Hukum Jual Beli Anjing dalam Islam
Hukumnya Haram berdasarkan hadits:
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ
أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ، وَمَهْرِ الْبَغِيِّ، وَحُلْوَانِ الْكَاهِنِ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Yuusuf: Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Ibnu Syihaab, dari Abu
Bakr bin ‘Abdirrahmaan, dari Ibnu Mas’uud Al-Anshaariy radliyallaahu ‘anhu:
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang uang hasil
penjualan anjing, upah pelacur, dan bayaran dukun (Diriwayatkan oleh
Al-Bukhaariy no. 2237).
حَدَّثَنَا
آدَمُ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، حَدَّثَنَا عَوْنُ بْنُ أَبِي جُحَيْفَةَ، عَنْ
أَبِيهِ، قَالَ: " لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
الْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ، وَآكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ، وَنَهَى عَنْ
ثَمَنِ الْكَلْبِ وَكَسْبِ الْبَغِيِّ وَلَعَنَ الْمُصَوِّرِينَ "
Telah menceritakan kepada kami Aadam: Telah
menceritakan kepada kami Syu’bah: Telah menceritakan kepada kami ‘Aun bin Abi
Juhaifah, dari ayahnya, ia berkata: “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melaknat wanita yang mentato, wanita yang minta ditato, pemakan riba, dan orang
yang memberi makan riba. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang uang
hasil penjualan anjing, dan hasil usaha pelacur. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam juga melaknat para perupa (penggambar/pematung)” (Diriwayatkan oleh
Al-Bukhaariy no. 5347).
حَدَّثَنِي
سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَعْيَنَ، حَدَّثَنَا مَعْقِلٌ،
عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، قَالَ: سَأَلْتُ جَابِرًا عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ
وَالسِّنَّوْرِ؟ قَالَ: زَجَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ
ذَلِكَ "
Telah menceritakan kepadaku Salamah bin Syabiib: Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin A’yun: Telah menceritakan kepada kami Ma’qil, dari Abuz-Zubair, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Jaabir tentang uang hasil penjualan anjing dan kucing. Ia menjawab: “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mencela/melarangnya” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 1569).
حَدَّثَنَا
إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ
الْأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ
قَارِظٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، حَدَّثَنِي رَافِعُ بْنُ خَدِيجٍ، عَنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " ثَمَنُ الْكَلْبِ
خَبِيثٌ، وَمَهْرُ الْبَغِيِّ خَبِيثٌ، وَكَسْبُ الْحَجَّامِ خَبِيثٌ "
Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin
Ibraahiim: Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Waliid bin Muslim, dari
Al-Auzaa’iy, dari Yahyaa bin Abi Katsiir: Telah menceritakan kepadaku Ibraahiim
bin Qaaridh, dari As-Saa’id bin Yaziid: Telah menceritakan kepadaku Raafi’ bin
Khudaij, dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hasil
penjualan anjing adalah khabiits (buruk/keji), upah pelacur adalah khabiits,
dan hasil usaha tukang bekam adalah khabiits” (Diriwayatkan oleh Muslim no.
1568).
حَدَّثَنَا
الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ أَبُو تَوْبَةَ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ يَعْنِي
ابْنَ عَمْرٍو، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ، عَنْ قَيْسِ بْنِ حَبْتَرٍ، عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ، وَإِنْ جَاءَ يَطْلُبُ ثَمَنَ
الْكَلْبِ، فَامْلَأْ كَفَّهُ تُرَابًا
"
Telah menceritakan kepada kami Ar-Rabii’ bin
Naafi’ Abu Taubah: Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Amru, dari
‘Abdul-Kariim, dari Qais bin Habtar, dari ‘Abdullah bin ‘Abbaas, ia berkata:
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang uang hasil penjualan anjing.
Dan apabila ada orang yang meminta uang hasil penjualan anjing, maka penuhilah
telapak tangannya dengan tanah” (Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 3482; shahih).
At-Tirmidziy rahimahullah berkata:
وَالْعَمَلُ
عَلَى هَذَا عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ الْعِلْمِ، كَرِهُوا ثَمَنَ الْكَلْبِ، وَهُوَ
قَوْلُ: الشَّافِعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاق، وَقَدْ رَخَّصَ بَعْضُ أَهْلِ
الْعِلْمِ فِي ثَمَنِ كَلْبِ الصَّيْدِ
“Kebanyakan ulama
mengamalkan hadits ini. Mereka memakruhkan (membenci)(1) uang hasil penjualan
anjing. Hal tersebut merupakan pendapat Asy-Syaafi’iy, Ahmad, dan Ishaaq(2).
Sebagian ulama memberikan rukhshah (keringanan) dalam uang hasil penjualan
anjing untuk berburu” (Sunan At-Tirmidziy, 2/553).
Rukhshah berupa
istitsnaa’ (pengecualian) tersebut shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dan juga dari sebagian salaf.
أَخْبَرَنِي
إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَسَنِ الْمِقْسَمِيُّ، قَالَ: حدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ
مُحَمَّدٍ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ،
" أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ
السِّنَّوْرِ، وَالْكَلْبِ إِلا كَلْبَ الصَّيْدِ
".
Telah mengkhabarkan kepada kami Ibraahiim bin
Al-Hasan bin Al-Miqsamiy, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Hajjaaj
bin Muhammad, dari Hammaad bin Salamah, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir:
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang uang hasil
penjualan kucing dan anjing, kecuali anjing untuk berburu (Diriwayatkan oleh
An-Nasaa’iy no. 4295 & 4668 dan dalam dalam Al-Kubraa no. 4788 & 6219).
Meskipun dhahir sanad riwayat di atas adalah
shahih, An-Nasaa’iy mengatakan bahwa hadits Hajjaaj dari Hammaad bin Salamah
tidak shahih. Di lain tempat ia mengatakan: “Munkar”. Hajjaaj mempunyai
mutaba’aat dari beberapa orang perawi, di antaranya Al-Haitsam bin Jamiil:
ثنا أَبُو
بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيُّ، نَا إِسْحَاقُ بْنُ الْجَرَّاحِ بِأَذْنَةَ، نَا
الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ. ح وَنا عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ، نَا
مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ بُرْدٍ، نَا الْهَيْثَمُ بْنُ
جَمِيلٍ، نَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ،
قَالَ: " نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ثَمَنِ
الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ، إِلا كَلْبَ صَيْدٍ
"
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr
An-Naisaabuuriy: Telah mengkhabarkan kepada kami Ishaaq bin Al-Jarraah di
Adznah: Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Haitsam bin Jamiil. Dan telah
mengkhabarkan kepada kami ‘Utsmaan bin Ahmad Ad-Daqqaaq: Telah mengkhabarkan
kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Al-Waliid bin Burd: Telah mengkhabarkan
kepada kami Al-Haitsam bin Jamiil: Telah mengkhabarkan kepada kami Hammaad bin
Salamah, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata: “Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan anjing dan kucing, kecuali anjing
untuk berburu” (Diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy 4/43 no. 3068).
Selain Al-Haitsam bin Jamiil, juga dari
‘Ubaidullah bin Muusaa(3) dan Suwaid bin ‘Amru(4) rahimahumullah.
Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah
menshahihkannya dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy 3/159.
Diriwayatkan pula secara mauquuf dari Jaabir
radliyallaahu ‘anhu:
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ
أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ. وَعَنْ أَبِي الْمُهَزَّمِ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ: " أَنَّهُمَا كَرِهَا ثَمَنَ الْكَلْبِ إلا كلب صيد "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Hammaad bin Salamah, dari
Abuz-Zubair, dari Jaabir – dan dari Abul-Muhazzim, dari Abu Hurairah:
Bahwasannya keduanya membenci uang hasil penjualan anjing, kecuali anjing untuk
berburu (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 6/244 no. 21307).
Perkataan Jaabir adalah shahih, sedangkan
perkataan Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhumaa tidak shahih karena kelemahan
Abul-Muhazzim.
Wakii’ dalam periwayatan mauquuf tersebut
mempunyai mutaba’aat dari Abu Nu’aim(5) dan ‘Abdul-Waahid bin Ghiyaats(6).
Kesimpulan:
Haram Hukumnya jual-beli anjing, kecuali anjing untuk berburu atau penjaga hewan
ternak.
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
Oleh: Abul Jauzaa' Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Makna makruh di sini
adalah haram, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat:
حَدَّثَنَا
أَبُو نُعَيْمٍ، حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ، عَنْ قَيْسِ
بْنِ حَبْتَرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَفَعَ الْحَدِيثَ، قَالَ: " ثَمَنُ
الْكَلْبِ، وَمَهْرُ الْبَغِيِّ، وَثَمَنُ الْخَمْرِ، حَرَامٌ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim:
Telah menceritakan kepada kami Israaiil, dari ‘Abdul-Kariim, dari Qais bin
Habtar, dari Ibnu ‘Abbaas dan ia memarfu’kannya (pada Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam), ia berkata: “Uang hasil penjualan anjing, upah pelacur, dan uang
hasil penjualan khamr adalah haram” (Diriwayatkan oleh Ahmad, 1/355; shahih).
حَدَّثَنَا
يُونُسُ، قَالَ: أنبا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي مَعْرُوفُ بْنُ سُوَيْدٍ
الْجُذَامِيُّ، أَنَّ عَلِيَّ بْنَ رَبَاحٍ حَدَّثَهُمْ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا
هُرَيْرَةَ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" لا يَحِلُّ ثَمَنُ الْكَلْبِ، وَلا حُلْوَانُ الْكَاهِنِ، وَلا مَهْرُ الْبَغِيِّ "
Telah menceritakan kepada kami Yuunus, ia
berkata: Telah memberitakan Ibnu Wahb, ia berkata: Telah mengkhabarkan kepadaku
Ma’ruuf bin Suwaid Al-Judzaamiy, bahwasannya ‘Aliy bin Rabaah pernah
menceritakan kepada mereka, bahwasannya ia pernah mendengar Abu Hurairah
berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Tidak halal
uang hasil penjualan anjing, bayaran dukun, dan upah pelacur” (Diriwayatkan
oleh Abu ‘Awaanah dalam Al-Mustakhraj 3/354-355 no. 5273; shahih).
(2) Tentang pendapat Ishaaq (bin Rahawaih),
ada nukilan lain yang menyatakan ia termasuk orang yang memberikan rukhshah
dalam uang hasil penjualan anjing. Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata:
وَرَخَّصَ فِي
ثَمَنِ الْكَلْبِ إِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، وَعَطَاءُ بْنُ أَبِي رَبَاحٍ،
وَإِسْحَاقُ بْنُ رَاهُوَيْهِ، وَاحْتَجَّ بِأَنَّ عُثْمَانَ قَضَى بِثَمَنِهِ
عَلَى قَاتِلِهِ
“Ibraahiim An-Nakha’iy, ‘Athaa’ bin Abi
Rabbaah, dan Ishaaq bin Rahawaih memberikan rukhshah (keringanan) pada uang
hasil penjualan anjing; dimana mereka berhujjah bahwa ‘Utsmaan pernah
memutuskan orang yang membunuh anjing tersebut untuk mengganti uang yang
senilai” (Al-Ausath no. 172).
Riwayat Ibraahiim rahimahullah adalah sebagai
berikut:
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ
إبْرَاهِيمَ، قَالَ: لَا بَأْسَ بِثَمَنِ كَلْبِ الصَّيْدِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Sufyaan, dari Sa’iid, dari
Ibraahiim, ia berkata: “Tidak mengapa dengan uang hasil penjualan anjing untuk
berburu” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 6/246 no. 21312; shahih).
Riwayat ‘Athaa’ bin Abi Rabbaah rahimahullah
adalah sebagai berikut:
حَدَّثَنَا
أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا بْنِ أَبِي زَائِدَةَ،
عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، قَالَ: إنْ قَتَلْتَ كَلْبًا لَيْسَ بِعَقُورٍ،
فَاغْرَمْ لِأَهْلِهِ ثَمَنَهُ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Zakariyyaa bin Abi Zaaidah,
dari Ibnu Juraij, dari ‘Athaa’, ia berkata: “Jika engkau membunuh anjing yang
tidak buas, bayarlah ganti rugi uang kepada pemiliknya” (Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah 6/247 no. 21314; shahih).
Pengecualian anjing yang digunakan untuk
berburu juga merupakan pendapat Az-Zuhriy dan sebagian salaf lainnya
rahimahumallah.
حَدَّثَنَا
ابْنُ أَبِي دَاوُدَ، قَالَ: ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي
اللَّيْثُ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَقِيلٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، أَنَّهُ قَالَ: "
إِذَا قُتِلَ الْكَلْبُ الْمُعَلَّمُ، فَإِنَّهُ يُقَوِّمُ قِيمَتَهُ فَيَغْرَمُهُ
الَّذِي قَتَلَهُ "
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi
Daawud, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Shaalih, ia
berkata: Telah menceritakan kepadaku Al-Laits, ia berkata: Telah menceritakan
kepadaku ‘Aqiil, dari Ibnu Syihaab, bahwasannya ia pernah berkata: “Apabila seekor
anjing terlatih dibunuh, maka orang yang membunuhnya harus membayar uang ganti
rugi yang senilai” (Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh
Musykiilil-Aatsaar 4/59 no. 5730; hasan).
حَدَّثَنَا
بَحْرٌ، قَالَ: ثنا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ بِلالٍ،
عَنْ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى ابْنِ حِبَّانَ
الأَنْصَارِيِّ، قَالَ: كَانَ يُقَالُ يُجْعَلُ فِي الْكَلْبِ الضَّارِي إِذَا
قُتِلَ أَرْبَعُونَ دِرْهَمًا "
Telah menceritakan kepada kami Bahr, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, ia berkata: Telah
mengkhabarkan kepadaku Sulaimaan bin Bilaal, dari Yahyaa bin Sa’iid, dari
Muhammad bin Yahyaa bin Hibbaan Al-Anshaariy, ia berkata: “Dulu dikatakan
apabila seekor anjing untuk berburu dibunuh, maka ganti rugi yang mesti dibayar
sebesar empatpuluh dirham” (Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh
Musykiilil-Aatsaar 4/59 no. 5731; shahih).
(3) Diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy no.
3067; shahih.
(4) Diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy no.
3069; dla’iif.
(5) Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh
Musykiilil-Aatsaar 4/58 no. 5728; shahih.
(6) Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam
Al-Kubraa 6/6; shahih.
Posting Komentar untuk "Hukum Jual Beli Anjing dalam Islam"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.