Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Minuman yang Mengandung Al Kohol, Apakah termasuk Khamr?

Khamr dalam Islam, adalah dzat yang tidak diragukan lagi keharamannya, berdasarkan Al-Qur’an, As-Sunnah, dan ijma’.

Allah ta’ala berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا

“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: ‘Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya” (QS. Al-Baqarah: 219).

Asy-Syinqithiy rahimahullah berkata:

قوله تعالى: {قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ} ،لم يبين هنا ما هذا الإثم الكبير ؟ ولكنه بين في آية أخرى أنه إيقاع العداوة والبغضاء بينهم، والصد عن ذكر الله، وعن الصلاة، وهي قوله: {إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ} (5/91)

“Firman-Nya: ‘Katakanlah: Pada keduanya itu terdapat dosa besar’ ; tidak dijelaskan apa maksud dosa besar itu? Akan tetapi, dalam ayat yang lain dijelaskan bahwa dosa besar itu adalah menyebabkan permusuhan dan kebencian di antara mereka, serta menghalangi untuk berdzikir kepada Allah dan melakukan shalat. Ayat tersebut adalah firman-Nya: ‘Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)’ (QS. Al-Maaidah: 95)” (Adlwaaul-Bayaan, 1/91).

حدثنا مسدد ثنا يحيى عن سفيان ثنا عطاء بن السائب عن أبي عبد الرحمن السلمي عن علي بن أبي طالب عليه السلام: أن رجلا من الأنصار دعاه وعبد الرحمن بن عوف فسقاهما قبل أن تحرم الخمر فأمهم علي في المغرب فقرأ قل يا أيها الكافرون فخلط فيها فنزلت لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون

Telah menceritakan kepada kami Musaddad: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa, dari Sufyaan: Telah menceritakan kepada kami ‘Athaa’ bin As-Saaib, dari Abu ‘Abdirrahmaan As-Sulamiy, dari ‘Aliy bin Abi Thaalib: Bahwasannya ada seorang laki-laki dari kalangan Anshaar memanggilnya (‘Aliy) dan ‘Abdurrahmaan bin ‘Auf, lalu memberi mereka minum khamr sebelum diharamkannya. Lalu ‘Aliy mengimami mereka shalat Maghrib dan membaca Qul yaa ayyuhal-kaafiruun, lalu ia pun salah dalam membacanya. Maka, turunlah ayat: ‘Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan… (QS. An-Nisaa’: 43)” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3671; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud 2/416).(1)

Lebih jelas lagi, perhatikan firman Allah ta’ala berikut beserta sebab turunnya ayat:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (90) إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ (91)

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)” (QS. Al-Maaidah: 90-91).

حدثنا الحسين بن علي الصدائي قال، حدثنا حجاج بن المنهال قال، حدثنا ربيعة بن كلثوم عن جبر، عن أبيه، عن سعيد بن جبير، عن ابن عباس قال: نزل تحريم الخمر في قبيلتين من قبائل الأنصار شرِبوا. حتى إذا ثملوا، عبث بعضهم على بعض. فلما أن صَحوْا جعل الرجل منهم يرى الأثر بوجهه ولحيته فيقول: فعل بي هذا أخي فلان! وكانوا إخوة، ليس في قلوبهم ضغائن والله لو كان بي رءوفًا رحيمًا ما فعل بي هذا! حتى وقعت في قلوبهم ضغائن، فأنزل الله:"إنما الخمر والميسر" إلى قوله:"فهل أنتم منتهون"! فقال ناس من المتكلِّفين: رجْسٌ في بطن فلانُ قتل يوم بدر، وقتل فلان يوم أحُدٍ! فأنزل الله:( لَيْسَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جُنَاحٌ فِيمَا طَعِمُوا ) (سورة المائدة: 93)، . الآية.

Telah menceritakan kepada kami Al-Husain bin ‘Aliy Ash-Shadaa’iy, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Hajjaaj bin Al-Minhaal, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Rabii’ah bin Kultsuum, dari Jabr, dari ayahnya, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata: Pengharaman khamr turun mengenai dua kabilah dari kabilah Anshaar. Mereka meminumnya hingga apabila mereka telah mabuk, sebagian mereka bercanda dengan sebagian yang lain. Ketika mereka sadar, salah seorang mereka melihat bekas di wajahnya dan jenggotnya, dan ia pun berkata: “Saudaraku si Fulan ini telah melakukannya kepadaku”. Padahal dulunya mereka saling bersaudara dan tidak ada dendam dalam hati mereka. (Orang itu berkata): “Demi Allah, seandainya ia menyayangiku, niscaya ia tidak akan berbuat demikian terhadapku”. Sehingga terjadilah dendam di hati mereka. Maka, Allah ta’ala menurunkan ayat: ‘sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi….’ hingga sampai ayat: ‘maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)’ (QS. Al-Maaidah: 90-91). Berkatalah orang-orang yang memperberat diri mereka (mutakallifiin): “Ia (meminum khamr) adalah perbuatan keji, dan khamr itu ada dalam perut Fulan yang terbunuh dalam perang Badr dan Fulan yang terbunuh dalam perang Uhud”. Maka Allah menurunkan ayat: “Tidak ada dosa bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan yang saleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu…(QS. Al-Maaidah: 93)” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam At-Tafsiir 10/571 no. 12522; dishahihkan oleh Muqbil Al-Wadi’iy dalam Ash-Shahiihul-Musnad min Asbaabin-Nuzuul, hal. 88-89).

Dalam riwayat di atas tergambar kepada kita bagaimana khamr dapat menghilangkan akal dan kesadaran hingga kemudian menimbulkan dosa dan permusuhan. Khamr disebut sebagai biang keburukan sebagaimana perkataan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

الخمر أم الخبائث و من شربها لم يقبل الله منه صلاة أربعين يوما ، فإن مات وهي في بطنه مات ميتة جاهلية

“Khamr itu induk segala keburukan. Barangsiapa yang meminumnya, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari. Dan barangsiapa yang mati dimana khamr itu ada dalam perutnya, maka ia mati dalam keadaan jahiliyyah” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath no. 3810, Al-Waahidiy dalam Al-Wasiith 1/224, dan Al-Qadlaa’iy 6/2 sebagaimana dalam Silsilah Ash-Shahiihah 4/469 no. 1854).

Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Abdurrahmaan Ali Bassaam rahimahullah menjelaskan definisi khamr sebagai berikut:

للخمر- في اللغةَ ثلاثة معان:

1- الستر والتغطية، ومنه: اختمرت المرأة إذا غطت رأسها ووجهها بالخمار.

2- والمخالطة: ومنه قول كثير عزة:

هنيئا مريئا غير داء مخامر....... أي: مخالط.

3- والإدراك، ومنه قولهم: خمرت العجين وهو أن تتركه حتى يبلغ وقت إداكه.

فمن هذه المعانيْ الثلاثة أخذ اسم الخمرة، لأنها تُغطى العقل وتستره، ولأنها تخالط العقل، ولأنها تترك حتى تدرك وتستوى.

وتعريفها- شرعاً: أنها اسم لكل ما خامر العقل وغطَاه من أي نوع من الأشربة لحديث "كل مسكر خمر وكل خمر حرام".

“Khamr secara bahasa mempunyai tiga makna:

1. Tabir dan penutup. Jika dikatakan: ‘Ikhtamaratil-mar’ah’, yaitu jika ia (wanita) menutupi kepalanya dan wajahnya dengan khimaar (kerudung).

2. Bercampur. Di antaranya seperti perkataan yang banyak beredar: ‘hanii’an marii’an ghaira daain mukhaamirin…’; artinya: bercampur.

3. Matang. Di antaranya seperti perkataan mereka: ‘khamaratal-‘ajiin’; yang artinya: engkau membiarkannya hingga waktu matang.

Dari ketiga makna ini, diambillah kata al-khamrah, karena ia menutupi akal, mencampurkannya/mengacaukannya, dan karena dibiarkan baru kemudian sadar dan normal.

Adapun definisi secara syar’iy, maka ia nama untuk segala macam minuman yang dapat mengacaukan akal dan menutupinya; berdasarkan hadits: ‘Segala sesuatu yang memabukkan adalah khamr, dan semua jenis khamr adalah haram(2)” (Taisirul-‘Allam – yang dicetak bersama Tanbiihul-Afhaam – 2/490).

Ada beberapa bahan khamr yang disebutkan dalam hadits, di antaranya:

حدثنا مسدَّد: حدثنا يحيى، عن أبي حيَّان: حدثنا عامر، عن ابن عمر رضي الله عنهما: قام عمر على المنبر، فقال: أما بعد، نزل تحريم الخمر وهي من خمسة: العنب والتمر والعسل والحنطة والشعير، والخمر ما خامر العقل.

Telah menceritakan kepada kami Musaddad: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa, dari Abu Hayyaan: Telah menceritakan kepada kami ‘Aamir, dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa: ‘Umar pernah berdiri di atas mimbar, lalu berkhutbah: “Amma ba’du, pengharaman khamr turun, dan ia dapat berasal dari lima bahan: anggur, tamr, madu, hinthah (jewawut), dan gandum. Khamr itu segala sesuatu yang dapat mengacaukan akal” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5581).

حدثنا قتيبة بن سعيد. حدثنا عبدالعزيز (يعني الدراوردي) عن عمارة بن غزية، عن أبي الزبير، عن جابر؛ أن رجلا قدم من جيشان (وجيشان من اليمن) فسأل النبي صلى الله عليه وسلم عن شراب يشربونه بأرضهم من الذرة يقال له المزر؟ فقال النبي صلى الله عليه وسلم (أو مسكر هو؟) قال: نعم. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (كل مسكر حرام. إن على الله، عز وجل عهدا، لمن يشرب المسكر، أن يسقيه من طينة الخبال) قالوا: يا رسول الله! وما طينة الخبال؟ قال (عرق أهل النار. أو عصارة أهل النار).

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid: telah menceritakan kepada kami ‘Abdl-‘Aziiz (yaitu Ad-Daraawardiy), dari ‘Ammaarah bin Ghazyah, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir: Bahwasannya ada seorang laki-laki yang datang dari Jaisyaan (= Jaisyaan itu nama daerah di Yaman). Lalu ia bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang minuman yang diminum orang-orang di negerinya yang terbuat dari jagung, yang disebut sebagai al-ma’z. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apakah ia termasuk minuman yang memabukkan?”. Ia menjawab: “Ya”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala sesuatu yang memabukkan adalah haram. Sesungguhnya Allah mempunyai perjanjian. Barangsiapa yang meminum minuman yang memabukkan, Allah akan memberinya minum kelak dengan thiinatul-khabal”. Mereka berkata: “Wahai Rasulullah, apa itu thiinatul-khabal?”. Beliau bersabda: “Keringat penduduk neraka atau kotoran penduduk neraka” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 2003).

حدثنا الحسن بن علي ثنا يحيى بن آدم ثنا إسرائيل عن إبراهيم بن مهاجر عن الشعبي عن النعمان بن بشير قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن من العنب خمرا وإن من التمر خمرا وإن من العسل خمرا وإن من البر خمرا وإن من الشعير خمرا

Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Aadam: Telah menceritakan kepada kami Israaiil, dari Ibraahiim bin Muhaajir, dari Asy-Sya’biy, dari An-Nu’maan bin Basyiir, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Sesungguhnya pada anggur, tamr, madu, burr (sejenis gandum), gandum terdapat khamr” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3676; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud 2/417).(3)

حدثنا مسدد ثنا عبد الواحد بن زياد ثنا منصور بن حيان عن سعيد بن جبير عن بن عمر وبن عباس قالا: نشهد أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن الدباء والحنتم والمزفت والنقير

Telah menceritakan kepada kami Musaddad: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waahid bin Ziyaad: Telah menceritakan kepada kami Manshuur bin Hayyaan, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas, mereka berdua berkata: “Kami bersaksi bahwasannya Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wa sallam melarang (membuat dan mengkonsumsi nabiidz) dari dubaa’, khantam, muzaffat, dan naqiir” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3690; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud 2/421).

حدثني زهير بن حرب. حدثنا إسماعيل بن إبراهيم. أخبرنا الحجاج بن أبي عثمان. حدثني يحيى بن أبي كثير؛ أن أبا كثير حدثه عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (الخمر من هاتين الشجرتين: النخلة والعنبة).

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb: Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ibraahiim: Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Hajjaaj bin Abi ‘Utsmaan: telah menceritakan kepadaku Yahyaa bin Abi Katsiir: Bahwasannya Abu Katsiir menceritakan kepadanya, dari Abu Hurairah, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Khamr itu berasal dari dua jenis pohon ini: kurma dan anggur” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 1985).

حدثني إسحق: حدثنا النضر: أخبرنا شُعبة، عن سعيد بن أبي بردة، عن أبيه، عن جده قال: لما بعثه رسول الله صلى الله عليه وسلم ومعاذ بن جبل قال لهما: (يسرا ولا تعسرا، وبشرا ولا تنفرا، وتطاوعا). قال أبو موسى: يا رسول الله، إنا بأرض يصنع فيها شراب من العسل، يقال له البتع، وشراب من الشعير، يقال له المزر؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (كل مسكر حرام).

Telah menceritakan kepadaku Ishaaq: Telah menceritakan kepada kami An-Nadlr: Telah mengkhabarkan kepada kami Syu’bah, dari Sa’iid bin Abi Burdah, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata: Ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutusnya dan Mu’aadz bin Jabal ke Yaman, beliau bersabda kepada keduanya: “Permudahlah dan jangan kalian persulit. Berikanlah khabar gembira dan jangan membuat orang lari (dari dakwah). Dan bahu-membahulah kalian”. Abu Muusaa berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami berada di negeri yang dibuat padanya minuman dari madu yang disebut al-bit’u dan minuman yang terbuat dari gandum yang disebut al-mizr”. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap yang memabukkan itu haram” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6124).

Beberapa bahan yang disebutkan dalam riwayat-riwayat di atas bukanlah sebagai pembatas. Al-Baghawiy rahimahullah berkata setelah menyebutkan hadits ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu di atas:

في هذه الأحاديث دليل واضح على بطلان قول من زعم أن الخمر إنما هي عصير العنب، أو رطب البيء الشديد منه، وعلى فساد قول من زعم، أن لا خمر إلا من العنب، أو الزبيب، أو الرطب، أو التمر، بل كل مسكر خمر، وإن الخمر ما يخامر العقل. وقد روي عن الشعبي، عن النعمان بن بشير قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((إن من العنب خمرا، وإن من العسل خمرا، وإن من البر خمرا، وإن من الشعير خمرا)). فهذا تصريح بأن الخمر قد تكون من غير العنب والتمر، وتخصيص هذه الأشياء بالذكر ليس لما أن الخمر لا تكون إل من هذه الخمسة، بل كل ما كان في معناها من ذرة وصلت وعصارة شجر، فحكمه حكمها، وتخصيصها بالذكر، لكونها معهودة في ذلك الزمان. وقد روي عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((الخمر من هاتين الشجرتين: النخلة والعنبة)). وهذا لا يخالف حديث النعمان بن بشير، وإنما معناه: أن معظم الخمر يكون منها، وهو الأغلب على عادات الناس فيما يتخذونه من الخمور.

“Pada hadits-hadits ini terdapat dalil yang jelas atas batilnya pendapat orang yang mengatakan bahwa khamr itu hanya terbatas pada perasan anggur atau ruthab mentah yang masih keras. Juga menunjukkan rusaknya pendapat orang yang mengatakan bahwa tidak ada khamr selain yanng berasal dari anggur, kismis, atau tamr. Bahkan, segala sesuatu yang memabukkan adalah haram. Dan sesungguhnya khamr adalah apa-apa yang mencampuri/mengacaukan akal. Telah diriwayatkan dari Asy-Sya’biy, dari An-Nu’maan bin Basyiir, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: ‘Sesungguhnya pada anggur, madu, burr (sejenis gandum), dan gandum terdapat khamr’. Maka jelaslah bahwa khamr dapat juga berasal dari selain anggur dan tamr. Pengkhususan terhadap hal-hal itu dengan penyebutannya, bukanlah mengartikan tidak ada khamr kecuali dari lima jenis ini. Bahkan setiap hal yang tercakup maknanya dari jagung, gandum hitam, dan sari-sari pohon (nira), maka hukumnya sama dengan hukum khamr (jika ia memabukkan). Pengkhususan dengan penyebutannya adalah karena kenyataannya khamr hanya dibuat dari lima jenis pada jaman itu. Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: ‘Khamr itu berasal dari dua jenis pohon ini: kurma dan anggur’. Hadits ini tidak bertentangan dengan hadits An-Nu’maan bin Basyiir. Hanya saja maknanya adalah: Sesungguhnya kebanyakan khamr berasal darinya, dan kebanyakan orang memang biasa membuat khamr darinya(4)” (Syarhus-Sunnah, 11/352-353).

Setelah kita sepakat bahwa minuman bisa disebut sebagai khamr itu berdasarkan pada sifatnya (yang dapat memabukkan sehingga menutupi akal) bukan pada bahannya; sekarang kita fokus pada judul di atas: Apakah semua minuman yang mengandung alkohol itu bisa disebut sebagai khamr yang mengkonsekuensikan pada haram? Perhatikan riwayat berikut:

حدثنا عبيدالله بن معاذ العنبري. حدثنا أبي. حدثنا شعبة عن يحيى بن عبيد، أبي عمر البهراني، قال: سمعت ابن عباس يقول: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم ينتبذ له في أول الليل، فيشربه، إذا أصبح، يومه ذلك، والليلة التي تجيء، والغد والليلة الأخرى، والغد إلى العصر. فإن بقي شيء، سقاه الخادم؛ أو أمر به فصب.

Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’aadz Al-‘Anbariy: Telah menceritakan kepada kami ayahku: Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Yahyaa bin ‘Ubaid Abu ‘Umar Al-Bahraaniy, ia berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbaas berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa salam pernah dibuatkan perasan nabiidz di awal malam, lalu beliau meminumnya di waktu pagi/shubuh pada hari itu dan malam harinya, kemudian lusanya dan malam harinya, hingga keesokan harinya sampai waktu ‘Ashar (yaitu hari ketiga setelah minuman itu dibuat – Abul-Jauzaa’). Jika minuman itu masih tersisa, maka beliau memberikannya kepada pembantu beliau atau memerintahkannya untuk dibuang”.

وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب وإسحاق بن إبراهيم - واللفظ لأبي بكر وأبي كريب - (قال إسحاق: أخبرنا. وقال الآخران: حدثنا) أبو معاوية عن الأعمش، عن أبي عمر، عن ابن عباس. قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم ينقع له الزبيب. فيشربه اليوم والغد وبعد الغد إلى مساء الثالثة. ثم يأمر به فيسقى أو يهراق.

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah, Abu Kuraib, dan Ishaaq bin Ibraahiim – dan lafadh hadits ini adalah milik Abu Bakr dan Abu Kuraib – Ishaaq berkata: Telah mengkhabarkan kepada kami, dan yang lain berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, dari Al-A’masy, dari Abu ‘Umar, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan perasan kismis/zabiib. Maka beliau meminumnya pada hari itu, besoknya, dan lusa hingga waktu sore di hari ketiga. Kemudian beliau memerintahkan (pembantunya) untuk meminumnya atau menumpahkannya/membuangnya”.

وحدثني محمد بن أحمد بن أبي خلف. حدثنا زكرياء بن عدي. حدثنا عبيدالله عن زيد، عن يحيى، أبي عمر النخعي. قال:

سأل قوم ابن عباس عن بيع الخمر وشرائها والتجارة فيها؟ فقال: أمسلمون أنتم؟ قالوا: نعم. قال: فإنه لا يصلح بيعها ولا شراؤها ولا التجارة فيها. قال: فسألوه عن النبيذ؟ فقال: خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر. ثم رجع وقد نبذ ناس من أصحابه في حناتم ونقير ودباء. فأمر به فأهريق. ثم أمر بسقاء فجعل فيه زبيب وماء. فجعل من الليل فأصبح. فشرب منه يومه ذلك وليلته المستقبلة. ومن الغد حتى أمسى. فشرب وسقى. فلما أصبح أمر بما بقي منه فأهريق

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ahmad bin Abi Khalaf: Telah menceritakan keada kami Zakariyyaa bin ‘Adiy: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Zaid, dari Yahyaa Abu ‘Umar An-Nakha’iy, ia berkata: Beberapa orang bertanya kepada Ibnu ‘Abbaas tentang memperdagangkan khamr; membeli dan menjualnya lagi. Maka ia (Ibnu ‘Abbaas) balik bertanya: "Apakah kalian orang-orang muslim?". Mereka menjawab: "Ya, benar." Ibnu ‘Abbaas berkata: "Sesungguhnya tidak boleh memperdagangkan khamr; membelinya dan menjualnya". Yahya berkata: "Kemudian mereka bertanya mengenai nabiidz (minuman yang terbuat dari perasan buah). Maka Ibnu ‘Abbaas berkata: "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah keluar kota, kemudian beliau kembali pulang yang ternyata sebagian shahabat beliau sedang membuat perasan di dalam khantam, naqiir, dan dubaa’. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun menyuruh untuk menumpahkannya. Setelah itu, beliau membuat perasan dari buah anggur dan air, lalu membiarkannya hingga malam. Keesokan harinya beliau meminum perasan tersebut, lalu malam harinya, lalu keesokan harinya lagi dan lusa hingga waktu sampai sore. Dan apabila di pagi harinya perasan tersebut masih tersisa, maka beliau memerintahkan untuk menumpahkannya" (Diriwayatkan oleh Muslim no. 2004).

An-Nawawiy rahimahullah berkata:

في هذه الأحاديث دلالة على جواز الانتباذ وجواز شرب النبيذ ما دام حلواً لم يتغير ولم يغل وهذا جائز بإجماع الأمة، وأما سقيه الخادم بعد الثلاث وصبه فلأنه لا يؤمن بعد الثلاث تغيره وكان النبي صلى الله عليه وسلم يتنزه عنه بعد الثلاث. وقوله: (سقاه الخادم أو صبه) معناه تارة يسقيه الخادم وتارة يصبه وذلك الاختلاف لإختلاف حال النبيذ، فإن كان لم يظهر فيه تغير ونحوه من مبادئ الإسكار سقاه الخادم ولا يريقه لأنه مال تحرم إضاعته ويترك شربه تنزهاً، وإن كان قد ظهر فيه شيء من مبادئ الإسكار والتغير أراقه لأنه إذا أسكر صار حراماً ونجساً فيراق ولا يسقيه الخادم لأن المسكر لا يجوز سقيه الخادم كما لا يجوز شربه، وأما شربه صلى الله عليه وسلم قبل الثلاث فكان حيث لا تغير ولا مبادئ تغير ولا شك أصلاً والله أعلم

“Dalam hadits-hadits ini terdapat petunjuk diperbolehkannya membuat dan meminum nabiidz (kurma/kismis yang direndam dan difermentasikan) selama masih terasa manis, belum berubah, dan belum menggelegak (berbuih). Hal ini diperbolehkan berdasarkan ijma’ umat. Adapun memberikan minum kepada pembantu (khadiim) setelah tiga hari dan membuangnya setelah tiga hari, karena beliau tidak merasa aman setelah tiga hari itu dari berubahnya nabiidz tadi. Adalah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjauhi nabiidz setelah masa tiga hari (dari pembuatan). Dan perkataannya (Ibnu ‘Abbaas): ‘beliau memberikannya kepada pembantu beliau atau memerintahkannya untuk dibuang’; maknanya adalah kadang beliau memberikan kepada pembantunya kadang beliau memerintahkan untuk membuangnya. Perbedaan perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tersebut karena perbedaan kondisi nabiidz. Seandainya tidak ada perubahan yang mengindikasikan minuman tersebut memabukkan, maka beliau memberikannya kepada pembantu beliau dan tidak membuangnya, karena ia termasuk jenis harta yang diharamkan disia-siakan. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak meminumnya untuk menjaga diri. Namun seandainya terjadi perubahan yang mengindikasikan minuman tersebut memabukkan dan berubah (menjadi khamr), beliau membuangnya. Karena jika minuman tersebut menyebabkan mabuk, jadilah ia haram dan najis. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam membuangnya dan tidak memberikannya kepada pembantunya (untuk diminum). Minuman yang memabukkan yang tidak boleh diberikan kepada pembantu sebagaimana tidak diperbolehkan meminumnya sendiri. Mengenai Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam meminumnya sebelum tiga hari, hal itu dikarenakan belum berubah karakternya, tidak ada indikasi perubahan, dan tidak ada keraguan (bahwa ia halal) secara asal. Wallaahu a’lam (Syarh Shahih Muslim, 7/190 – atau bisa dilihat di: http://islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=6074&idto=6091&bk_no=53&ID=948).

Ada beberapa faedah yang dapat kita ambil terkait dengan bahasan ini. Minuman yang difermentasikan selama tidak berubah karakternya menjadi memabukkan, maka ia boleh untuk diminum. Sebagaimana kita tahu, proses fermentasi itu akan menghasilkan alkohol(5). Ringkas kata, selama kandungan alkohol dalam satu minuman tidak mencapai kadar memabukkan, maka ia halal diminum.

Satu point telah kita dapat, yaitu: tidak selamanya minuman yang mengandung alkohol itu disebut khamr dan haram hukumnya.

Untuk memperjelas maksud tulisan ini, dapat saya ilustrasikan sebagai berikut:

Jika kita mempunyai seember besar air yang kemudian tercampur dengan setetes alkohol, bukankah artinya air itu mengandung alkohol (meskipun dengan kadar yang sangat sedikit(6))?. Jawabnya: Benar. Seandainya kita minum air tersebut sebanyak yang kita mampu, apakah air itu dapat membuat kita mabuk? Jawabnya: Tidak. Apakah ia bisa disebut sebagai khamr?. Jawabnya: Tidak.

(Jadi, air seember besar yang tercampur setetes alkohol tadi tidak memenuhi definisi khamr di atas).

Nah, di sini akan semakin jelas maksud dari riwayat berikut:

حدثنا قتيبة ثنا إسماعيل يعني بن جعفر عن داود بن بكر بن أبي الفرات عن محمد بن المنكدر عن جابر بن عبد الله قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما أسكر كثيره فقليله حرام

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah: Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil – yaitu Ibnu Ja’far - , dari Daawud bin Bakr bin Abi Furaat, dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jaabir bin ‘Abdillah, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Apa-apa yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnya pun hukumnya tetap haram” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3681; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud, 2/419).

أخبرنا حميد بن مخلد قال حدثنا سعيد بن الحكم قال أنبأنا محمد بن جعفر قال حدثني الضحاك بن عثمان عن بكير بن عبد الله بن الأشج عن عامر بن سعد عن أبيه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: أنهاكم عن قليل ما أسكر كثير

Telah mengkhbarkan kepada kami Humaid bin Makhlad, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Al-Hakam, ia berkata: Telah memberitakan kepada kami Muhammad bin Ja’far, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Adl-Dlahhaak bin ‘Utsmaan, dari Bukair bin ‘Abdillah Al-Asyja’, dari ‘Aamir bin Sa’d, dari ayahnya, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallami, beliau bersabda: “Aku melarangmu dari yang sedikit apa-apa yang banyaknya menyebabkan mabuk” (Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 5608; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan An-Nasaa’iy, 3/503).

As-Sindiy rahimahullah berkata:

ما أسكر كثيره أي ما يحصل السكر بشرب كثيره فهو حرام قليله وكثيره وان كان قليلة غير مسكر وبه أخذ الجمهور وعليه الاعتماد عند علمائنا الحنفية والاعتماد على القول بأن المحرم هوالشربة المسكرة وماكان قبلها فحلال قد رده المحققون كما رده المصنف رحمه الله تعالى قوله

“Apa-apa yang banyaknya memabukkan ketika meminumnya, maka ia haram dalam baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak, meskipun minum sedikit tanpa mabuk. Itulah pendapat yang diambil jumhur ulama dan yang dipegang ulama kita dari madzhab Hanafiyyah. Adapun orang yang berpegang pada pendapat haram ketika menyebabkan mabuk, namun sebelumnya adalah halal (jika diminum sedikit tidak sampai mabuk), maka pendapat ini telah dibantah oleh para muhaqqiq sebagaimana telah dibantah oleh mushannif (yaitu An-Nasaa’iy) rahimahullah” (Hasyiyyah As-Sindiy ‘ala Sunan An-Nasaa’iy, 8/300-301).

Terkait dengan alkohol, berdasarkan uraian di atas, hal yang lebih menentukan apakah ia termasuk khamr atau tidak, apakah ia memabukkan atau tidak ketika diminum dalam jumlah banyak (sehingga ketika diminum dalam jumlah sedikit menjadi haram); adalah prosentase kandungan alkohol dalam minuman. Jika prosentasenya sangat sedikit – sebagaimana ilustrasi/contoh yang telah diberikan - , maka itu bukan khamr. Jika sebaliknya, maka ia bisa masuk dalam katagori khamr. Semakin lama proses fermentasi, maka akan semakin tinggi kadar (prosentase) alkohol yang ada.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui komisi fatwanya telah menetapkan batas maksimal kandungan alkohol (sebagai senyawa tunggal, ethanol) yang digunakan sebagai pelarut dalam produk pangan yaitu 1 persen.

Secara mudah ketetapan ini dibahasakan: Satu persen adalah batas asumsi maksimal alkohol yang tidak menyebabkan orang mabuk ketika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Berapa kadar alkohol maksimal yang dapat ditoleransi mungkin akan berbeda-beda antara satu pihak dengan yang lainnya, karena ia adalah perkara ijtihadiyyah. Penelitian para ahli dan pengalaman empiris sangat membantu dalam penentuan ini.

O iya, saya ingat, dulu pernah sempat ribut mengenai fatwa seorang tokoh timur tengah yang ‘membolehkan’ minuman yang berkadar alkohol maksimal 0,5% dengan syarat bahwa ia merupakan bagian dari proses fermentasi alami. Beliau dalam fatwa tersebut merujuk pada hadits Ibnu ‘Abbaas yang disebutkan di atas. Beberapa orang kemudian menganggap fatwa itu ‘kontroversial’, dan bahkan ada sebagian orang menghukumi yang bersangkutan telah menghalalkan khamr.

Saya tidak akan berperan menjadi wasit atas pro-kontra itu. Artikel di atas setidaknya – saya harapkan begitu - dapat memberikan gambaran positioning permasalahan.

Semoga ada manfaatnya.

Wallaahu a’lam bish-shawwaab.

Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo

Footnote:

(1) Sebagian orang menyatakan riwayat ini mudltharib, namun ini tidak benar. Silakan baca artikel kami:

https://www.kabeldakwah.com/2023/01/benarkah-ali-bin-abi-thaalib-shalat.html

(plus penjelasan di bagian komentar).

(2) Shahih. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 8/101, Ahmad dalam Al-Musnad 2/16 & 29 & 134 & 137 dan dalam Al-Asyribah no. 26 & 74 & 75 & 189 & 195, ‘Abdurrazzaaq 9/221 no. 1704, Muslim no. 2003, Abu Daawud no. 3679, At-Tirmidziy no. 1861, An-Nasaa’iy no. 5582-5587, Ibnu Maajah no. 3387 & 3392, Abu ‘Awaanah 5/270 & 271, Ibnul-Jaaruud no. 857, Ad-Daaruquthniy no. 4616-4627 & 4629, Al-Bazzaar no. 3/350, Ibnu Hibbaan no. 5354 & 5366 & 5368 & 5369 & 5375, Al-Baihaqiy 8/293-294 & 296, dan yang lainnya; dari ‘Abdullah bin ‘Umar secara marfuu’.

Diriwayatkan juga dari ‘Aaisyah, Abu Hurairah, ‘Aliy bin Abi Thaalb, dan yang lainnya dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

(3) Ibraahiim bin Muhaajir dalam sanad ini, dikatakan oleh Ibnu Hajar sebagai seorang yang shaduuq, namun lemah dalam hapalannya. Akan tetapi riwayatnya, ia mempunyai mutaba’ah dari Mujaalid, Salamah bin Kuhail, Abu Hariiz, dan yang lainnya. Oleh karenanya, hadits ini shahih.

(4) Faedah:

Ibnu Rajab Al-Hanbaliy rahimahullah berkata:

وإلى هذا القول ذهب جمهورُ علماء المسلمين مِنَ الصَّحابة والتابعين ومن بعدهم من عُلماء الأمصار ، وهو مذهبُ مالك والشافعي والليث والأوزاعي وأحمد وإسحاق ومحمد بن الحسن وغيرهم ، وهو ممَّا اجتمع على القول به أهلُ المدينة كلهم .

وخالف فيه طوائفُ مِنْ عُلماء أهل الكوفة ، وقالوا: إنَّ الخمرَ إنَّما هو خمرُ العنب خاصّةً ، وما عداها ، فإنَّما يحرم منه القدرُ الذي يُسكر ، ولا يحرم ما دُونَه ، وما زال علماءُ الأمصار يُنكرون ذلك عليهم ، وإنْ كانوا في ذلك مجتهدين مغفوراً لهم ، وفيهم خَلقٌ مِنْ أئمَّة العلمِ والدين . قال ابنُ المبارك: ما وجدتُ في النبيذ رخصةً عن أحد صحيح إلاّ عن إبراهيم ، - يعني: النَّخعي - ، وكذلك أنكر الإمامُ أحمد أنْ يكونَ فيه شيءٌ يصحُّ ، وقد صنف كتاب " الأشربة " ولم يذكر فيه شيئاً من الرخصة ، وصنَّف كتاباً في المسح على الخفين ، وذكر فيه عن بعض السَّلف إنكاره ، فقيل له: كيف لم تجعل في كتاب " الأشربة " الرخصة كما جعلت في المسح ؟ فقال: ليس في الرخصة في المسكر حديثٌ صحيح

“Jumhur ulama kaum muslimin dari para shahabat, tabi’in, dan ulama-ulama di seluruh negeri setelah mereka berpendapat seperti itu (yaitu: semua minuman yang sifatnya memabukkan adalah haram/termasuk khamr – Abul-Jauzaa’). Itulah pendapat yang dipegang Maalik, Asy-Syaafi’iy, Al-Laits, Al-Auzaa’iy, Ahmad, Ishaaq, Muhammad bin Al-Hasan, dan yang lainnya. Pendapat itu merupakan pendapat yang disepakati oleh seluruh penduduk Madinah.

Sekelompok ulama Kuufah menyelisihi hal itu. Mereka berkata: ‘Sesungguhnya khamr itu hanyalah yang berasal dari anggur saja. Adapun yang berasal dari bahan lain, maka ia diharamkan apabila diminum hingga mabuk, dan tidak diharamkan jika diminum tidak sampai mabuk’. Para ulama di penjuru negeri senantiasa mengingkari pendapat mereka itu, meskipun mereka (ulama Kuufah) adalah mujtahid yang diampuni kesalahan (ijtihad) mereka, yang di antara mereka ada dari kalangan imam dalam ilmu dan agama. Ibnul-Mubaarak berkata: ‘Aku tidak mendapati keringanan dalam (meminum) nabiidz (sejenis khamr) dari hadits shahih, kecuali dari Ibraahiim An-Nakha’iy’. Begitu pula Al-Imam Ahmad mengingkarinya adanya hadits shahih tentang keringanan hal itu. Beliau telah menulis kitab Al-Asyribah, tanpa menyebut sedikitpun keringanan. Beliau juga menulis kitab tentang mengusap dua khuff (sepatu) yang disebutkan padanya dari sebagian salaf tentang pengingkaran beliau. Dikatakan kepada beliau: ‘Bagaimana engkau tidak memberikan keringanan dalam kitab Al-Asyribah sebagaimana engkau memberikan keringanan dalam mengusap khuff?’. Beliau berkata: ‘Tidak ada satu pun hadits shahih yang menyebutkan keringanan dalam minuman yang memabukkan” (Jaami’ul-‘Ulum wal-Hikam, tahqiq: Maahir Al-Fahl, hal. 884).

(5) Jadi, proses pembuatan nabiidz sebagaimana tertera dalam hadits akan melewati proses kimia sebagai berikut (reaksi secara umum):

C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP (Energi yang dilepaskan: 118 kJ per mol)

lihat:

http://id.wikipedia.org/wiki/Fermentasi http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Fermentation+Process

C2H5OH adalah alkohol.

(6) Taruhlah misal kadar alkoholnya: 0,001%.

KabeL DakwaH
KabeL DakwaH Owner Gudang Software Ryzen Store

Posting Komentar untuk "Hukum Minuman yang Mengandung Al Kohol, Apakah termasuk Khamr?"