Telah
menceritakan kepada kami Abul-Ahwash, dari Mughiirah, dari Ibraahiim:
“Shahabat-shahabat kami pernah berperang selama kurang lebih setahun, dimana
mereka menqashar shalat namun tidak melakukan shalat Jum’at” (idem, sanadnya
shahih).
عن معمر عن بن طاووس عن أبيه قال ليس على المسافر جمعة
Dari Ma’mar,
dari Ibnu Thaawus, dari ayahnya, ia berkata: “Tidak ada kewajiban shalat Jum’at
bagi musafir” (Diriwayatkan ‘Abdurrazzaq 3/172 no. 5197; sanadnya shahih).
Ijma’ ini
adalah bagi musafir yang tidak singgah di satu negeri/daerah dan tidak
terdengar adzan oleh mereka.(5) Seandainya mereka menegakkan sendiri shalat
Jum’at, maka shalatnya tidak sah menurut sebagian ulama, dan ia harus
mengulangi dengan melakukan shalat Dhuhur.
Akan tetapi
para ulama berbeda pendapat tentang musafir yang mendengar panggilan adzan
dalam satu negeri/daerah yang ia lewati.(6) Jumhur ulama berpendapat tidak
wajib menghadiri shalat Jum’at. Alasannya adalah sebagaimana di atas.
حدثنا عبد الأعلى عن يونس عن الحسن أن أنس بن مالك أقام
بنيسابور سنة أو سنتين فكان يصلي ركعتين ثم يسلم ولا يجمع
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul-A’laa, dari Yuunus, dari Al-Hasan: Bahwasannya
Anas bin Maalik pernah berada di Naisaabuur selama setahun atau dua tahun. Ia
shalat dua raka’at kemudian salam, tanpa mengerjakan shalat Jum’at (Diriwayatkan
oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/104; sanadnya shahih).(7)
حدثنا عبد الأعلى عن يونس عن الحسن أن عبد الرحمن بن سمرة
شتى بكابل شتوة أو شتوتين لا يجمع ويصلي ركعتين
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul-A’la, dari Yuunus, dari Al-Hasan: Bahwasannya
‘Abdurrahman bin Samurah pernah berada di negeri Kaabul (Afghanistan) pada
musim dingin selama semusim atau dua musim. Ia tidak melakukan shalat Jum’at,
dan ia shalat dua raka’at” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/104; sanadnya
shahih).
حدثنا زيد بن حباب قال ثنا رجاء بن أبي سلمة قال حدثني أبو
عبيد مولى سليمان بن عبد الملك قال: خرج عمر بن عبد العزيز من دابق وهو يومئذ أمير
المؤمنين فمر بحلب يوم الجمعة فقال لأميرها: جمع فإنا سفر
Telah
menceritakan kepada kami Zaid bin Hubaab, ia berkata: Telah menceritakan kepada
kami Rajaa’ bin Abi Salamah, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Abu ‘Ubaid
maulaa Sulaimaan bin ‘Abdil-Malik, ia berkata: “’Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz pernah
keluar dalam safarnya dari Daabiq dimana saat itu ia menjabat sebagai
Amiirul-Mukminiin. Ia melewati negeri Halab pada hari Jum’at, lalu ia berkata
kepada amir negeri itu: “Shalat Jum’at lah, karena kami sedang safar (sehingga
tidak shalat bersama kalian)” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/105;
sanadnya shahih).(8)
Di antara
mereka (salaf) ada yang tetap mewajibkan menghadiri shalat Jum’at. Dalil mereka
adalah keumuman ayat:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ
مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ
ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Hai
orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari
Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual
beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al-Jum’ah:
6).
Ayat ini
umum, tidak mengkhususkan bagi orang yang mukim saja.
عن معمر عن الزهري قال سألته عن المسافر يمر بقرية فينزل
فيها يوم الجمعة قال إذا سمع الاذان فليشهد الجمعة
Dari Ma’mar,
dari Az-Zuhriy, ia berkata: Aku (Ma’mar) pernah bertanya kepadanya tentang
musafir yang melewati satu kampung/desa yang bertepatan dengan hari Jum’at,
maka ia menjawab: “Apabila ia mendengar adzan, hendaklah ia menghadiri shalat
Jum’at” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurazzaaq 3/174 no. 5205; sanadnya shahih).
Catatan:
Pendapat Az-Zuhriy ini juga dilatarbelakangi pengetahuannya bahwa para shahabat
dan tabi’in ketika berada di Dzul-Hulaifah menghadiri shalat Jum’at.(9)
حدثنا أبو خالد الأحمر عن عبد الله بن يزيد عن سعيد بن
المسيب قال: سألته على من تجب الجمعة ؟ فقال: على من سمع النداء
Telah
menceritakan kepada kami Abu Khaalid Al-Ahmar, dari ‘Abdullah bin Yaziid, dari
Sa’iid bin Al-Musayyib, ia berkata: Aku (‘Abdullah bin Yaziid) pernah bertanya
kepadanya tentang orang yang diwajibkan shalat Jum’at, lalu ia menjawab: “Wajib
bagi siapa saja yang mendengar adzan” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah,
2/102; sanadnya shahih).
حدثنا وكيع عن داود بن قيس الفراء قال: سمعت عمرو بن شعيب
قيل له: يا أبا إبراهيم على من يجب الجمعة ؟ قال: على من سمع الصوت
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari Daawud bin Qais Al-Farraa’, ia berkata:
Aku pernah mendengar ‘Amru bin Qais, dikatakan kepadanya: “Wahai Abu Ibraahiim,
siapa saja yang diwajibkan shalat Jum’at ?”. Ia berkata: “Diwajibkan bagi siapa
saja yang mendengar suara adzan” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/104;
sanadnya shahih).
Pendapat
inilah yang nampak dikuatkan oleh Shiddiiq Hasan Khaan rahimahullah, dimana ia
berkata:
والغالب أن المسافر لا يسمع النداء، وقد ورد أن الجمعة على
من سمع النداء، كما في حديث ابن عمر عند أبي داود
“Dan
ghalib-nya, musafir itu tidak mendengar adzan. Dan telah ada riwayat
bahwasannya shalat Jum’at itu wajib bagi orang yang mendengar adzan,
sebagaimana terdapat dalam hadits Ibnu ‘Umar sebagaimana diriwayatkan Abu
Dawud” (Ar-Raudlatun-Nadiyyah, 1/362).
Riwayat Ibnu
‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa dalam Sunan Abi Daawud yang dimaksudkan oleh
Shiddiiq Hasan Khaan adalah:
حدثنا محمد بن يحيى بن فارس، ثنا قبيصة، ثنا سفيان، عن محمد
بن سعيد يعني الطائفي عن أبي سلمة بن نبيه، عن عبد اللّه بن هارون، عن عبد اللّه
بن عمرو، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "الجمعة على كل من سمع النداء".
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahyaa bin Faaris: Telah menceritakan
kepada kami Qabiishah: Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Muhammad
bin Sa’iid Ath-Thaaifiy, dari Abu Salamah bin Nabiih, dari ‘Abdullah bin Haarun,
dari ‘Abdulah bin ‘Amru, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau
bersabda: “Shalat Jum’at wajib bagi siapa saja yang mendengar adzan” (Diriwayatkan
oleh Abu Daawud no. 1056; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil
3/58-60 no. 594).
Yang raajih,
shalat Jum’at wajib dihadiri oleh musafir jika ia mendengar seruan adzan,
karena tidak ada dalil yang memalingkankannya dari keumumannya.(10) Baik seruan
adzan itu berasal dari perkotaan ataupun pedesaan.
حدثنا عبد الله بن إدريس عن شعبة عن عطاء بن أبي ميمونة عن
أبي رافع عن أبي هريرة أنهم كتبوا إلى عمر يسألونه عن الجمعة فكتب جمعوا حيث كنتم
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Idriis, dari Syu’bah, dari ‘Athaa’ bin
Abi Maimuun, dari Abu Raafi’, dari Abu Hurairah: Bahwasannya para shahabat
menulis surat kepada ‘Umar (bin Al-Khaththaab) bertanya kepadanya tentang
shalat Jum’at. Lalu ‘Umar menulis balasan: “Shalat Jum’atlah dimana saja kalian
berada” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 2/101; sanadnya shahih).
Adapun
pendalilan bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak pernah
menegakkan shalat Jum'at dalam safarnya, maka itu dikarenakan jama'ah adalah
bersama beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam. Tidak ada seruan adzan yang
berkumandang kecuali seruan adzan yang dikumandangkan oleh para shahabat yang
bersama beliau. Seandainya dikatakan musafir tetap tidak diwajibkan menghadiri
shalat Jum’at (jika ia mendengar panggilan adzan di suatu daerah/negeri yang ia
lewati/singgahi), maka itu tidak menafikkan disyari’atkannya menghadiri shalat
Jum’at bagi musafir dan ke-afdlal-annya. Itulah yang dilakukan oleh sebagian
shahabat.(11)
Wallaahu
a’lam bish-shawwaab.
Ini saja yang
dapat dituliskan secara singkat, semoga ada manfaatnya bagi Penulis dan Pembaca
sekalian.
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Ibnu Hajar rahimahullah hanya
menghukumi dla’iif saja (At-Taqriib, hal. 552 no. 3685). Penilaian ini kurang
tepat, sebab banyak muhaddits menghukuminya dengan pelemahan yang syadiid. Misalnya: Abu
Haatim berkata: “Munkarul-hadits”. Al-Bukhaariy berkata: “Munkarul-hadiits”.
An-Nasaa’iy berkata: “Matruukul-hadiits”. Di lain tempat ia berkata: “Tidak
tsiqah”. Ad-Daaruquthniy berkata: “Matruk”. Abu Ahmad Al-Haakim berkata:
“Munkarul-hadiits” (lihat selengkapnya dalam: Tahdzibut-Tahdziib, 6/53-54 no.
101).
(2) Ibnu
Hajar dalam At-Taqriib (hal. 952 no. 6786) mengatakan: ‘maqbuul’, dan kemudian
dikoreki oleh Al-Arna’uth dan Basyaar ‘Awwaad dengan: ‘shaduuq hasanul-hadiits’
(Tahriirut-Taqriib, 3/390 no. 6739).
Penghukuman
keduanya perlu ditinjau kembali, karena mereka hanya mengantungkan tautsiq Ibnu
Hibbaan dan periwayatan beberapa orang tsiqaat darinya, tanpa memasukkan jarh
Ibnu ‘Adiy dan Al-‘Uqailiy di atas.
(3) Lihat di
sini.
(4) Inilah
yang dinukil dan dipahami oleh banyak ulama. Akan tetapi Ibnu Hazm rahimahullah
mempunyai pemahaman lain dimana ia mengatakan bahwa yang dilakukan Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam di ‘Arafah adalah shalat Jum’at:
وَلاَ خِلاَفَ فِيْ أَنَّهُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ خَطَبَ وَ
صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَ هَذِهِ صِفَةُ صَلاَةِ الْجُمُعَةِ
“Dan tidak
ada perselisihan bahwasannya beliau ‘alaihis-salaam berkhutbah dan shalat dua
raka’at. Dan inilah sifat shalat Jum’at” (Al-Muhallaa, 5/50).
Namun
pendapat Ibnu Hazm rahimahullah ini tidak benar.
(5) Inilah
tahqiq yang mesti kita perhatikan. Termasuk dalam memahami perkataan beberapa
ulama, semisal perkataan Ibnu Qudaamah rahimahullah berkata:
وأما المسافر فأكثر أهل العلم يرون أنه لا جمعة عليه كذلك
قاله مالك في أهل المدينة والثوري في العراق والشافعي وإسحاق وأبو ثور وروي ذلك عن
عطاء وعمر بن عبد العزيز والحسن والشعبي وحكي عن الزهري والنخعي أنها تجب عليه لان
الجماعة تجب عليه فالجمعة أولى ولنا أن النبي عليه الصلاة والسلام كان يسافر فلا
يصلي الجمعة في سفره وكان في حجة الوداع بعرفة يوم الجمعة فصلى الظهر وجمع بينها
ولم يصل جمعة والخلفاء الراشدون رضي الله عنهم كانوا يسافرون للحج وغيره فلم يصل
أحد منهم الجمعة في سفره وكذلك غيرهم من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ومن
بعدهم
“Adapun musafir,
kebanyakan ulama berpendapat tidak adanya kewajiban shalat Jum’at baginya.
Begitulah yang dikatakan Maalik dari kalangan penduduk Madinah, Ats-Tsauriy
dari kalangan penduduk ‘Iraaq, Asy-Syaafi’iy, Ishaaq, dan Abu Tsaur. Dan
diriwayatkan hal tersebut dari ‘Athaa’, ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz, Al-Hasan, dan
Asy-Sya’by. Dan dihikayatkan dari Az-Zuhriy dan An-Nakha’iy bahwasannya shalat
Jum’at itu wajib bagi musafir karena shalat jama’ah itu wajib baginya sehingga
qiyas aula-nya shalat Jum’at lebih pantas untuk diwajibkan. Adapun dalil kami
adalah bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa salam biasa melakukan safar,
namun beliau tidak melakukan halat Jum’at dalam safarnya itu. Dan ketika dalam
haji wada’ di ‘Arafah pada hari Jum’at, beliau shalat Dhuhur dan menjamaknya,
tanpa melakukan shalat Jum’at. Hal yang sama dengan Al-Khulafaaur-Raasyidiin
radliyallaahu ‘anhum dimana mereka biasa bersafar untuk haji dan selainnya
tanpa ada seorang pun dari mereka melakukan shalat Jum’at dalam safarnya.
Begitu pula dengan shahabat-shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
lainnya dan orang-orang setelah mereka....” (Al-Mughniy, 3/216).
Yang
diriwayatkan dari sebagian salaf yang mewajibkan shalat bagi musafir adalah
bagi mereka yang mendengarkan panggilan adzan.
(6) Baca: http://www.taimiah.org/index.aspx?function=item&id=956&node=4856 (link diambil saat masih aktif)
At-Tirmidziy
rahimahullah berkata:
واختلف أهل العلم على من تجب عليه الجمعة، فقال بعضهم: تجب
الجمعة على من آواه الليل إلى منزله. وقال بعضهم: لا تجب الجمعة إلا على من سمع
النداء، وهو قول الشافعي وأحمد وإسحاق.
سمعت أحمد بن الحسن يقول: كنا عند أحمد بن حنبل فذكروا على
من تجب الجمعة، فلم يذكر أحمد فيه عن النبي صلى الله عليه وسلم شيئا: قال أحمد بن
الحسن: فقلت لأحمد بن حنبل: فيه عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال
أحمد بن حنبل: عن النبي صلى الله عليه وسلم؟ قلت: نعم.
حدثنا الحجاج بن نصير أخبرنا معارك بن عباد عن عبد الله بن
سعيد المقبري عن أبيه عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "الجمعة
على من آواه الليل إلى أهله" فغضب علي أحمد، وقال: استغفر ربك استغفر ربك.
وإنما فعل به أحمد بن حنبل هذا لأنه لم يعد هذا الحديث شيئا وضعفه لحال إسناد.
“Para ulama
berbeda pendapat tentang orang yang diwajibkan padanya shalat Jum’at. Sebagian
mereka berkata: ‘Shalat Jum’at diwajibkan bagi orang yang dapat bermalam dengan
keluarganya’. Sebagian yang lain berkata: ‘Shalat Jum’at tidak diwajibkan
kecuali bagi orang yang mendengar panggilan adzan’. Ia adalah pendapat
Asy-Syaafi’iy, Ahmad, dan Ishaaq.
Aku mendengar
Ahmad bin Al-Hasan berkata: ‘Kami pernah berada di sisi Ahmad bin Hanbal, lalu
mereka membicarakan tentang siapa saja yang diwajibkan shalat Jum’at. Ahmad
tidak menyebutkan satu pun hadits dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam’.
Ahmad bin Al-Hasan berkata: Aku berkata kepada Ahmad bin Hanbal: ‘Dalam
permasalahan itu ada hadits dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam’. Lalu Ahmad bin Hanbal mengomentari: ‘Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam ?’. Aku berkata: ‘Benar’. (Lalu Ahmad bin Al-Hasan menyebutkan
hadits): Telah menceritakan kepada kami Al-Hajjaaj bin Nushair: Telah
mengkhabarkan kepada kami Mu’aarik bin ‘Abbaad, dari ‘Abdullah bin Sa’iid
Al-Maqburiy, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam, beliau bersabda: ‘Shalat Jum’at diwajibkan bagi orang yang dapat
bermalam dengan keluarganya’. Maka, Ahmad marah kepadaku, dan berkata: ‘Minta
ampunlah kepada Rabbmu, minta ampunlah kepada Rabbmu’.
Ahmad bin
Hanbal melakukan hal tersebut hanyalah karena ia tidak menganggap hadits ini
sedikitpun dikarenakan kelemahan sanadnya” (lihat: Sunan At-Tirmidziy, 1/511-512).
(7) Sebagian
orang membawakan atsar Anas ini sebagai dalil bahwasannya ia (Anas) menafikkan
shalat Jum’at bagi musafir secara mutlak. Menurut saya ini tidak benar dengan
alasan riwayat berikut:
Al-Bukhaariy
rahimahullah berkata:
وكان أنس رضي الله عنه في قصره، أحيانا يجمع وأحيانا لا
يجمع، وهو بالزاوية على فرسخين
“Adalah Anas
radliyallaahu ‘anhu di tempat tinggalnya, kadangkala melaksanakan shalat Jum’at
(di Bashrah), kadangkala tidak, dimana tempat tinggalnya itu ada di daerah
Zaawiyyah yang berjarak dua farsakh (dari Bashrah)” (Shahih Al-Bukhaariy,
melalui Fathul-Baariy 3/43 – disambungkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/102).
Di sisi lain,
Anas sendiri meriwayatkan bahwasannya ia pernah mengqashar shalat bersama Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam di Dzul-Hulaifah.
حدثنا أبو نعيم قال: حدثنا سفيان، عن محمد بن المنكدر
وإبراهيم بن ميسرة، عن أنس رضي الله عنه قال: صليت الظهر مع النبي صلى الله عليه
وسلم بالمدينة أربعا، والعصر بذي الحليفة ركعتين.
Telah
menceritakan kepada kami Abu Nu’aim, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami
Sufyaan, dari Muhammad bin Al-Munkadir dan Ibraahiim bin Maisarah, dari Anas
radliyallaahu ‘anhu, ia berkata: “Aku pernah shalat Dhuhur bersama Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam di Madiinah empat raka’at, dan shalat ‘Ashar di
Dzul-Hulaifah dua raka’at” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1089).
Jarak antara
Madiinah dan Dzul-Hulaifah adalah dua farsakh (± 6 mil).
Begitu juga
dengan beberapa shahabat lain:
عن هشام بن عروة عن عائشة بنت سعد بن أبي وقاص قالت كان أبي
يكون من المدينة على ستة أميال أو ثمانية فكان ربما يشهد الجمعة بالمدينة وربما لم
يشهدها
Dari Hisyaam
bin ‘Urwah, dari ‘Aaisyah bintu Sa’d bin Abi Waqaash, ia berkata: “Ayahku
tinggal di tempat yang berjarak enam atau delapan mil dari kota Madiinah.
Kadang ia menghadiri shalat Jum’at di Madinah, kadang tidak menghadiri” (Diriwayatkan
oleh ‘Abdurrazzaaq 3/163 no. 5157; sanadnya shahih).
(8) Akan
tetapi ada riwayat lain bahwa dalam kesempatan lain ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz
ikut menghadiri shalat Jum’at dalam safarnya.
عن معمر عن عطاء الخرساني قال قدم عمر بن عبد العزيز مكة في
حج أو عمرة فجمع بهم وهو مسافر
Dari Ma’mar,
dari ‘Athaa’ Al-Khurasaaniy, ia berkata: “’Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz tiba di
Makkah ketika haji atau ‘umrah, lalu ia shalat Jum’at bersama mereka sedangkan
ia seorang musafir” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq no. 5148; sanadnya hasan
atau shahih).
Dua riwayat
yang ternukil dari ‘Umar bin ‘Abdil-‘Aziiz rahimahullah ini menunjukkan bahwa
shalat Jum’at tetap disyari’atkan bagi musafir bersama penduduk negeri yang dikunjunginya,
walau itu tidak wajib baginya.
(9) Misalnya
riwayat yang dibawakan Ibnu Abi Syaibah rahimahullah berikut:
حدثنا عبد الاعلى عن معمر عن الزهري أنهم كانوا يشهدون
الجمعة مع النبي صلى الله عليه وسلم من ذي الحليفة
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul-A’laa, dari Ma’mar, dari Az-Zuhriy: Bahwasannya
mereka (para shahabat) menghadiri shalat Jum’at besama Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam dari Dzul-Hulaifah (Al-Mushannaf, 2/103; sanadnya shahih).
حدثنا وكيع عن جعفر بن برقان قال قلت للزهري على من تجب
الجمعة ممن كان هو قرب المدينة قال كان أهل ذي الحليفة يشهدون الجمعة
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari
Ja’far bin Burqaan, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Az-Zuhriy: “Kepada
siapa shalat Jum’at diwajibkan dari orang-orang yang berdekatan dengan Madinah?”.
Ia menjawab: “Dulu penduduk Dzul-Hulaifah menghadiri shalat Jum’at” (idem,
sanadnya shahih).
(10) Baca
juga fatwa Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimiin rahimahullah dengan pembahasan yang terkait.
(11) Lihat
catatan kaki no. 7.
Posting Komentar untuk "Hukum Shalat Jum'at Bagi Musafir Menurut Al Qur'an dan Sunnah"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.