Hukum Melazimkan Qunut Shubuh Secara Terus Menerus
Melazimkan qunut shubuh secara terus menerus
menurut pendapat yang paling shahih bukan merupakan sunnah Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini berdasarkan hadits:
حدثنا أحمد بن
منيع أخبرنا يزيد بن هارون عن أبي مالك الأشجعي قال: قلت لأبي: يا أبت إنك قد صليت
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان وعلي بن أبي طالب هاهنا
بالكوفة، نحوا من خمس سنين، أكانوا يقنتون؟ قال: أي بني محدث.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manii’(1): Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Haaruun(2), dari Abu Maalik Al-Asyja’iy(3), ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada ayahku(4): ‘Wahai ayahku, engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini, yaitu di Kuufah selama kurang lebih lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut?”. Ayahku menjawab: “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats (perkara baru yang tidak pernah mereka lakukan- Abul-Jauzaa’)” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 402, dan ia berkata: “Hadits ini hasan shahih”).
Diriwayatkan juga oleh Ahmad 3/472, Ibnu
Maajah no. 1241, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kubraa 8/378 no. 8178, Ath-Thahawiy
dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/249, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah 8/97 &
98 no. 101 & 104, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 13/334-335 dari
jalan Yaziid bin Haaruun, dari Abu Maalik Al-Asyja’iy. Dalam lafadh
Ath-Thahawiy disebutkan:
قلت لأبي: يا
أبت، إنك صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وخلف أبي بكر وخلف عمر وخلف عثمان
وخلف علي رضي الله عنهم ههنا بالكوفة، قريبا من خمس سنين، أفكانوا يقنتون في الفجر
؟. فقال: أي بني، محدث.
Aku bertanya kepada ayahku: “Wahai ayahku,
sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini di Kuufah hampir selama
lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut di waktu (shalat) Shubuh?”.
Ayahku menjawab: “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats” (shahih).
Yaziid bin Haaruun mempunyai mutaba’ah dari:
1. Hafsh bin Ghiyaats(5) dan ‘Abdullah bin
Idriis(6) sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/308 (no. 7034 &
7036), Ibnu Maajah no. 1241, Ath-Thabaraaniy 8/378 no. 8179, dan Adl-Dliyaa’
dalam Al-Mukhtarah 8/98 no. 105 (shahih).
2. Khalaf bin Khaliifah(7) sebagaimana
diriwayatkan Ahmad 6/394, An-Nasaa’iy 2/204 dan dalam Al-Kubraa 1/341 no. 671,
dan Ibnu Hibbaan no. 1989; dengan lafadh:
صليت خلف رسول
الله صلى الله عليه وسلم فلم يقنت وصليت خلف أبي بكر فلم يقنت وصليت خلف عمر فلم
يقنت وصليت خلف عثمان فلم يقنت وصليت خلف علي فلم يقنت ثم قال يا بني إنها بدعة.
“Aku shalat di belakang Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau tidak qunut. Aku shalat di belakang
Abu Bakr, ia tidak qunut. Aku shalat di belakang ‘Umar, ia tidak qunut. Aku
shalat di belakang ‘Utsmaan, ia tidak qunut. Dan aku shalat di belakang ‘Aliy,
ia pun tidak qunut”. Kemudian ayahku berkata: “Wahai anakku, ia adalah
perbuatan bid’ah” (shahih lighairihi).
3. Abu ‘Awaanah(8) sebagaimana diriwayatkan
oleh At-Tirmidziy no. 403, Ath-Thayaalisiy no. 1425, Ath-Thabaraaniy dalam
Al-Kabiir 8/378 no. 8177, Al-Baihaqiy 2/213, dan Adl-Dliyaa’ 8/97-98 no.
102-103. Ath-Thabaraaniy dan Adl-Dliyaa’ membawakan dengan lafadh:
سألت أبي عن
القنوت في صلاة الغداة ؟ فقال: أي بني صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي
بكر وعمر رضي الله عنهما فلم أر أحدا منهم يقنت، أي بني بدعة. قالها ثلاثا.
Aku bertanya kepada ayahku tentang qunut pada
shalat Shubuh. Ia menjawab: “Wahai anakku, aku pernah shalat di belakang
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, dan ‘Umar radliyallaahu
‘anhumaa, namun aku tidak melihat salah seorang pun di antara mereka yang
melakukan qunut. Wahai anakku, itu adalah perbuatan bid’ah”. Ia mengatakannya tiga kali (shahih).
4. Abu Mu’aawiyyah(9)
sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bazzaar dalam Al-Musnad no. 2766 dan
Al-‘Uqailiy 2/484 no. 597.
Lafadh hadits ini mauquf namun dihukumi
marfu’.
Kesimpulan finalnya,
hadits ini shahih, para perawinya tsiqaat, dan sanadnya bersambung. Dishahihkan
juga oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil 2/182-183 no. 435, Al-Wadi’iy dalam
Al-Jaami’ush-Shahiih mimmaa Laisa fish-Shahiihain 2/147, Al-Arna’uth dalam
Takhrij Musnad Al-Imam Ahmad 25/214, dan Basyar ‘Awwaad dalam Takhrij Sunan
Ibni Maajah 2/402-403.
Para ulama berbeda
pendapat dalam permasalahan qunut dalam shalat Shubuh. Sedikit akan saya
sebutkan di bawah:
At-Tirmidziy rahimahullah
setelah menyebutkan riwayat tentang qunut Shubuh berkata:
واختلف أهل
العلم في القنوت في صلاة الفجر، فرأى بعض أهل العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه
وسلم وغيرهم القنوت في صلاة الفجر. وهو قول الشافعي.
وقال أحمد،
وإسحق: لا يقنت في الفجر إلا عند نازلة تنزل بالمسلمين، فإذا نزلت نازلة فللإمام
أن يدعو لجيوش المسلمين.
“Para ulama berbeda
pendapat mengenai qunut shalat Shubuh. Sebagian ulama dari kalangan shahabat
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpendapat (masyru’-nya)
qunut pada shalat Shubuh. Itu merupakan perkataan Asy-Syaafi’iy. Ahmad (bin
Hanbal) dan Ishaaq (bin Rahawaih) berkata: ‘Qunut tidak dilakukan pada shalat
Shubuh, kecuali jika ada musibah yang menimpa kaum muslimin. Jika ada musibah
yang menimpa kaum muslimin, maka imam mendoakan (kebaikan/kemenangan) untuk
pasukan kaum muslimin”.
والعمل عليه عند
أكثر أهل العلم.
وقال سفيان
الثوري إن قنت في الفجر فحسن، وإن لم يقنت فحسن واختار أن لا يقنت. ولم ير ابن
المبارك القنوت في الفجر.
“(Hadits Abu Maalik
Al-Asyja’iy di atas) diamalkan oleh kebanyakan ulama. Sufyaan Ats-Tsauriy
berkata: ‘Apabila seseorang melakukan qunut di waktu shalat Shubuh, maka itu
baik. Jika tidak melakukannya, itu pun baik’. Ia (Ats-Tsauriy) memilih untuk
tidak qunut. Ibnul-Mubaarak tidak berpendapat adanya qunut pada shalat Shubuh” (Jaami’
At-Tirmidziy, 1/426-427).
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata:
والصحيح عندنا
أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت ثم ترك. وهذا يذكر أن النبي صلى الله عليه وسلم
لم يقنت.
“Dan yang benar menurut kami bahwasannya Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut, kemudian
meninggalkannya. Hadits ini (yaitu hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di atas –
Abul-Jauzaa’) menyebutkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
melakukan qunut” (Adl-Dlu’afaa’, 2/484).
Abu Ja’far Ath-Thahawiy Al-Hanafiy
rahimahullah berkata:
إنما لا يقنت
عندنا في الفجر من غير بلية فإن وقعت فتنة أو بلية فلا بأس به فعله رسول الله صلى
الله عليه وسلم أي بعد الركوع
“Bahwasannya tidak dilakukan qunut dalam
shalat Shubuh di sisi kami (madzhab Hanafiyyah) selain dikarenakan musibah.
Apabila terjadi fitnah atau musibah, maka tidak mengapa. Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah melakukannya, yaitu setelah rukuk” (Haasyiyyah
Ath-Thahthaawiy ‘alaa Maraaqil-Falaah, hal. 377).
Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy
rahimahullah berkata:
والسنة: أن يقنت
في صلاة الصبح عندنا في جميع الدهر، وبه قال مالك، والأوزاعي، وابن أبي ليلى،
والحسين بن صالح، ورواه الشافعي عن الخلفاء الأربعة، وأنس.
وذهب الثوري،
وأبو حنيفة، وأصحابه إلى: (أنه غير مسنون في الصبح)، ورُويَ ذلك عن ابن عباس، وابن
عمر، وابن مسعود، وأبي الدرداء.
وقال أبو يوسف:
إذا قنت الإمام.....فاقنتْ معهُ.....
“Dan sunnah (dalam
permasalahan ini): Melakukan qunut pada shalat Shubuh menurut kami setiap
waktu. Inilah yang dikatakan Maalik, Al-Auza’iy, Ibnu Abi Lailaa, Al-Husain bin
Shaalih, dan diriwayatkan oleh Asy-Syaafi’iy dari khalifah yang empat, dan
Anas. Adapun Ats-Tsauriy, Abu Haniifah dan shahabat-shahabatnya berpendapat:
Qunut tidak disunnahkan dalam shalat Shubuh. Diriwayatkan hal itu dari Ibnu
‘Abbaas, Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’uud, dan Abud-Dardaa’. Abu Yuusuf berkata:
“Apabila imam melakukan qunut….maka qunutlah bersamanya….” (Al-Bayaan fii
Madzhab Asy-Syaafi’iy, 2/242-243).
Abul-Hasan Al-Mardawiy
berkata ketika menerangkan posisi madzhab Ahmad bin Hanbal rahimahumallaah:
الصحيح من
المذهب: أنه يكره القنوت في الفجر كغيرها وعليه الجمهور وقال في الوجيز: لا يجوز
القنوت في الفجر.
قلت: النص
الوارد عن الإمام أحمد لا يقنت في الفجر محتمل الكراهة والتحريم
“Yang shahih dari madzhab: Bahwasannya Ahmad
memakruhkan qunut di waktu shalat Shubuh sebagaimana (kemakruhan melakukan
qunut) selain shalat witir. Inilah pendapat jumhur. Dan ia berkata dalam Al-Wajiiz:
‘Tidak boleh melakukan qunut dalam shalat Shubuh’. Aku berkata: ‘Nash yang ada
dari Al-Imam Ahmad: ‘tidak boleh qunut dalam shalat Shubuh’ dibawa pada
pengertian makruh tahrim” (Al-Inshaaf fii Ma’rifati-Raajih minal-Khilaaf ‘alaa
Madzhab Al-Imam Ahmad bin Hanbal, 2/174).
Ahmad Syaakir
rahimahullah berkata saat menyanggah perkataan Thaariq bin Asyyam bahwasannya
qunut Shubuh adalah muhdats:
ثبت في أحاديث
صحيحة القنوت في الصبح، ومن حفظ حجة على من لم يحفظ. والمثبت مقدم على النافي. وهو
نفل لا واجب. فمن تركه فلا بأس، ومن فعله فهو أفضل.
“Telah tetap dalam
hadits-hadits shahih tentang (masyru’-nya) qunut pada shalat Shubuh. Orang yang
hapal merupakan hujjah bagi orang yang tidak hapal. Yang menetapkan lebih
didahulukan dari yang meniadakan. Barangsiapa yang meninggalkannya, tidak
mengapa. Dan barangsiapa yang mengerjakannya, maka itu afdlal (lebih utama)” (Syarh
Sunan At-Tirmidziy, 2/252).
Menilik perkataan Ahmad
Syaakir di atas – dan juga para ulama mutaqaddimiin -, memang benar ada
beberapa hadits yang dianggap sebagai hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara
terus-menerus. Di antaranya:
Apa yang dijadikan hujjah
oleh madzhab Syaafi’iyyah dan yang lainnya dari Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu, sebagaimana dinukil oleh Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy
rahimahullah adalah hadits berikut:
وحدثني عمرو
الناقد وزهير بن حرب. قالا: حدثنا إسماعيل عن أيوب، عن محمد. قال: قلت لأنس: هل
قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في صلاة الصبح؟ قال: نعم. بعد الركوع يسيرا.
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Amru
An-Naaqid dan Zuhair bin Harb, mereka berdua berkata: Telah menceritakan kepada
kami Ismaa’iil, dari Ayyuub, dari Muhammad, ia berkata: Aku bertanya kepada
Anas: “Apakah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut pada
shalat Shubuh?”. Ia menjawab: “Benar, sebentar setelah rukuk” (Diriwayatkan oleh Muslim no.
677 (298). Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 1001, Ibnu Maajah no. 1184,
Abu Daawud no. 1444, dan yang lainnya).
Akan tetapi,….. mari kita
perhatikan jalan periwayatan yang lainnya dari Anas:
وحدثني عبيدالله
بن معاذ العنبري وأبو كريب وإسحاق بن إبراهيم. ومحمد بن عبدالأعلى (واللفظ لابن
معاذ) حدثنا المعتمر بن سليمان عن أبيه، عن أبي مجلز، عن أنس بن مالك: قنت رسول
الله صلى الله عليه وسلم شهرا بعد الركوع. في صلاة الصبح. يدعو على رعل وذكوان.
ويقول "عصية عصت الله ورسوله".
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Ubaidullah
bin Mu’aadz Al-‘Anbariy, Abu Kuraib, Ishaaq bin Ibraahiim, Muhammad bin
‘Abdil-A’laa – dan lafadh hadits ini adalah milik Ibnu Mu’aadz -: Telah
menceritakan kepada kami Al-Mu’tamir bin Sulaimaan, dari ayahnya, dari Abu
Mijlaz, dari Anas bin Maalik: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melakukan qunut selama sebulan setelah rukuk dalam shalat Shubuh. Beliau
mendoakan kejelekan kepada Bani Ri’l, dan Bani Dzakwaan, dan bersabda:
“’Ushayyah telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya” (Diriwayatkan oleh Muslim
no. 677 (299). Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 1003 & 4094).
حدثنا محمد بن
المثنى. حدثنا عبدالرحمن. حدثنا هشام عن قتادة، عن أنس؛ أن رسول الله صلى الله
عليه وسلم قنت شهرا. يدعو على أحياء من أحياء العرب. ثم تركه.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Mutsannaa: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan: Telah menceritakan
kepada kami Hisyaam, dari Qataadah, dari Anas: Bahwasannya Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut selama sebulan mendoakan
kejelekan kepada sebagian orang-orang ‘Arab, kemudian beliau meninggalkannya” (Diriwayatkan
oleh Muslim no. 677 (304). Diriwayatkan pula oleh Al-Bukhaariy no. 4089).
أنا أبو طاهر نا
أبو بكر نا محمد بن محمد بن مرزوق الباهلي حدثنا محمد بن عبد الله الأنصاري حدثنا
سعيد بن أبي عروبة عن قتادة عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يقنت إلا
إذا دعا القوم أو دعا على قوم
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir(10):
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr(11): Telah mengkhabarkan kepada kami
Muhammad bin Muhammad bin Marzuuq Al-Baahiliy(12): Telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Anshaariy(13): Telah menceritakan kepada kami
Sa’iid bin Abi ‘Aruubah(14), dari Qataadah(15), dari Anas: Bahwasannya Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan qunut, kecuali jika mendoakan
kebaikan pada satu kaum atau mendoakan kejelekan pada satu kaum” (Diriwayatkan
oleh Ibnu Khuzaimah no. 620; shahih).(16)
Tiga hadits di atas menjelaskan bahwa qunut
Shubuh yang dimaksudkan Anas adalah qunut nazilah karena peristiwa Bi’r
Ma’uunah. Itupun tidak dilakukan terus-menerus, karena hanya dilakukan selama sebulan
dan kemudian ditinggalkan. Timbul pertanyaan lanjutan, apakah qunut tersebut
hanya dilakukan khusus pada shalat Shubuh? Perhatikan
riwayat berikut:
حدثنا عبد اللّه
بن معاوية الجمحي، ثنا ثابت بن يزيد، عن هلال بن خباب، عن عكرمة، عن ابن عباس قال:
قَنَتَ رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم شهراً متتابعاً في الظهر والعصر والمغرب
والعشاء وصلاة الصبح في دبر كل صلاة إذا قال: "سمع اللّه لمن حمده" من
الركعة الآخرة يدعو على أحياء من بني سليم على رعلٍ وذكوان وعصية، ويؤمّن من خلفه.
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Mu’aawiyyah Al-Jumahiy(17): Telah menceritakan kepada kami Tsaabit bin Yaziid(18),
dari Hilaal bin Khabbaab(19), dari ‘Ikrimah(20), dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata:
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut selama sebulan penuh
pada shalat Dhuhur, ‘Ashar, Maghrib, ‘Isyaa’, dan Shubuh pada akhir setiap
shalat, yaitu saat beliau berkata: ‘sami’allaahu liman hamidah’ di raka’at
terakhir. Beliau mendoakan kejelekan pada orang-orang Bani Sulaim, Bani Ri’l,
Bani Dzakwaan, dan Bani ‘Ushayyah; serta diaminkan orang-orang yang di belakang
beliau (makmum)” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1443; hasan).
حدثنا عبد
الرحمن بن إبراهيم ثنا الوليد ثنا الأوزاعي حدثني يحيى بن أبي كثير حدثني أبو سلمة
بن عبد الرحمن عن أبي هريرة قال: قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في صلاة العتمة
شهرا يقول في قنوته اللهم نج الوليد بن الوليد اللهم نج سلمة بن هشام اللهم نج
المستضعفين من المؤمنين اللهم اشدد وطأتك على مضر اللهم اجعلها عليهم سنين كسني
يوسف قال أبو هريرة وأصبح رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم فلم يدع لهم فذكرت
ذلك له فقال وما تراهم قد قدموا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman
bin Ibraahiim(21): Telah menceritakan kepada kami Al-Waliid(22): Telah
menceritakan kepada kami Al-Auza’iy(23): Telah menceritakan kepada kami Yahyaa
bin Abi Katsiir(24): Telah menceritakan kepadaku Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan,
dari Abu Hurairah: Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah
melakukan qunut pada shalat ‘atamah (Maghrib dan/atau ‘Isya’) selama sebulan
dan berdoa: “Ya Allah, selamatkanlah Al-Waliid bin Al-Waliid. Ya Allah, selamatkanlah
Salamah bin Hisyaam. Ya Allah, selamatkanlah orang-orang lemah dari kalangan
mukminiin. Ya Allah, keraskanlah tekanan (‘adzab) kepada Bani Mudlar. Ya Allah,
jadikanlah hal itu terjadi atas mereka selama bertahun-tahun seperti pada masa
Yuusuf”. Abu Hurairah berkata: “Pada satu hari di waktu Shubuh Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak lagi mendoakan mereka. Maka aku pun
menanyakan permasalahan itu pada beliau, lalu beliau bersabda: ‘Apa pendapatmu
tentang mereka sementara mereka telah meninggal?” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1442; shahih).
حدثنا محمد بن
المثنى. حدثنا معاذ بن هشام. حدثني أبي عن يحيى بن أبي كثير. قال: حدثنا أبو سلمة
بن عبد الرحمن؛ أنه سمع أبا هريرة يقول: والله! لأقربن بكم صلاة رسول الله صلى
الله عليه وسلم. فكان أبو هريرة يقنت في الظهر. والعشاء الآخرة. وصلاة الصبح.
ويدعو للمؤمنين. ويلعن الكفار
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Mutsannaa: Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Hisyaam: Telah
menceritakan kepadaku ayahku, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, ia berkata: Telah
menceritakan kepada kami Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan(25), bahwasannya ia
pernah mendengar Abu Hurairah berkata: “Demi Allah, sungguh aku akan dekatkan
kalian dengan shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam”. Maka Abu
Hurairah melakukan qunut pada shalat Dhuhur, ‘Isyaa’ yang akhir, dan Shubuh
dengan mendoakan kebaikan bagi kaum muslimin dan melaknat orang-orang kafir” (Diriwayatkan
oleh Muslim no. 676 (296)).
Tiga riwayat di atas menunjukkan qunut beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak hanya dilakukan di waktu Shubuh, akan
tetapi di waktu-waktu shalat yang lain. Ringkasnya, tidak ada pendalilan untuk
hadits Anas di atas sebagai hujjah masyru’-nya qunut pada shalat Shubuh secara
terus-menerus secara khusus.
Ada riwayat lain yang menjadi hujjah
masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus, yaitu hadits Anas bin Maalik
radliyallaahu ‘anhu yang lain:
حدثنا ثنا عبد
الرزاق قال ثنا أبو جعفر يعني الرازي عن الربيع بن أنس عن أنس بن مالك قال ما زال
رسول الله صلى الله عليه وسلم يقنت في الفجر حتى فارق الدنيا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq,
ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Ja’far – yaitu Ar-Raaziy(26) -,
dari Ar-Rabii’ bin Anas(27), dari Anas bin Maalik, ia berkata: “Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa melakukan qunut di waktu Shubuh
hingga meninggal dunia” (Diriwayatkan oleh Ahmad 3/162).
Diriwayatkan juga oleh ‘Abdurrazzaaq no. 4963,
Ad-Daaruquthniy 2/370-372 no. 1692-1694, Ibnu Abi Syaibah 2/312, Al-Bazzaar
dalam Kasyful-Astaar no. 556, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/244,
Al-Baihaqiy 2/201, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 639, Al-Haazimiy dalam
Al-I’tibaar hal. 86, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah no. 2128; semuanya dari
jalan Abu Ja’far Ar-Raaziy.
Al-Baihaqiy berkata:
“Sanad hadits ini shahih, para perawinya tsiqah”.
Perkataannya Al-Baihaqiy
ini layak mendapat kritik. Hadits ini lemah, bahkan munkar. Riwayat Abu Ja’far
Ar-Raaziy tidak diterima jika menyendiri atau menyelisihi riwayat para perawi
tsiqaat, karena jeleknya hapalannya. Dalam
riwayat Ad-Daaruquthniy dibawakan dengan lafadh:
أن النبي صلى
الله عليه وسلم قنت شهرا يدعوا عليهم ثم تركه وأما في الصبح فلم يزل يقنت حتى فارق
الدنيا
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam pernah melakukan qunut selama sebulan untuk mendoakan kejelekan pada
mereka, kemudian meninggalkannya. Adapun untuk (qunut) pada shalat Shubuh, maka
beliau senantiasa melakukannya hingga meninggal dunia”.
Riwayat Anas bin Maalik yang dibawakan Abu
Ja’far ini menyelisihi riwayat yang telah disebutkan di atas dari Anas yang
menyebutkan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanya qunut nazilah selama
sebulan kemudian berhenti (HR. Al-Bukhaariy no. 4089 dan Muslim no. 677). Anas
pun memberi kesaksian bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah
melakukan qunut kecuali qunut nazilah dengan mendoakan kebaikan atau kejelekan
pada satu kaum (HR. Ibnu Khuzaimah no. 620). Apalagi Ibnu ‘Abbaas menguatkan
kesaksian tersebut (HR. Ibnu Khuzaimah no. 619). Oleh karena itu, riwayatnya di
sini munkar.
Ar-Rabii’ bin Anas
mempunyai mutaba’ah dari:
1. Al-Hasan Al-Bashriy.
حدثنا ابن أبي
داود قال: ثنا أبو معمر، قال: ثنا عبد الوارث، قال: ثنا عمرو بن عبيد، عن الحسن،
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم فلم يزل يقنت
في صلاة الغداة، حتى فارقته، وصليت مع عمر بن الخطاب رضي الله عنه فلم يزل يقنت في
صلاة الغداة حتى فارقته.
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi
Daawud, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar, ia berkata:
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits, ia berkata: Telah menceritakan
kepada kami ‘Amru bin ‘Ubaid, dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu, ia berkata: “Aku pernah shalat bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam, maka beliau senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal dunia.
Dan aku pun pernah shalat bersama ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu,
maka ia senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal dunia” (Diriwayatkan
oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar, 1/243).
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dan
Ad-Daaruquthniy 2/372-373 no. 1695-1698.
‘Amru bin ‘Ubaid At-Tamiimiy Al-Bashriy
Al-Mu’taziliy menjadi penyakit utama dalam sanad hadits ini. Ia seorang yang matruuk
sebagaimana dikatakan ‘Amru bin ‘Aliy dan Abu Haatim. Bahkan, Yuunus bin ‘Ubaid
menyatakan ia telah memalsukan hadits. Humaid mengatakan ia telah memalsukan
hadits dari Al-Hasan Al-Bashriy. Mu’aadz bin Mu’aadz dan Ayyuub mengatakan ia
pendusta. Dan yang lainnya banyak sekali celaan para muhaddits terhadapnya
dengan celaan-celaan yang berat (selengkapnya lihat: Tahdziibut-Tahdziib,
8/70-75 no. 108). Maka, riwayat ini tidak layak untuk dilirik karena sangat
lemah, bahkan palsu.
Ada jalur lain yang
dibawakan Ad-Daaruquthniy (2/373 no. 1698) dari Ismaa’iil Al-Makkiy dari
Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu:
حدثنا إبراهيم
بن حماد ثنا عباد بن الوليد ثنا قريش بن أنس ثنا إسماعيل المكي وعمرو عن الحسن قال:
قال لي أنس قنت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ومع عمر حتى فارقتهما
Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin
Hammaad(28): Telah menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin Al-Waliid(29): Telah
menceritakan kepada kami Quraisy bin Anas(30): Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil Al-Makkiy(31) dan ‘Amru, dari Al-Hasan, ia berkata: Telah berkata
kepadaku Anas: “Aku melakukan qunut bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dan bersama ‘Umar hingga keduanya berpisah denganku (meninggal dunia)”.
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dari
jalan Quraisy bin Anas yang selanjutnya seperti riwayat Ad-Daaruquthniy.
Hadits ini sangat lemah,
karena faktor Ismaa’il Al-Makkiy.
2. Qataadah
أخبرنا أبو عبد
الله الحافظ ثنا علي بن حمشاذ العدل ويحيى بن محمد بن عبد الله العنبري قالا ثنا
أبو عبد الله محمد بن إبراهيم العبدي ثنا عبد الله بن محمد النفيلي ثنا خليد بن
دعلج عن قتادة عن أنس بن مالك رضى الله تعالى عنه قال صليت خلف رسول الله صلى الله
عليه وسلم فقنت وخلف عمر فقنت وخلف عثمان فقنت
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah
Al-Haafidh(32): Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hamasyaadz Al-‘Adl(33)
dan Yahyaa bin Muhammad bin ‘Abdillah Al-‘Anbariy, mereka berdua berkata: Telah
menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ibraahiim Al-‘Abdiy(34):
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad An-Nufailiy(35): Telah
menceritakan kepada kami Khaliid bin Dal’aj(36), dari Qataadah(37), dari Anas
bin Maalik radliyallaahu ta’aala ‘anhu, ia berkata: “Aku pernah shalat di
belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau melakukan
qunut. Di belakang ‘Umar, ia qunut, dan di belakang ‘Utsmaan, ia pun qunut” (Diriwayatkan
oleh Al-Baihaqiy 2/202).
Hadits ini lemah lagi
munkar. Penyakitnya ada pada Khaliid bin Dal’aj, seorang yang dla’iif yang
meriwayatkan beberapa hadits munkar dari Qataadah. Dan ini sebagian di antaranya.
Selain itu, riwayat Anas yang menyatakan Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para Khulafaur-Raasyidin setelah melakukan
qunut Shubuh secara terus-menerus sangat nyata bertentangan persaksian Thaariq
bin Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy (yang disebutkan di awal bahasan)
bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan qunut Shubuh
(secara terus), dan hal itu berjalan hingga kekhalifahan ‘Aliy bin Abi Thaalib
radliyallaahu ‘anhu.
Kembali pada bahasan hadits Abu Maalik
Al-Asyja’iy di awal,……
Hadits tersebut mengkhabarkan pada kita bahwa
qunut pada waktu shalat Shubuh yang dilakukan secara terus-menerus –
sebagaimana dilakukan sebagian kaum muslimin – tidak ada contohnya dari
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Begitu juga di era Al-Khulafaur-Raasyidin
setelahnya. Seandainya memang perbuatan itu dicontohkan, sudah pasti Thaariq
bin Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy radliyallaahu ‘anhu akan memberikan
kesaksian lain. Jika kita menggunakan bahasa riwayat, maka qunut shubuh secara
terus-menerus adalah muhdats atau bid’ah.
Akan tetapi ada satu
pelajaran penting bagi kita semua bahwa khilaf permasalahan ini telah ada,
minimal sejak era tabi’iin. Tidak mungkin Abu Maalik Al-Asy’ja’iy bertanya
kepada ayahnya tentang qunut yang dilakukan manusia secara terus menerus pada
shalat Shubuh jika ia tidak menyaksikannya atau mendengarnya. Oleh karena itu,
kita perlu lapang dada dalam permasalahan ini; baik mereka yang berpendapat
masyru’-nya qunut Shubuh atau yang tidak. Yang berpendapat masyru’, maka tidak perlu
sewot jika ada yang mengatakan bahwa qunut Shubuh yang dilakukan terus menerus
adalah perbuatan muhdats atau bid’ah, karena pihak yang berseberangan dengan
mereka telah menggunakan sebaik-baik lafadh yang diriwayatkan secara shahih
dari shahabat radliyallaahu ‘anhu. Sebaliknya, pihak yang berpendapat tidak
masyru’ tidak perlu memaksakan pendapatnya untuk diaminkan pihak lain. Dan
keduanya tidak perlu bubar memisahkan diri dari jama’ah, lalu membuat jama’ah
baru karena imam yang ada melakukan sesuatu yang berlainan dengan apa yang
diperbuatnya. Semuanya ini masih dalam ruang toleransi khilaf ijtihadiyyah yang
diperbolehkan, walau kewajiban setiap kaum muslimin mengambil apa yang
dianggapnya kuat menurut kadar pengetahuan yang dimilikinya.
Wallaahu a’lam
bish-shawwaab
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Ahmad bin Manii’ bin ‘Abdirrahmaan Abu
Ja’far Al-Baghawiy Al-Asham; seorang yang tsiqah lagi haafidh (160-244). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib, hal. 100 no. 115).
(2) Yaziid bin Haaruun
bin Zaadziy atau Zaadzaan bin Tsaabit As-Sulamiy Abu Khaalid Al-Waasithiy;
seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ‘aabid (118-206 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 1084 no. 7842).
(3) Sa’d bin Thaariq bin
Asyyam Abu Maalik Al-Asyja’iy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (w. 140 H).
Dipakai Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 369 no. 2253).
(4) Thaariq bin Asyyam
bin Mas’uud Al-Asyja’iy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam (idem, hal. 461 no. 3013).
(5) Hafsh bin Ghiyaats
bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik bin Al-Haarits An-Nakha’iy Abu ‘Umar
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit berubah hapalannya di
akhir usianya (w. 194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem,
hal. 260 no. 1439).
(6) ‘Abdullah bin Idriis
bin Yaziid bin ‘Abdirrahmaan bin Al-Aswad Al-Audiy Abu Muhammad Al-Kuufiy;
seorang yang tsiqah, faqiih, lagi ‘aabid (120-192 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 491 no. 3224).
(7) Khalaf bin Khaliifah
bin Shaa’id bin Baraam Al-Asyja’iy Abu Ahmad Al-Waasithiy Al-Kuufiy; seorang
yang shaduuq, namun bercampur hapalannya di akhir usianya (91/92-181 H). Dipakai
Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 299 no. 1741).
(8) Al-Wadldlaah bin
‘Abdillah Al-Yasykuuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaaz; seorang yang
tsiqah lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam
Shahih-nya (idem, hal. 1036 no. 7457).
(9) Muhammad bin Khaazim
At-Tamiimiy As-Sa’diy Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy; seorang yang
tsiqah (113-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem,
hal. 840 no. 5878).
(10) Ia adalah Muhammad
bin Al-Fadhl bin Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah Abu Thaahir An-Naisaabuuriy,
cucu Ibnu Khuzaimah; seorang imam yanng jaliil (lihat: Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 16/490-491 no. 360).
(11) Ia adalah Muhammad
bin Ishaaq bin Khuzaimah bin Al-Mughiirah bin Shaalih bin Bakr, Abu Bakr
As-Sulamiy An-Naisaabuuriy – yang terkenal dengan nama Ibnu Khuzaimah; seorang
haafidh, hujjah, faqiih, lagi tsiqah (223-331 H) (lihat: Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 14/365-382 no. 214).
(12) Muhammad bin
Muhammad bin Marzuuq bin Bukair/Bakr Al-Baahiliy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy;
seorang yang shaduuq (w. 248 H). Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib,
hal. 893-894 no. 6311).
(13) Muhammad bin
‘Abdillah bin Al-Mutsannaa bin ‘Abdillah bin Anas bin Maalik Al-Anshaariy Abu
‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 215 H). Dipakai oleh Al-Bukhaariy
dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 865 no. 6084).
(14) Sa’iid bin Abi
‘Aruubah; seorang yang tsiqah haafidh, lagi mempunyai banyak tulisan. Akan
tetapi ia mengalami percampuran dalam hapalan (ikhtilaath) (w. 156/157 H).
Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 384 no. 2378).
(15) Qataadah bin
Di’aamah bin Qataadah As-Saduusiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun
banyak melakukan tadliis. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem
hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin
lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih
Al-Bukhaariy hal. 483-484).
(16) Dikuatkan oleh hadits:
أنا أبو طاهر نا
أبو بكر نا محمد بن يحيى نا أبو داود حدثنا إبراهيم بن يعد عن الزهري عن سعيد وأبي
سلمة عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يقنت إلا ان يدعو لأحد أو
يدعو على أحد وكان إذا قال سمع الله لمن حمده قال ربنا ولك الحمد اللهم أنج وذكر
الحديث
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir:
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr: Telah mengkhabarkan kepada kami
Muhammad bin Yahyaa: Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Daawud: Telah
menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Sa’d, dari Az-Zuhriy, dari Sa’iid dan
Abu Salamah, dari Abu Hurairah: Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
tidak melakukan qunut kecuali jika hendak mendoakan kebaikan kepada seseorang
atau mendoakan kejelekan kepada seseorang. Jika beliau berkata: ‘sami’allaahu
liman hamidahu’, beliau berkata: ‘rabbanaa wa lakal-hamdu, allaahumma anji….’
Kemudian ia menyebutkan haditsnya (Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah no. 619;
shahih).
(17) ‘Abdullah bin Mu’aawiyyah bin Muusaa
Al-Jumahiy Abu Ja’far Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 243 H) (idem, hal.
548 no. 3655).
(18) Tsaabit bin Yaziid Al-Ahwal Abu Zaid
Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 169 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya (idem, hal. 187 no. 842).
(19) Hilaal bin Khabaab
Al-‘Abdiy Abul-‘Alaa’ Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun hapalannya
berubah di akhir usianya (w. 144 H) (idem, hal. 1026 no. 7384).
(20) ‘Ikrimah Al-Qurasyiy
Al-Haasyimiy Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi ‘aalim
terhadap tafsir (w. 105 H dalam usia 80 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 687-688 no. 4707).
(21) ‘Abdurrahmaan bin
Ibraahiim bin ‘Amru Al-Qurasyiy Al-‘Utsmaaniy Ad-Dimasyqiy Abu Sa’iid, terkenal
dengan julukan Duhaim; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi mutqin (170-245 H).
Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya (idem, hal. 569 no. 3817).
(22) Al-Waliid bin Muslim
Al-Qurasyiy Abul-‘Abbaas Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah, namun banyak
melakukan tadlis taswiyyah (119-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 1041 no. 7506). Dalam hadits ini ia menyatakan
tashrih penyimakan riwayat dari gurunya.
(23) ‘Abdurrahmaan bin
‘Amru bin Abi ‘Amru Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy Abu ‘Amru Al-Auzaa’iy; seorang
yang tsiqah, jaliil, lagi faqiih (w. 157 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 593 no. 3992).
(24) Yahyaa bin Abi
Katsiir Ath-Thaaiy Abu Nashr Al-Yamaamiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, akan
tetapi melakukan tadlis dan irsal (w. 132 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya (idem, hal. 1065 no. 7682).
(25) Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan
bin ‘Auf Al-Qurasyiy Az-Zuhriy; seorang yang tsiqah lagi banyak haditsnya (94 H
dalam usia 72 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (idem,
hal. 1155 no. 8203).
(26) Ia adalah ‘Iisaa bin
Abi ‘Iisaa Maahaan Abu Ja’far Ar-Raaziy (w. 160 H).
Telah berkata ‘Abdullah
bin Ahmad, dari ayahnya: “Tidak kuat dalam hadits”. Telah berkata Hanbal, dari
Ahmad: “Shaalihul-hadiits”. Telah berkata ‘Aliy bin Sa’iid bin Jariir dari
Ahmad: “Mudltharibul-hadiits”. Telah berkata Ishaaq bin Manshuur dari Ibnu
Ma’iin: “Tsiqah”. Telah berkata Ibnu Abi Maryam, dri Ibnu Ma’iin: “Ditulis
haditsnya, akan tetapi ia sering keliru”. Telah berkata Ibnu Abi Khaitsamah
dari Ibnu Ma’iin: “Shaalih”. Telah berkata Ad-Duuriy dari Ibnu Ma’iin: “Tsiqah.
Dan ia sering keliru dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah”. Telah
berkata ‘Abdullah bin ‘Aliy bin Al-Madiiniy dari ayahnya: “Ia seperti Muusaa
bin ‘Ubaidah. Ia sering kacau dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah
dan yang sepertinya”. Telah berkata Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, dari
‘Aliy bin Al-Madiiniy: “Ia di sisi kami tsiqah”. Ibnu ‘Ammaar Al-Maushiliy
berkata: “Tsiqah”. ‘Amru bin ‘Aliy berkata: “Padanya adalah kelemahan, dan ia
termasuk orang jujur yang jelek hapalannya”. Abu Zur’ah berkata: “Syaikh,
banyak ragu”. Abu Haatim: “Tsiqah, shaduuq, shaalihul-hadiits”. Zakariyya
As-Saajiy berkata: “Shaduuq, akan tetapi tidak mutqin”. An-Nasaa’iy berkata:
“Tidak kuat”. Ibnu Khiraasy berkata: “Shaduuq, jelek hapalannya”. Ibnu ‘Adiy
berkata: “Ia mempunyai hadits-hadits yang baik. Orang-orang telah meriwayatkan
darinya. Hadits-haditsnya secara umum adalah lurus, dan aku harap tidak mengapa
dengannya”. Ibnu Sa’d berkata: “Tsiqah”. Ibnu Hibbaan berkata: “Ia sering
menyendiri dalam periwayatan dari orang-orang terkenal dengan hadits-hadits
munkar. Tidak membuatku kagum berhujjah dengan haditsnya, kecuali yang
berkesesuaian dengan para perawi tsiqaat”. Al-‘Ijliy berkata: “Tidak kuat”.
Al-Haakim berkata: “Tsiqah”. Ibnu ‘Abdil-Barr berkata: “Ia di sisi mereka
adalah orang yang tsiqah”. Al-‘Uqailiy menyebutkannya dalam Adl-Dlu’afaa’. Ibnu
Hajar berkata: “Shaduuq, jelek hapalannya” (Tahdziibut-Tahdziib 12-56-57 no.
221 dan Taqriibut-Tahdziib hal. 1126 no. 8077).
Kesimpulan: Pada asalnya
ia seorang yang jujur, namun tidak tetap kedlabithannya. Riwayatnya tidak
diterima jika menyendiri atau bahkan bertentangan dengan riwayat milik perawi
tsiqaat – sebagaimana diisyaratkan oleh Ibnu Hibbaan, wallaahu a’lam.
(27) Ar-Rabii’ bin Anas
Al-Bakriy Al-Hanafiy Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun memiliki beberapa
keraguan (w. 140 H) (Taqriibut-Tahdziib hal. 318 no. 1892).
(28) Ibraahiim bin
Hammaad bin Ishaaq Al-Azdiy; seorang yang tsiqah (240-323 H) (Taraajim Rijaal
Ad-Daaruquthniy, hal. 65 no. 116).
(29) ‘Abbaad bin
Al-Waliid bin Khaalid Al-Ghubariy, Abu Badr Al-Muaddib; seorang yang shaduuq
(w. 258/262 H) (Taqriibut-Tahdziib, hal. 483 no. 3168).
(30) Quraisy bin Anas
Al-Anshaariy, Abu Anas Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun berubah
hapalannya di akhir usianya (w. 208 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam
Shahih-nya (idem, hal. 801 no. 5578).
(31) Ismaa’iil bin Muslim
Al-Makkiy, Abu Ishaaq Al-Bashriy; seorang yang telah disepakati kelemahannya.
An-Nasaa’iy berkata: “Matruukul-hadiits, tidak tsiqah”. Ahmad berkata:
“Munkarul-hadiits”. Ibnu Ma’iin berkata: “Laisa bi-syai’ (tidak ada
apa-apanya)”. Al-Bukhaariy berkata: “Yahyaa, Ibnu Mahdiy, dan Ibnul-Mubaarak
meninggalkannya”. Ibnu ‘Adiy berkata: “Haditsnya-haditsnya tidak mahfuudh dari
ia riwayatkan dari penduduk Hijaaz dan Bashrah…”. Ibnu Hibbaan berkata: “Ia
meriwayatkan riwayat-riwayat munkar dari para perawi terkenal…” (lihat:
Tahdziibut-Tahdziib, 1/331-333 no. 598 dan Natsnun-Nabaal hal. 214-216 no. 385).
(32) Muhammad bin
‘Abdillah bin Muhammad bin Hamdawaih bin Nu’aim bin Al-Hakam Adl-Dlabbiy
Ath-Thuhmaaniy An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh Abu ‘Abdillah Al-Haakim; seorang
imam, tsiqah, pemilik banyak tulisan (321-405) (lihat: Syuyuukh Al-Baihaqiy no.
141).
(33) ‘Aliy bin Hamsyaadz
bin Sakhtuwaih bin Nashr Al-‘Adl; seorang imam, haafidh, lagi tsiqah (258-338) (Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 15/398-400 no. 221).
(34) Muhammad bin
Ibraahiim bin Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Abdariy, Abu ‘Abdillah Al-Busyanjiy
Al-Faqiih; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 290/291 H). Dipakai
Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya (Taqriibut-Tahdziib, hal.819 no. 5729).
(35) ‘Abdullah bin
Muhammad bin ‘Aliy bin Nufail Al-Qadlaa’iy Abu ja’far An-Nufailiy; seorang yang
tsiqah lagi haafidh (w. 234 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam
Shahih-nya (idem, hal. 543 no. 3619).
(36) Khaliid bin Dal’aj As-Saduusiy Al-Bashriy
(w. 166 H). Ibnu Ma’iin berkata: “Dla’iiful-hadiits”. Di lain tempat ia berkata:
“Laisa bi-syai’ (tidak ada apa-apanya)”. An-Nasaa’iy berkata: “Tidak tsiqah”.
Abu Haatim berkata: “Shaalih, tidak kokoh dalam hadits. Ia telah meriwayatkan
dari Qataadah beberapa hadits yang sebagiannya munkar. Ad-Daaruquthniy
menyebutkannya dalam jajaran perawi matruk (ditinggalkan haditsnya)”. Ibnu
‘Adiy berkata: “Secara umum hadits-hadits ada mutaba’ah dari selainnya, dan
sebagian di antaranya ada pengingkaran. Akan tetapi ia bukan seorang yang
sangat munkar haditsnya”. Abu Daawud dan As-Saajiy berkata: “Dla’iif” (selengkapnya
lihat: Tahdziibut-Tahdziib, 3/158-159 no. 301).
(37) Qataadah bin
Di’aamah bin Qataadah As-Saduusiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun
banyak melakukan tadliis. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya (Taqribut-Tahdziib
hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin
lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih
Al-Bukhaariy hal. 483-484).
Posting Komentar untuk "Hukum Melazimkan Qunut Shubuh Secara Terus Menerus"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.