Mekkah dan Madinah Tidak Termasuk Daarul Kufr (Negeri Kafir)
Tanya:
Saya pernah membaca bahwa ada sebagian orang mengatakan bahwa Makkah dan
Madinah itu termasuk cakupan Daarul-Kafir. Apakah ini benar?
Jawab: Perkataan tersebut
adalah tidak benar. Telah tetap dalam
dalil-dalil dan penjelasan para ulama bahwa Makkah dan Madinah adalah Daarul-Islam
- bukan Daarul-Kufur - hingga menjelang hari kiamat kelak.
عن عبد الله بن
زيد رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم: إن إبراهيم حرّم مكّة ودعا لها،
وحرّمْتُ المدينة كما حرم إبراهيم مكة...
“Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan Makkah sebagai tanah haram dan mendoakannya, sementara aku menjadikan Madinah sebagai tanah haram sebagaimana Ibrahim menjadikan Makkah sebagai tanah haram...” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 2129 dan Muslim no. 1360).
عن عبد الله بن
مطيع بن الأسود أخي بني عدي بن كعب عن أبيه مطيع وكان اسمه العاص فسماه رسول الله
صلى الله عليه وسلم مطيعا قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم حين أمر بقتل
هؤلاء الرهط بمكة يقول لا تغزى مكة بعد هذا العام أبدا ولا يقتل رجل من قريش بعد
العام صبرا أبدا
Diriwayatkan dari ’Abdullah bin Muthi’ bin Al-Aswad,
saudara bani ’Adiy bin Ka’b, dari ayahnya – dahulu bernama Al-’Ash, lalu
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam menggantinya menjadi Muthi’ – ia
berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam ketika
memerintahkan untuk membunuh beberapa tawanan di Makkah mengatakan: “Makkah
tidak akan diserang lagi setelah tahun ini untuk selama-lamanya. Dan tidak akan
ada lagi orang Quraisy yang dibunuh secara sia-sia setelah tahun ini” (Diriwayatkan
oleh Ahmad 3/412, Ath-Thahawi dalam Syarh Musykilil-Atsar no. 1508, dan
Ath-Thabarani dalam Al-Kabiir no. 20/691; hasan).
عن الحارث بن
مالك بن البرصاء قال: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يوم فتح مكة يقول لا تغزى هذه
بعد اليوم إلى يوم القيامة
Diriwayatkan dari Al-Harits bin Malik bin
Al-Barsha’ radliyallaahu ’anhu, ia berkata: Aku mendengar Nabi shallallaahu
’alaihi wasallam berkata pada hari penaklukan Makkah: “Kota ini (Makkah) tidak
akan diserang setelah tahun ini sampai hari kiamat” (HR. At-Tirmidzi no. 1611,
Ahmad 3/412, Al-Humaidi no. 572, Ibnu Sa’d 2/145, Ibnu Abi Syaibah 14/490,
Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Atsar no. 1509, Al-Haakim 3/627, dan
lain-lain; shahih).
Setelah hari penaklukan kota Makkah, ia
menjadi Darul-Islam dan tidak akan kembali menjadi Darul-Kufur atau dikuasai
Daarul-Kufur selama-lamanya. Penduduknya tidak akan kafir (secara keseluruhan) dan
tidak akan diserang lagi dengan sebab kekafiran.
Al-Imam Sufyan bin
’Uyainah rahimahullah – salah seorang perawi perawi hadits hadits Al-Harits bin
Al-Barsha’ – mengatakan:
تَفْسِيرُهُ
أَنَّهُمْ لا يَكْفُرُونَ أَبَدًا، وَلا يُغْزَوْنَ عَلَى الْكُفْرِ
“Tafsirnya adalah mereka
tidak akan kafir lagi selama-lamanya dan tidak akan diserang karena kekafiran” (Syarh
Musykilil-Atsar, 4/162-163 – shahih).
Al-Imam Abu Ja’far
Ath-Thahawi rahimahullah berkata:
وكذلك معنى ((لا
يُقتَلُ قُريشي بعد العام صَبْراً)) إِنما يُراد به هذا المعنى أَنّهم لا يعودونَ
كفَّاراً يُغْزَونَ حتى يُقتلوا على الكُفْر، كما لا تعودُ مكَّةُ دار كفرٍِ تُغزى
عليه. وبالله عز وجل التوفيق.
“Begitu juga makna: ’Orang Quraisy tidaklah
dibunuh secara sia-sia setelah hari ini (Fathu Makkah’; sesungguhnya maksudnya
adalah bahwa mereka (yaitu penduduk Makkah) tidak akan kembali pada kekafiran
sehingga diperangi karena kekafiran. Sebagaimana halnya Makkah tidak akan
menjadi Daarul-Kufur yang diserang, wabillahi ’azza wa jalla at-taufiq” (idem,
4/163).[1]
Oleh karena itu, hijrah dari Makkah ke Madinah
terputus dengan peristiwa penaklukan kota Makkah (Fathu Makkah) – karena Makkah
telah menjadi Daarul-Islam. Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam bersabda:
لاَ هِجْرَةَ
بَعْدَ الْفَتْحِ وَلَكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ وَإِذَا اسْتُنْفِرْتُمْ
فَانْفِرُوْا
“Tidak ada hijrah setelah
penaklukan kota Makkah, akan tetapi yang ada hanyalah jihad dan niat. Jika
kalian diminta berangkat perang, maka berangkatlah” (HR. Al-Bukhari no. 2631
dan Muslim no. 1864).
Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata:
(لَا هِجْرَة بَعْد الْفَتْح) ,
أَيْ لَا هِجْرَة مِنْ مَكَّة; لِأَنَّهَا صَارَتْ دَار الْإِسْلَام
“Tidak ada hijrah setelah penaklukan kota
Makkah; maksudnya adalah tidak ada hijrah dari Makkah karena Makkah sudah menjadi
Darul-Islam” (Syarah Shahih Muslim lin-Nawawi – Maktabah Saaid).
Yang menguatkan hal itu (bahwa Makkah dan
Madinah adalah Daarul-Islam hingga menjelang hari kiamat kelak, dengan ijin
Allah) adalah bahwa keimanan akan selalu kembali ke Makkah dan Madinah, serta
fitnah Dajjal tidak bisa masuk ke dua kota tersebut di saat kota-kota lain
tidak luput dari tiupan fitnah Dajjal.
عن أبي هريرة؛
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "إن الإيمان ليأرز إلى المدينة كما
تأرز الحية إلى جحرها".
Dari Abu Hurairah radliyallaahu ’anhu:
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya
iman itu akan kembali ke Madinah sebagaimana kembalinya seekor ular ke
sarangnya” (HR. Al-Bukhari no. 1876 dan Muslim no. 147).
عن ابن عمر، عن
النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إن الإسلام بدأ غريبا وسيعود غريبا كما بدأ.
وهو يأرز بين المسجدين كما تأرز الحية في جحرها".
Dari Ibnu ’Umar, dari Nabi shallallaahu
’alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Sesungguhnya Islam itu dimulai dalam
keadaan asing dan kelak akan kembali asing sebagaimana awalnya. Dan ia (Islam)
akan kembali di antara dua masjid (Masjidil-Haram dan Masjid Nabawiy/Makkah dan
Madinah) sebagaimana kembalinya seekor ular ke sarangnya” (Diriwayatkan oleh
Muslim no. 146).
عن أنس بن مالك
عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (ليس من بلد إلا سيطؤه الدجال، إلا مكة
والمدينة، ليس له من نقابها نقب إلا عليه الملائكة صافين يحرسونها، ثم ترجف
المدينة بأهلها ثلاث رجفات، فيخرج الله كل كافر ومنافق).
Dari Anas bin Maalik, dari Nabi shallallaahu
’alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak ada satu negeri/kota pun nanti yang
tidak dimasuki Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah. Setiap jalan masuk kedua
kota tersebut dijaga oleh para Malaikat yang berbaris-baris, kemudian Madinah
akan mengguncang penghuninya tiga kali guncangan, sehingga semua orang kafir
dan munafik keluar dari tempat itu” (HR. Al-Bukhari no. 1881 dan Muslim no.
2943).
Hadits-hadits di atas menunjukkan tetapnya
iman yang ada pada Makkah dan Madinah serta penduduknya (secara umum). Jika telah ditetapkan
keimanan pada satu hal, maka akan dinafikkan sifat yang menjadi lawannya, yaitu
kekufuran. Maka, keliru jika ada segolongan orang yang menisbatkan kekufuran
pada Makkah dan Madinah pada hari ini. Jika Makkah dan Madinah merupakan
Daarul-Kufur sebagaimana tuduhan mereka, tentu Rasulullah shallallaahu ’alaihi
wasallam tidak menghapuskan kewajiban hijrah dari Makkah (dan juga Madinah),
sebab asal pendalilan satu negeri atau daerah disebut Daarul-Kufur adalah
karena adanya kewajiban hijrah dan/atau sifat akan diperanginya (yaitu
kekufuran) negeri/daerah tersebut oleh pasukan kaum muslimin. Dua sifat ini
telah dinafikkan (ditiadakan) oleh Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam.
Bahkan, Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam telah berwasiat agar
seseorang hijrah menuju Madinah dan meninggal di sana:
عن بن عمر قال
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من استطاع أن يموت بالمدينة فليمت بها فإني
أشفع لمن يموت بها
Dari Ibnu ’Umar, ia berkata: Telah bersabda
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam: “Barangsiapa yang mampu untuk meninggal
di Madinah, hendaklah ia meninggal di sana, karena aku akan memberikan syafa’at
bagi siapa saja yang meninggal di sana” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no.
3917, Ahmad 2/73 & 104, Ibnu Majah no. 3112, Ibnu Hibbaan no. 3741, dan
yang lainnya; shahih).
Kesimpulan: Anggapan mereka bahwa Makkah dan Madinah
adalah Daarul-Kufur atau cakupan (dikuasai oleh) Daarul-Kufur merupakan
pendapat yang keliru. Wallaahu ta’ala a’lam.
(Ini sekaligus merupakan sanggahan singkat
bagi sebagian ikhwah yang menyatakan tidak ada sejengkal tanah pun di muka bumi
ini yang merupakan cakupan wilayah Daarul-Islam (semuanya Daarul-Kufur),
termasuk negeri Haramain (Mekkah dan Madinah))
Oleh: Abul jauzaa’ Dony Arif Wibowo
[1] Di sini kita pahami bahwa konsekuensi satu
daerah disebut sebagai Daarul-Kufur adalah bolehnya melakukan penyerangan
kepada penduduknya akibat sifat kekufuran yang melekat pada mereka. Rasulullah
shallallaahu ’alaihi wa sallam telah menafikkan sifat tersebut untuk Makkah dan
Madinah.
Posting Komentar untuk "Mekkah dan Madinah Tidak Termasuk Daarul Kufr (Negeri Kafir)"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.