Fikih Haidh Bagi Wanita Dalam Islam
Daftar Isi:
Baligh adalah Salah Satu Tanda
Baligh Bagi Wanita
Permulaan dan Akhir Masa Haidl
Hukum Cairan Berwarna Kuning dan Keruh yang Keluar Setelah Bersuci dari
Haidl
Mandi Bagi Wanita yang Telah
Selesai dari Haidl
Darah yang Mengalir/Keluar dari Kemaluan Saat Hamil: Dihukumi Haidl?
Beberapa Perkara yang Diharamkan oleh Wanita yang sedang Haidl
Urgensi Pembahasan
Fiqh Haidl
Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata:
اعلم ان باب
الحيض من عويص الابواب ومما غلط فيه كثيرون من الكبار لدقة مسائله واعتنى به
المحققون وأفردوه بالتصنيف في كتب مستقلة وافرد أبو الفرج الدارمي من أئمة
العراقيين مسألة المتحيرة في مجلد ضخم ليس فيه الا مسألة المتحيرة وما يتعلق بها
وأتي فيه بنفائس لم يسبق إليها وحقق أشياء مهمة من أحكامها
“Ketahuilah, bahwasannya
permasalahan haidl termasuk masalah yang rumit. Dan termasuk di antara
permasalahan dimana banyak orang besar telah tersalah di dalamnya, dikarenakan
sulitnya permasalahan. Para peneliti (muhaqqiqiin) merasa perlu untuk
menuliskannya dalam satu buku tersendiri untuk membahasnya. Abul-Faraj
Ad-Daarimiy – salah seorang ulama ‘Iraq – telah menuliskannya dalam satu jilid
yang besar dimana tidak ada permasalahan di dalamnya kecuali permasalahan yang
membingungkan (bagi banyak orang) dan yang berkaitan dengannya. Beliau
menyebutkan dalam kitab tersebut bermacam-macam permasalahan berharga yang
belum pernah disebutkan sebelumnya serta melakukan penelitian sesuatu yang
penting dari hukum-hukumnya (Al-Majmu’ Syarhul-Muhadzdzab, 2/380, tahqiq:
Muhammad Najiib Al-Muth’iy; Maktabah Al-Irsyaad).
Beliau rahimahullah melanjutkan:
ولا التفات إلى
كراهة ذوى المهانة والبطالة فان مسائل الحيض يكثر الاحتياج إليها لعموم وقوعها.
وقد رأيت ما لا
يحصي من المرات من يسأل من الرجال والنساء عن مسائل دقيقة وقعت فيه لا يهتدى إلى
الجواب الصحيح فيها الا أفراد من الحذاق المعتنين بباب الحيض ومعلوم أن الحيض من
الامور العامة المتكررة ويترتب عليه ما لا يحصي من الاحكام كالطهارة والصلاة
والقراءة والصوم والاعتكاف والحج والبلوغ والوطئ والطلاق والخلع والايلاء وكفارة
القتل وغيرها والعدة والاستبراء وغير ذلك من الاحكام فيجب الاعتناء بما هذه حاله
وقد قال الدارمي
في كتاب المتحيرة: (الحيض كتاب ضائع لم يصنف فيه تصنيف يقوم بحقه ويشفي القلب).
وانا أرجو من فضل الله تعالى ان ما أجمعه في هذا الشرح يقوم بحقه أكمل قيام وانه
لا تقع مسألة الا وتوجد فيه نصا أو استنباطا لكن قد يخفى موضعها على من لا تكمل
مطالعته وبالله التوفيق
“Tidak perlu perlu untuk
ditengok kebencian orang-orang yang merendahkan dan menghalangi (pembahasan
ini). Sesungguhnya permasalahan haidl banyak dibutuhkan karena kejadiannya
telah umum menyebar.
Aku telah melihat, tidak
terkira banyaknya orang-orang yang bertanya, baik laki-laki maupun wanita, atas
permasalahan-permasalahan rumit yang ada padanya, dimana permasalahan itu tidak
akan dapat dijawab dengan benar melainkan orang yang memang ahli dan memberikan
perhatian kepada masalah haidl. Telah diketahui bahwa haildl merupakan
perkara-perkara umum yang terjadi secara berulang, dan berpengaruh pada
hukum-hukum yang tidak terhitung banyaknya seperti: thaharah (bersuci), shalat,
membaca Al-Qur’an, puasa, i’tikaf, haji, masa baligh, jima’, thalaq, khulu’,
iilaa’, kafarat pembunuhan, ‘iddah, istibraa’, dan hukum-hukum yang lainnya.
Maka wajib bagi setiap orang untuk memberkan perhatian terhadap permasalahan
ini.
Ad-Daarimiy telah berkata
dalam kitab Al-Mutahayyirah: “Haidl adalah kitab yang hilang yang tidak ditulis
di dalamnya satu tulisan yang dapat yang dapat menerangkannya dengan
sebenar-benarnya dan melegakan hati”. Dan aku (An-Nawawi) berharap dari
keutamaan Allah bahwa apa yang aku himpun dalam penjelasan ini (yaitu dalam
kitab Al-Majmu’) dapat menjelaskan dengan sebenar-benarnya secara sempurna. Dan
agar tidak ada satu masalah pun kecuali didapatkan nash atau kesimpulan hukum
padanya. Akan tetapi terkadang satu permasalahan menjadi samar bagi orang yang
tidak mengkajinya secara menyeluruh. Wabillaahit-taufiq”
(idem, 2/381).
Definisi Haidl
1. Definisi Secara Etimologis (Bahasa)
Al-Mawardi:
وَسُمِّيَ
حَيْضًا لِسَيَلَانِهِ مِنْ رَحِمِ الْمَرْأَةِ ، مَأْخُوذٌ مِنْ قَوْلِهِ: حَاضَ
السَّبِيلُ ، وَفَاضَ إِذَا سَالَ..... الشَّرْعُ لَهُ بِسِتَّةِ أَسْمَاءٍ:
الْحَيْضُ وَالطَّمْثُ وَالْعَرْكُ وَالضَّحِكُ وَالْإِكْبَارُ وَالْإِعْصَارُ
“Darah haidl dinamakan
haidl, karema darah itu mengalir dari rahim wanita. Pengertian ini diambil dari
perkataan: ‘haadlas-sailu idzaa faadla’ (banjir meluap)”…… Dan syara’ mempunyai
enam nama untuk darah haidl, yaitu: al-haidlu, ath-thamtsu, al-‘arku,
adl-dlahiku, al-ikbaaru, dan al-i’shaaru” (Al-Haawiy, 2/378-379; Daarul-Fikr –
dengan peringkasan).
2. Definisi Secara
Terminologis (Syar’iy).
Al-Kasaaniy rahimahullah
berkata:
اسم لدم خارج من
الرحم لا يعقب الولادة مقدر بقدر معلوم في وقت معلوم
“Nama bagi darah yang keluar dari rahim wanita
yang bukan disebabkan karena melahirkan, dengan dibatasi batas dan waktu
tertentu” (Badaai’ush-Shanaai’ oleh ‘Alaauddin Abu Bakr bin Mas’ud
Al-Kassaaniy, 1/39; Daarul-Kutub Al-‘Arabiy, Cet. 1).
Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata:
سيلان دم طبيعي
يعتاد الأنثى في أوقات معلومة عند بلوغها وقابليتها للحمل
“Darah thabi’iy yang mengalir (dari rahim)
yang biasa dialami wanita pada waktu tertentu pada masa balighnya, sebagai
tanda kesanggupan untuk hamil” (Tanbiihul-Afhaam Syarh ‘Umdatil-Ahkaam oleh
Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin, 1/123 – dicetak bersama Taisirul-‘Alaam;
Daar Ibni Haitsam, Cet. Thn. 1425).
Abu Malik Kamal
hafidhahullah berkata:
دم الأسود
الخاثر (يعني: الغليظ) الكريه الرائحة الذي يجرى من المرأة من موضع مخصوص في أوقات
معلومة.
“Darah yang berwarna kehitaman, kental, dan
baunya tidak sedap yang mengalir/keluar dari tempat tertentu (yaitu dari
kemaluan) dan pada waktu-waktu tertentu” (Shahih Fiqhis-Sunnah oleh Abu Malik
Kamal bin As-Sayyid Saalim, 1/206; Maktabah At-Taufiiqiyyah).
Haidl merupakan sesuatu yang telah ditetapkan
oleh Allah bagi seluruh kaum wanita, sebagaimana pernah disabdakan oleh
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
فإن هذا أمر
كتبه الله على بنات آدم
“Sesungguhnya perkara ini
(haidl) telah dituliskan (ditetapkan) oleh Allah kepada anak-anak perempuan
Adam” (HR. Al-Bukhari no. 294, Muslim no. 1213,
Al-Baihaqi dalam Al-Kubraa 4/344 no. 8725, dan yang lainnya).
Bahkan Hawaa’ ‘alaihas-salaam merupakan wanita
pertama yang mengalami haidl sebagaimana disebutkan Al-Haafidh Ibnu Hajar
rahimahullah dalam Fathul-Bariy (1/400) dari Al-Haakim dan Ibnul-Mundzir dengan
sanad shahih, bahwa Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma berkata:
أن ابتداء الحيض
كان على حواء بعد أن أهبطت من الجنة
“Sesungguhnya wanita pertama yang mengalami
haidl adalah Hawaa’ seteah ia diturunkan dari surga”.
Baligh adalah Salah
Satu Tanda Baligh Bagi Wanita
Para ulama telah ijma’ bahwasannya haidl
merupakan tanda baligh bagi seorang wanita. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam telah bersabda:
لا تقبل صلاة
حائض إلا بخمار
“Tidak diterima shalat wanita yang telah
mengalami haidl kecuali ia memakai khimar” (HR. Ahmad 6/259; hasan lighairihi –
sebagaimana dijelaskan oleh Abu ‘Amr Dibyaan bin Muhammad Ad-Dibyaan dalam
Al-Haidl wan-Nifaas, hal. 46-50)
Lamanya Waktu Haidl
Para ulama berbeda
pendapat dalam banyak ragam perkataan. Pendapat yang rajih adalah tidak ada
batas minimal dan maksimal bagi wanita yang haidl.
Syaikhul-Islam Ibnu
Taimiyyah rahimahullah berkata:
وأما الذين
يقولون: أكثر الحيض خمسة عشر، كما يقوله: الشافعي وأحمد، ويقولون: أقله يوم،
كما يقوله الشافعي وأحمد. أو لا حد له كما يقوله مالك، فهم يقولون: لم يثبت عن
النبي صلى الله عليه وسلم ولا عن أصحابه في هذا شيء، والمرجع في ذلك إلى العادة،
كما قلنا. واللّه أعلم.
“Baik ulama yang menyatakan bahwa batas waktu
haidl paling lama adalah lima belas hari, sebagaimana pendapat Asy-Syafi’iy dan
Ahmad, dan paling sedikit satu hari sebagaimana pendapat Asy-Syafi’iy dan Ahmad
juga; atau tidak ada batas waktu tertentu seperti Maalik – semua mengakui bahwa
tidak ada dalil yang datang dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para
shahabat dalam hal ini. Sehingga dasar pertimbangan waktu haidl dikembalikan pada
kebiasaan, seperti yang telah kami katakan. Wallaahu a’lam” (Majmu’ Fataawaa,
21/623).
Ketentuan di atas berlaku
untuk wanita yang mempunyai kebiasaan tetap. Adapun yang kebiasaannya tidak
tetap (karena kelainan atau penyakit), maka dia melakukan perbandingan.
Maksudnya, jika kebiasaannya terdahulu dari waktu haidl adalah lima sampai
tujuh hari dalam setiap bulannya, maka ia hitung masa haidlnya selama waktu itu
dan selebihnya dihitung darah istihadlah. Ia mandi dan mengerjakan segala
kewajibannya (shalat, puasa, dan yang lainnya) bersamaan dengan darah yang
masih keluar. Berkenaan dengan ini terdapat hadits Ummu Salamah yang ia meminta
fatwa kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkenaan dengan wanita
yang mengeluarkan darah. Beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لتنظر عدة
الليالي والأيام التي كانت تحيضهن من الشهر قبل أن يصيبها الذي أصابها فلتترك
الصلاة قدر ذلك من الشهر فإذا بلغت ذلك فلتغتسل ثم تستثفر بثوب ثم تصلي
“Hendaklah ia menghitung
malam-malam dan hari-hari dimana ia haidl di bulan sebelum ia tertimpa
(kelainan/penyakit) yang menimpanya. Maka, ia tinggalkan shalat sebanyak hari
di bulan tersebut. Apabila ia telah melampaui hitungan hari itu, hendaklah ia
mandi dan kemudian mengencangkan pakaiannya, lalu ia melaksanakan shalat” (HR.
Ahmad 6/320, shahih).
Dan bila hal itu terus
berlanjut pada dirinya, sementara ia tidak memiliki kebiasaan tetap yang
diketahui, maka haidlnya terhitung enam atau tujuh hari sesuai dengan kebiasaan
kebanyakan wanita.
عن حمنة بنت جحش
قالت: كنت أُسْتَحاضُ حيضةً كثيرة شديدة، فأتيت رسول اللّه صلى الله عليه وسلم
أستفتيه وأُخبره، فوجدته في بيت أختي زينب بنت جحش، فقلت: يا رسول اللّه؛ إني
امرأةٌ أُستحاض حيضة كثيرة شديدة فما ترى فيها؟ قد منعتني الصلاة والصوم؟ فقال:
"أنعت لك الكرسف فإِنّه يذهب الدّم" قالت: هو أكثر من ذلك قال:
"فاتّخذي ثوباً" فقالت: هو أكثر من ذلك، إنما أثجُّ ثجّا، قال رسول
اللّه صلى الله عليه وسلم: "سآمرك بأمرين أيَّهما فعلت أجزأ عنك من الآخر،
فإِن قويت عليهما فأنت أعلم" قال لها: "إنّما هذه ركضةٌ من ركضات
الشّيطان فتحيّضي ستَّة أيَّامٍ أو سبعة أيَّامٍ في علم اللّه تعالى، ثمَّ اغتسلي،
حتى إذا رأيت أنك قد طهرت واستنقأت فصلي ثلاثاً وعشرين ليلةً أو أربعاً وعشرين
ليلةً وأيامها، وصومي؛ فإِن ذلك يجزيك، وكذلك فافعلي (في) كلِّ شهر كما تحيض
النساء وكما يطهرن، ميقات حيضهنَّ وطهرهنَّ، ...
Dari Hamnah binti Jahsy,
ia berkata: Aku pernah mengalami istihadlah yang banyak dan kencang (mengalir).
Maka aku mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta
fatwa dan mengkhabarkannya. Dan aku mendapati beliau di rumah saudara wanitaku,
Zainab binti Jahsy. Lalu aku berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku
adalah seorang wanita yang ber-istihadlah banyak lagi kencang (mengalir). Apa
pendapatmu mengenai hal ini? (Perlu engkau ketahui) bahwa ia telah mencegahku
untuk melakukan shalat dan puasa”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda: “Gunakanlah kapas untukmu sebagai penghambat, karena hal itu
menghilangkan darah”. Aku berkata: “Ia lebih banyak mengalir dari itu”. Beliau
bersabda: “Ambillah secarik kain”. Aku berkata: “Ia bahkan lebih banyak
mengalir dari itu”. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku
akan memerintahkanmu dua hal. Mana saja yang engkau lakukan dari itu, niscaya
telah mencukupimu dari yang lain. Engkaulah yang lebih mengetahui jika engkau
lakukan keduanya”. Beliau bersabda kepadanya (Hamnah): “Sesungguhnya ia
hanyalah satu gangguan dan gangguan-gangguan syaithan. Maka, bagimu haidl enam
hari atau tujuh hari dalam ilmu Allah. Kemudian mandilah hingga engkau lihat
bahwa engkau telah dalam keadaan suci dan bersih. Shalatlah dua puluh tiga atau
dua puluh empat hari, dan juga berpuasalah. Sesungguhnya hal itu telah
mencukupi bagimu. Begitu pula lakukanlah setiap bulan sebagaimana haidl dan
sucinya wanita-wanita yang lain di waktu haidl dan sucinya…” (HR. Abu Dawud no. 287; Ahmad 6/381,439;
At-Tirmidzi no. 128; Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad no. 797; dan yang
lainnya. Sanad hadits ini hasan).
Permulaan dan Akhir
Masa Haidl
1. Permulaan haidl
diketahui dengan keluarnya darah pada masa kemungkinan terjadinya haidl. Darah tersebut berwarna kehitaman, kental, dan
bau.
عن فاطمة بنت
أبي حبيش: أنها كانت تستحاض فقال لها النبي صلى الله عليه وسلم: "إذا كان دم
الحيضة فإِنَّه دمٌ أسود يعرف، فإِذا كان ذلك فأمسكي عن الصَّلاة، فإِذا كان الآخر
فتوضَّئي وصلِّي فإِنما هو عرقٌ".
Dari Faathimah binti Jahsy: Bahwasannya ia
pernah mengalami istihadlah. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
kepadanya: “Apabila darah haidl, maka darah itu warnanya hitam lagi diketahui
(ciri-cirinya). Apabila memang seperti itu, hendaklah kamu menahan diri dari shalat. Namun
jika yang lain (tidak seperti ciri-ciri darah haidl), maka berwudlulah dan
shalatlah. Sesungguhnya ia hanyalah penyakit” (HR.
Abu Dawud no. 286; An-Nasa’i no. 215, 362; Ibnu Hibban no. 1348; dan yang
lainnya. Sanad hadits ini shahih).
2. Akhir masa diketahui
dengan berhentinya darah, keluar cairan berwarna kuning, dan keruh. Haidl
benar-benar berakhir jika terjadi salah satu dari keadaan berikut:
a. Daerah sekitar rahim
telah kering. Ini terbukti jika dimasukkan sesuatu ke dalam kemaluannya seperti
kain atau kapas, ketika dikeluarkan tetap kering.
b. Keluarnya cairan putih
setelah darah haidl berhenti.
Ini berdasarkan dari
‘Alqamah bin Abi ‘Alqamah, dari ibunya, Marjanah maula ‘Aisyah, ia berkata:
كانت النساء
يبعثن إلى عائشة بالدرجة فيها الكرسف فيه الصفرة فتقول لا تعجلن حتى ترون القصة
البيضاء
“Kaum wanita membawa
dirajah (sejenis tas tangan) yang di dalamnya ada kapas berwarna kuning. Lalu
‘Aisyah berkata: ‘Janganlah kalian terburu-buru hingga kalian melihat cairan
berwarna putih” (HR. Malik 1/334-335 no. 135 dan Al-Bukhari secara mu’allaq
sebagaimana terdapat dalam Mukhtashar Shahih Al-Bukhari 1/119; shahih
lighairihi).
Hukum Cairan Berwarna Kuning dan Keruh yang Keluar Setelah Bersuci dari
Haidl
Cairan kuning keruh
adalah cairan yang nampak seperti nanah yang didominasi warna kuning. Apabila
seorang wanita melihat cairan ini setelah darah haidl berhenti atau kering,
maka tidak dianggap sebagai darah haidl. Dia tetap suci sehingga ia tetap wajib
mengerjakan shalat, puasa, dan boleh melakukan jima’.
عن أم عطية،
قالت: كنّا لا نَعُـَدُّ الكدرة والصُّفرة بعد الطهر شيئاً.
Dari Ummu ‘Athiyyah, ia berkata: “Kami tidak
menghitung/menganggap cairan keruh berwarna kuning setelah suci sebagai apapun”
(HR. Abu Dawud no. 307, Ibnu Majah no. 647, dan An-Nasa’i no. 368; shahih).
Mandi Bagi Wanita
yang Telah Selesai dari Haidl
1. Hukum Mandi Haidl
Wajib hukumnya bagi wanita untuk mandi apabila
ia telah bersih dari haidl. Allah ta’ala telah berfirman:
وَيَسْأَلُونَكَ
عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ
أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ
الْمُتَطَهِّرِينَ
“Mereka bertanya kepadamu
tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu
hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu
mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka
campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya
Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan
diri” (QS. Al-Baqarah: 222).
عن أم سلمة قالت:
قال النبي صلى الله عليه وسلم: دعي قدر تلك الأيام والليالي التي كنت تحيضين فيها
ثم اغتسلي واستثفري وصلي
Dari Ummu Salamah ia berkata: Telah bersabda
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam: “Tinggalkanlah sejumlah hari yang engkau
mengalami haidl padanya, kemudian mandilah, kencangkanlah (pakaianmu), dan
shalatlah” (HR. An-Nasa’i no. 354, Ibnu Majah no. 623, dan yang lainnya; shahih).
2. Niat Merupakan Bagian
Syarat Sahnya Mandi.
Allah ta’ala telah berfirman:
وَمَا أُمِرُوا
إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ
“Padahal mereka tidak
disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya
dalam (menjalankan) agama dengan lurus” (QS. Al-Bayyinah:
5).
Rasululah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
pernah bersabda:
إِنَّمَا
اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Setiap perbuatan
hanyalah tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas)
berdasarkan apa yang dia niatkan” (HR. Al-Bukhari
no. 1, Muslim no. 1907, Abu Dawud no. 2201, At-Tirmidzi no. 1647, dan yang
lainnya).
3. Rukun Mandi Haidl
Rukun mandi haidl adalah niat dan membasahi
seluruh badan, karena hakekat mandi wajib adalah menuangkan air ke seluruh
bagian tubuh hingga mengenai rambut dan kulit. Tidak ada kewajiban lain selain
itu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada
wanita yang bertanya apakah ia harus menguraikan rambutnya yang dikepang:
إنما يكفيك أن
تحثي على رأسك ثلاث حثيات. ثم تفيضين عليك الماء فتطهري
"Cukuplah engkau mengguyurkan (air) di
atas kepalamu sebanyak tiga kali guyuran, kemudian guyurkan air pada seluruh
tubuhmu" (HR. Muslim no. 330, At-Tirmidzi no. 105, Ibnu Majah no. 603,
Ibnu Khuzaimah no. 246, dan yang lainnya).
4. Tata Cara (Kaifiyah) Mandi Haidl
Adapun tata cara mandi bagi wanita yang telah
selesai dari haidl sama seperti mandi junub/janabah. Beberapa hadits yang
menjelaskan diantaranya adalah:
عن عائشة زوج
النبي صلى الله عليه وسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا اغتسل من الجنابة
بدأ فغسل يديه ثم يتوضأ كما يتوضأ للصلاة ثم يدخل أصابعه في الماء فيخلل بها أصول
شعره ثم يصب على رأسه ثلاث غرف بيديه ثم يفيض الماء على جلده كله
Dari ‘Aisyah istri Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam: Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila mandi junub,
beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan, dilanjutkan dengan wudlu
seperti wudlu untuk shalat. Setelah itu, beliau memasukkan jari-jari tangannya
ke dalam air lalu membasahi pangkal rambut. Beliau melanjutkan dengan
menuangkan air pada kepala tiga kali, lalu membasahi seluruh kulit (tubuhnya)” (HR.
Al-Bukhari no. 248 dan Muslim no. 316).
عن ميمونة قالت
أدنيت لرسول الله صلى الله عليه وسلم غسله من الجنابة فغسل كفيه مرتين أو ثلاثا ثم
أدخل يده في الإناء ثم أفرغ به على فرجه وغسله بشماله ثم ضرب بشماله الأرض فدلكها
دلكا شديدا ثم توضأ وضوءه للصلاة ثم أفرغ على رأسه ثلاث حفنات ملء كفه ثم غسل سائر
جسده ثم تنحى عن مقامه ذلك فغسل رجليه ثم أتيته بالمنديل فرده
Dari Maimunah ia berkata: “Aku pernah berada
di dekat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau mandi junub.
Beliau membasuh kedua telapak tangannya dua atau tiga kali. Kemudian beliau
memasukkan tangannya ke dalam bejana (untuk mengambil air), lalu beliau
tuangkan air itu ke kemaluannya dan mencucinya dengan tangan kirinya. Setelah itu, beliau
memukulkan tangan kirinya ke tanah dan menggosoknya dengan sungguh-sungguh.
Kemudian beliau wudlu seperti wudlunya untuk shalat. Lalu beliau tuangkan air
ke kepalanya tga kali ciduk, dan diteruskan menyiramkan air ke seluruh
tubuhnya. Masing-masing ciduk sepenuh dua telapak tangannya. Kemudian beliau
bergeser dari tempatnya itu. Lalu beliau membasuh kedua kakinya. Kemudian aku
memberi beliau sapu tangan/handuk (untuk mengelap air), namun beliau
menolaknya” (HR. Al-Bukhari no.
265 dan Muslim no. 317).
عن إبراهيم بن
المهاجر؛ قال: سمعت صفية تحدث عن عائشة؛ أن أسماء سألت النبي صلى الله عليه وسلم
عن غسل المحيض؟ فقال "تأخذ إحداكن ماءها وسدرتها فتطهر (فتطّهّر؟؟). فتحسن
الطهور. ثم تصب على رأسها فتدلكه دلكا شديدا. حتى تبلغ شؤون رأسها. ثم تصب عليها
الماء. ثم تأخذ فرصة ممسكة فتطهر بها" فقالت أسماء: وكيف تطهر بها؟ فقال
"سبحان الله! تطهرين بها" فقالت عائشة (كأنها تخفي ذلك) تتبعين أثر
الدم. وسألته عن غسل الجنابة؟ فقال "تأخذ ماء فتطهر، فتحسن الطهور. أو تبلغ
الطهور. ثم تصب على رأسها فتدلكه. حتى تبلغ شؤون رأسها. ثم تفيض عليها
الماء". فقالت عائشة: نعم النساء نساء الأنصار! لم يكن يمنعهن الحياء أن
يتفقهن في الدين.
Dari Ibrahim bin Al-Kuhaajir ia berkata: Aku
mendengar Shafiyyah menceritakan hadits dari ‘Aisyah: Bahwasannya Asma’ pernah
bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi haidl. Maka beliau menjawab:
“Hendaknya dia mengambil mengambil air dan daun bidara. Lalu bersuci dan menyempurnakannya
dan membaguskannya. Kemudian menyiram air di kepalanya, lalu dia menggosoknya
dengan gosokan yang kuat hingga menyentuh kulit kepalanya. Lalu dia menuangkan
air di kepalanya. Kemudian dia ambil kapas yang diberi minyak wangi, lalu dia
bersuci dengan kapas itu”. Asmaa’ bertanya lagi: “Bagaimana aku bersuci dengan
kapas itu?”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Subhaanallaah,
engkau pakai kapas itu untuk bersuci”. ‘Aisyah mengatakan: “(sepertinya dia
merahasiakan hal itu). Kamu gunakan kapas itu untuk membersihkan bekas darah”.
Asmaa’ bertanya kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi
junub. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Engkau ambil air
dan bersihkan diri sebaik-baiknya. Lalu engkau tuangkan air pada kepala dengan
menggosoknya sampai kotoran hilang. Kemudian engkau tuangkan air lagi di atas
kepala”. ‘Aisyah berkata: “Sebaik-baik wanita adalah wanita kaum Anshar. Malu
tidak menghalanginya memahami agama” (HR. Muslim no. 245).
Dengan menggabungkan
beberapa riwayat di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mandi yang dianjurkan
adalah seperti berikut:
a. Membasuh kedua tangan
tiga kali.
b. Membasuh kemaluan
dengan tangan kiri, tanpa harus memasukkan air ke dalam kemaluan.
c. Menggosok tangan kiri
ke tanah/tembok.
d. Berwudlu seperti wudlu
untuk shalat. Akan tetapi boleh mengakhirkan basuhan pada kedua kaki hingga
selesai mandi, jika menggunakan air dari bak atau semisalnya.
e. Membasahi kepala tiga
kali hingga mencapai pangkal rambut serta menggosoknya dengan kuat. Jika
rambutnya dikepang, maka ia harus menguraikannya untuk memastikan bahwa air
telah mencapai pangkal rambut. ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa meriwayatkan bahwa
ketika dia hendak mandi setelah haidl, maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam berkata kepadanya:
انقضي شعرك
واغتسلي
“Uraikan (kepangan)
rambutmu, lalu mandilah” (HR. Ibnu Majah
no. 641 dan Ibnu Abi Syaibah 1/78; shahih).
f. Membasahi seluruh
badan dengan memulai bagian kanan, dilanjutkan dengan bagian kiri.
كَانَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ
التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُوْرِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ
"Adalah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
aalihi wa sallam menyenangi yang kanan dalam bersendal (sepatu), bersisir,
bersuci dan dalam seluruh perkaranya".
Dianjurkan memakai sabun
atau semisalnya ketika mandi.
g. Seusai mandi,
dianjurkan mengambil kapas atau kain yang telah diolesi minyak wangi untuk
digunakan mengusap bekas darah sampai baunya hilang.
Catatan:
Cara mandi di atas
hukumnya mustahab (dianjurkan/disukai), karena diambil dari gabungan
hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berkenaan
dengannya. Namun jika ada seorang wanita yang mengikuti sebagian saja dari cara
di atas, maka tetap sah – dengan syarat: ia harus membasahi seluruh badan (dan
rambut)-nya dengan air. Artinya, jika ada seorang wanita mandi di bawah shower
atau menyelam di dalam air, maka cara mandi seperti ini tetap diperbolehkan dan
hukumnya sah.
5. Apabila Seorang Wanita
Junub, kemudian Mendapatkan Haidl, Berapa Mandi yang Wajib Baginya?
Apabila wanita junub dan
sebelum mandi dia mengalami haidl, maka dalam hal ini terjadi perbedaan
pendapat. Jumhur ulama mengatakan sahnya mandi satu kali mandi setelah haidl
dengan dua niat sekaligus (yaitu niat mandi junub dan mandi haidl), sebagaimana
disebutkan Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla (1/291) dan Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni
(1/220). Akan tetapi sebagian ulama lain seperti Jabir bin Zaid, Al-Hasan Al-Bashri,
Qatadah, Ibrahim An-Nakha’iy, Al-Haakim bin ‘Utaibah, Thawus, ‘Atha’, ‘Amr bin
Syu’aib, Az-Zuhri, dan Maimun bin Mihraan menyatakan wajibnya dua kali mandi
(yaitu ia mandi junub, dan ketika selesai haidl, ia mandi lagi).
Yang rajih dalam hal ini adalah
pendapat kedua yang mengatakan wajib dua kali mandi. Sebab, satu kewajiban
tidaklah mengugurkan kewajiban yang lainnya sebagaimana kewajiban puasa
kaffarat tidaklah sah diniatkan juga untuk puasa qadla atau puasa nadzar. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
telah bersabda:
إِنَّمَا
اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Setiap perbuatan
hanyalah tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas)
berdasarkan apa yang dia niatkan” (HR. Al-Bukhari
no. 1, Muslim no. 1907, Abu Dawud no. 2201, At-Tirmidzi no. 1647, dan yang
lainnya).
6. Jika terjadi sesuatu yang membatalkan wudlu
saat mandi haidl, maka tidak wajib mengulangi mandi, melainkan melanjutkan
mandi hingga selesai. Dia hanya wajib wudlu setelah selesai mandi. Ini merupakan pendapat jumhur
ulama. Alasannya, karena hadats tidak membatalkan mandi, sehingga keberadaannya
tidak berpengaruh. Sama seperti tidak terjadi hadats (lihat Al-Mughni 1/290).
7. Apabila wanita merasa
telah suci dari haidl, namun ia tidak mendapatkan air untuk mandi, maka dia
diperbolehkan untuk tayamum dan berhubungan badan (jima’) dengan suaminya. Ini
merupakan pendapat kebanyakan ulama (lihat Majmu’ Al-Fataawaa 1/625, Al-Muhalla
2/171, Syarh Shahih Muslim 1/593, dan Jaami’ Ahkaamin-Nisaa’ 1/152.
Darah yang Mengalir/Keluar dari Kemaluan Saat Hamil: Dihukumi Haidl?
Para ulama berbeda
pendapat mengenai darah yang keluar selama masa kehamilan. Ada dua pendapat
mengenai hal ini:
1. Darah yang muncul saat
masa kehamilan dihukumi sebagai darah haidl yang mewajibkan untuk meninggalkan
shalat.
Ini merupakan pendapat
madzhab Malikiyyah(1) dan Asy-Syafi’iy dalam al-qaulul-jadiid(2), bahkan ini
yang mu’tamad dalam madzhabnya. Telah diriwayatkan dari Az-Zuhriy, Qatadah,
Al-Laits, dan Ishaaq.(3) Ibnu Qudamah menegaskan bahwa pendapat ini sebagai
pendapat yang shahih dari ‘Aisyah.(4) Ini juga merupakan pendapat Yahya bin
Sa’iid, Rabi’ah bin Abi ‘Abdirrahman, dan Ibnu Abi Salamah.(5)
2. Darah yang muncul di
masa kehamilan bukanlah darah haidl, namun ia hanyalah darah rusak, sehingga
wanita tersebut tidak boleh meninggalkan shalat.
Ini merupakan pendapat
madzhab Hanafiyyah(6) dan Hanabilah(7). Telah diriwayatkan dari ‘Aisyah, Ibnu
‘Abbas, Tsaubaan; dan hal itu merupakan perkataan jumhur tabi’in, diantaranya:
Sa’id bin Al-Musayyib, ‘Atha’, Al-Hasan, Jaabir bin Zaid, ‘Ikrimah, Muhammad
bin Al-Munkadir, Asy-Sya’biy, Mak-huul, Hammaad, Ats-Tsauriy, Al-Auza’iy, Abu
Tsaur, Sulaiman bin Yasaar, dan ‘Ubaidillah bin Al-Hasan.(8)
Yang rajih dari dua
pendapat di atas adalah pendapat yang kedua, dengan dalil diantaranya:
a. Hadits Abu Sa’id
Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
لا توطأ حاملٌ
حتى تضع، ولا غير ذات حملٍ حتى تحيض حيضةً
“Wanita hamil tidak boleh
dikumpuli/digauli hingga ia melahirkan; dan tidak pula wanita yang tidak hamil
hingga dia haidl sekali” (HR. Abu Dawud
no. 2157, Al-Baihaqi dalam Al-Kubraa 9/124, Ad-Daarimiy no. 2341, dan yang
lainnya; shahih lighairihi).
Adanya haidl menjadi
indikasi atas bersihnya rahim dimana semua itu menunjukkan bahwa kehamilan
tidak bisa bersatu dengan haidl.
b. Hadits Salim dari
bapaknya, bahwa bapaknya (Ibnu ‘Umar) telah menceraikan istrinya dalam keadaan
haidl. Lalu ‘Umar bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan
beliau bersabda:
مره فليراجعها.
ثم ليطلقها طاهرا أو حاملا
“Perintahkanlah ia untuk merujuknya, kemudian
agar ia menceraikannya dalam keadaan suci atau hamil” (HR. Muslim no. 1471 dan Ahmad
2/58).
Hamil telah dijadikan
indikasi atas tidak adanya haidl, sebagaimana suci dijadikan indikasi haidl. Al-Imam Ahmad rahimahullah berkata:
فأقام الطهر
مقام الحمل". والله عز وجل يقول: ﴿ فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ ﴾ (الطلاق:
من الآية: 1). أي بالطهر في غير جماع
“Kedudukan suci menempati
kedudukan kehamilan. Allah ‘azza wa jalla telah berfirman: ‘Maka hendaklah
kalian menceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) ‘iddah-nya (yang
wajar)’ (QS. Ath-Thalaq: 1). Yaitu: dalam keadaan suci sebelum dicampuri” (lihat
Tafsi Ath-Thabari, 23/432).
Beberapa Perkara yang Diharamkan oleh Wanita yang sedang Haidl
1. Shalat.
Para ulama sepakat bahwa
wanita yang haidl dilarang untuk melakukan shalat (baik fardlu ataupun sunnah),
dan ia tidak perlu mengqadla shalat fardlu yang telah ditinggalkannya itu. Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata:
أجمع أهل العلم
لا اختلاف بينهم على إسقاط فرض الصلاة عن الحائض في أيام حيضها
“Para ulama telah sepakat
tanpa ada perselisihan di antara mereka tentang gugurnya kewajiban shalat atas
wanita yang sedang haidl pada hari-hari haidlnya” (Al-Ausath, 2/202).
An-Nawawi rahimahullah berkata:
أجمع المسلمون
على أن الحائض والنفساء لا تجب عليها الصلاة ولا الصوم في الحال
“Kaum muslimin telah sepakat bahwasannya
wanita yang haidl dan nifas tidak diwajibkan atasnya shalat dan puasa” (Syarh
Shahih Muslim, 1/637).
عن معاذة: أن
امرأة قالت لعائشة: أتجزي إحدانا صلاتها إذا طهرت ؟ فقالت: أحرورية أنت ؟ كنا نحيض
مع النبي صلى الله عليه وسلم فلا يأمرنا به. أو قالت: فلا نفعله.
Dari Mu’aadzah: Bahwasannya ada seorang wanita
yang bertanya kepada ‘Aisyah: “Apakah kita (wanita) mengganti shalat setelah
suci (dari haidl)?”. ‘Aisyah berkata: “Apakah engkau seorang
haruriyyah/khawarij? Kami mengalami haidl di masa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam, namun beliau tidak menyuruh kami mengganti shalat – atau tidak pernah
mengerjakannya” (HR. Al-Bukhari no. 321 dan Muslim no. 265).
Catatan:
a) Apabila seorang wanita mulai haidl
menjelang ‘ashar, misalnya, padahal ia belum shalat dhuhur, apakah ia wajib
mengqadla shalat dhuhur setelah suci dari haidlnya? Jawabannya: Wanita tersebut
harus mengqadla shalat dhuhur, yang memang telah wajib ia kerjakan sebelum
mendapat haidl, sehingga ia wajib mengqadlanya karena saat itu dia telah memasuki
waktu dhuhur dalam keadaan suci (meskipun waktu yang tersisa hanya cukup untuk
satu raka’at). Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala:
إِنَّ الصَّلاةَ
كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
“Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang
ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (QS. An-Nisaa’: 103).
Ini adalah pendapat yang lebih hati-hati (lihat
lebih lanjut pada kitab: 60 Suaal wa Jawaab fii Ahkaamil-Haidl oleh Muhammad
bin Shaalih Al-‘Utsaimin, hal. 134-135, pertanyaan no. 32; Daarul-Qummah).
b) Apabila seorang wanita
suci dari haidl sebelum matahari terbenam, maka dia harus mengerjakan shalat
Dhuhur dan ‘Ashar pada hari itu. Begitu juga jika dia suci sebelum fajar
terbit, maka dia harus mengerjakan shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada malam itu,
karena waktu shalat yang kedua dan yang pertama masuk dalam kondisi ‘udzur.
Syaikhul-Islam Ibnu
Taimiyyah berkata:
ولهذا كان عند
جمهور العلماء ـ كمالك والشافعي وأحمد ـ إذا طهرت الحائض في آخر النهار صلت الظهر
والعصر جميعًا، وإذا طهرت في آخر الليل صلت المغرب والعشاء جميعًا، كما نقل ذلك عن
عبد الرحمن ابن عوف، وأبي هريرة، وابن عباس؛ لأن الوقت مشترك بين الصلاتين في حال
العذر، فإذا طهرت في آخر النهار فوقت الظهر باق، فتصليها قبل العصر. وإذا طهرت
في آخر الليل فوقت المغرب باق في حال العذر، فتصليها قبل العشاء
“Pendapat kebanyakan ulama, termasuk Malik,
Asy-Syafi’iy, dan Ahmad menyebutkan bahwa jika seorang wanita yang haidl suci
pada sore hari, maka dia harus mengerjakan shalat Dhuhur dan ‘Ashar. Ini berdasarkan
keterangan ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Abu Hurairah, dan Ibnu ‘Abbas. Alasannya,
waktu yang meliputi dua shalat termasuk dalam kondisi ‘udzur, sehingga ketika
dia suci pada sore hari, sebenarnya waktu Dhuhur masih ada, maka dia harus
mengerjakan shalat Dhuhur sebelum ‘Ashar. Sedangkan jika dia suci di akhir
malam, sebenarnya waktu maghrib masih ada bila terjadi kondisi ‘udzur, maka dia
harus mengerjakan shalat Maghrib sebelum ‘Isya’” (Majmu’ Al-Fataawaa, 2/334).
2. Puasa
Para ulama sepakat
(ijma’) bahwa wanita haidl tidak boleh berpuasa, dan hanya saja mereka harus
mengqadla puasa Ramadlan di waktu yang lain selama hari-hari yang
ditinggalkannya (waktu haidl) (lihat Al-Ausath oleh Ibnul-Mundzir, 2/203).
‘Aisyah radliyallaahu
‘anhaa pernah mengatakan:
كان يصيبنا ذلك
فنؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاة
“Kami mengalami hal itu (haidl). Maka kami
diperintahkan mengqadla puasa, namun tidak diperintahkan mengqadla shalat” (HR.
Muslim no. 335 dan Abu Dawud no. 263).
Catatan:
a) Apabila wanita yang haidl suci sebelum
fajar namun ia belum mandi, apakah ia boleh berpuasa?
Jawabannya: Jika wanita yang haidl suci
sebelum fajar, namun ia telah niat berpuasa, maka puasanya sah. Hal itu dikarenakan
keabsahan puasa tidak tergantung pada mandi, berbeda dengan shalat. Ini
merupakan pendapat jumhur ulama (lihat Fathul-Baariy, 1/192).
b) Apabila wanita yang
haidl suci sebelum matahari terbenam, apakah ia harus berpuasa pada sisa siang
hari itu?
Jawabannya: Dia tidak
harus berpuasa pada sisa siang hari itu, karena pada dasarnya dia tidak
berpuasa pada paginya dan akan mengqadla puasa di hari yang lain, sehingga ia
tidak perlu berpuasa di hari itu.
عن بن جريج قال
قلت لعطاء المراة تصبح حائضا ثم تطهر في بعض النهار أتتمه قال لا هي قاضية
Dari Ibnu Juraij, ia berkata: Aku berkata
kepada ‘Atha’: “Seorang wanita yang haidl di waktu shubuh/pagi, lalu suci sore
harinya, apakah ia harus berpuasa pada sisa harinya itu?”. Ia menjawab: “Tidak,
baginya qadla (di hari yang lain)” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq no. 1292;
shahih).
3. Berhubungan badan
(jima’).
Para ulama sepakat bahwa
haram hukumnya melakukan hubungan badan (jima’) dengan wanita yang sedang haidl
(Al-Muhalla 2/162 dan Majmu’ Al-Fataawaa 21/624).
Allah ta’ala telah berfirman:
وَيَسْأَلُونَكَ
عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ
“Mereka bertanya kepadamu
tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu
hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu
mendekati mereka, sebelum mereka suci” (QS. Al-Baqarah:
222).
عن أنس: أن
اليهود كانوا، إذا حاضت المرأة فيهم، لم يؤاكلوها ولم يجامعوهن في البيوت. فسأل
أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم النبي صلى الله عليه وسلم. فأنزل الله
تعالى:{ويسألونك عن المحيض قل هو أذى فاعتزلوا النساء في المحيض إلى آخر الآية} (2/البقرة/
الآية 222) فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم "اصنعوا كل شيء إلا النكاح"
Dari Anas: Bahwasannya
Yahudi apabila wanita mereka haidl, mereka tidak makan bersama wanita tersebut,
dan tidak tinggal serumah. Maka para shahabat bertanya kepada Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Lalu Allah ta’ala menurunkan ayat: Mereka bertanya kepadamu
tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu
hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid” sampai akhir ayat
(QS. Al-Baqarah: 222). Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Lakukanlah apa saja, kecuali nikah (jima’)” (HR. Muslim no. 302).
Catatan:
a) Apabila seorang muslim
berkeyakinan bahwa melakukan jima’ dengan wanita haidl adalah halal – sementara
ia tahu keharamannya - , maka ia menjadi kufur dan murtad. Namun jika ada yang
melakukannya tanpa berkeyakinan bahwa hukumnya halal, melainkan karena lupa
atau tidak tahu bahwa wanita itu sedang haidl, atau tidak tahu bahwa hukumnya
haram, atau dipaksa melakukannya; maka ia tidak berdosa. Sedangkan jika ia
melakukannya dengan sengaja dalam keadaan tahu bahwa istrinya sedang haidl,
maka ia telah melakukan dosa besar dan wajib bertaubat.
Tentang membayar
kaffarat, pernah diajukan pertanyaan kepada Lajnah As-Daaimah sebagai berikut:
“Seseorang
menjima’i/mencampuri istrinya dalam keadaan haidl atau telah suci dari
haidl/nifas namun belum mandi – karena ketidaktahuannya; apakah baginya ada
kaffarat? dan berapa besarnya? Apabila istrinya hamil dari hasil jima’
tersebut, apakah anak yang dilahirkan darinya disebut anak haram?”.
Maka Lajnah menjawab:
Alhamdulillahi wahdah,
wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa rasuulihi wa aalihi wa shahbihi…wa ba’d:
Mencampuri wanita haidl
hukumnya haram berdasarkan firman Allah ta’ala:
وَيَسْأَلُونَكَ
عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ
“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh.
Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". oleh sebab itu
hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu
mendekati mereka, sebelum mereka suci” (QS. Al-Baqarah: 222).
Barangsiapa yang melakukan hal itu, wajib
baginya untuk meminta ampun dan bertaubat kepada Allah. Dan hendaknya ia
bershadaqah satu dinar atau setengah dinar sebagai kaffarat (denda) atas
perbuatannya itu, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan
Ashhaabus-Sunan dengan sanad jayyid, dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma:
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada orang
yang mendatangi (mencampuri) istrinya dalam keadaan haidl:
يتصدق بدينار أو
نصف دينار
“Hendaknya ia bershadaqah dengan satu dinar
atau setengah dinar” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Kitaabuth-Thaharah no.
137; An-Nasa’i, Kitaabuth-Thaharah no. 289; Abu Dawud, Kitaabun-Nikaah no.
2168; Ibnu Majah, Kitaabuth-Thaharah no. 640; Ahmad 1/363; dan Ad-Daarimiy,
Kitaabuth-Thaharah no. 1105).
Ia bisa memilih satu
dinar atau setengah dinar. Satu dinar itu sebanding dengan 4/7 juneh Saudi.
Apabila juneh Saudi dikonversi semisal 70 real, maka ia harus mengeluarkan 20
real atau 40 real untuk dishadaqahkan kepada fakir miskin.(9)
Dan tidak boleh baginya
untuk mencampuri istrinya setelah suci – yaitu berhentinya darah – sebelum ia
mandi, berdasarkan firman Allah ta’ala:
وَلَا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ
أَمَرَكُمُ اللَّهُ
“Dan janganlah kamu
mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka
campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” (QS.
Al-Baqarah: 222).
Allah tidak
memperkenankan seseorang untuk mencampuri wanita haidl hingga darahnya berhenti
dan kembali suci, yaitu dengan mandi. Barangsiapa yang mencampuri istrinya
sebelum mandi, maka ia berdosa dan wajib baginya membayar kaffarat.
Apabila istrinya itu
hamil dengan sebab jima’ saat ia haidl atau telah suci namun belum mandi,
tidaklah anaknya tersebut disebut anak haram. Bahkan ia merupakan anak yang sah
menurut syari’at.
Wabillaahit-tafiiq, wa
shallallaahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammadin wa aalihi wa shahbihi wa sallam. (selesai
- Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 5/398-400)
b) Seorang suami boleh
tetap bermesraan dengan istrinya dengan mencumbuinya, asalkan tidak melakukan
jima’ pada kemaluannya.
قال مسروق
لعائشة: إني أريد أن أسألك عن شيء وأنا أستحيي! فقالت: إنما أنا أمُّك، وأنت ابني!
فقال: ما للرجل من امرأته وهي حائض؟ قالت له: كل شيء إلا فرجها.
Masruq pernah berkata kepada ‘Aisyah: “Sesungguhnya
aku ingin bertanya kepadamu tentang sesuatu, namun aku malu”. ‘Aisyah berkata: “Tidak
perlu malu, karena aku adalah ibumu dan engkau adalah anakku”. Masruq berkata:
“Apa yang boleh dilakukan oleh seorang laki-laki terhadap istrinya yang sedang
haidl?”. ‘Aisyah menjawab: “Dia boleh melakukan apa saja selain pada
kemaluannya (jima’)” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabari dalam Tafsir-nya, 4/378;
dengan sanad shahih).
c) Apabila wanita yang
haidl telah suci, maka suami tidak boleh melakukan hubungan badan dengannya
kecuali setelah istrinya mandi.
Allah ta’ala telah berfirman:
وَلا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ
أَمَرَكُمُ اللَّهُ
“Janganlah kamu mendekati
mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka
itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” (QS. Al-Baqarah: 222).
عن مجاهد قال:
للنساء طهران طهر قوله: حتى يطهرن. يقول إذا تطهرن من الدم قبل أن يغتسلن وقوله:
فإذا تطهرن. أي إذا اغتسلن ولا تحل لزوجها حتى تغتسل .يقول: فأتوهن من حيث أمركم
الله. من حيث يخرج الدم فإن لم يأتها من حيث أمر فليس من التوابين ولا من
المتطهرين
Dari Mujaahid, ia berkata:
“Bagi wanita, mereka memiliki dua bentuk kesucian. Pertama, kesucian yang
dinyatakan dalam firman Allah ta’ala: ‘hatta yathhurna’, yaitu jika mereka suci
dari darah haidl sebelum mereka mandi. (Dan kesucian yang kedua) adalah seperti
dalam firman Allah ta’ala: ‘faidzaa tathahharna’, yaitu apabila mereka telah
mandi. Dan tidak dihalalkan bagi suaminya untuk menggaulinya hingga ia mandi.
Allah ta’ala berfirman: ‘fa’tuuhunna min haitsu amarakumullah’, yaitu dari
tempat keluarnya darah, sehingga jika suami tidak menggaulinya di tempat yang
diperintahkan Allah itu, maka ia tidak termasuk orang-orang yang bertaubat dan
orang-orang yang membersihkan diri” (Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq no. 1272;
shahih).
Lihat kembali fatwa
Lajnah Daaimah yang dituliskan di atas.
d) Jika seorang suami
muslim mempunyai istri dari kalangan Ahli-Kitab, maka ia (istri) harus dipaksa
mandi (setelah suci dari haidl) agar halal untuk digauli, karena ayat Al-Qur’an
di atas tidak mengkhususkan perintahnya hanya untuk wanita muslimah saja (lihat
Tafsir Al-Qurthubi, 3/90).
4. Thawaf
Ijma’ ulama menyatakan
bahwa wanita yang haidl diharamkan melakukan thawaf. Mereka berdalil dengan
hadits ‘Aisyah yang menyatakan bahwa ia mengalami haidl saat hendak
melaksanakan ibadah haji. Maka Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
افعلي كما يفعل
الحاج، غير أن لا تطوفي بالبيت حتى تطهري
“Lakukan semua amalan
yang dikerjakan oleh orang yang melaksanakan ibadah haji. Hanya saja engkau
tidak boleh thawaf di sekitar Ka’bah, hingga engkau suci” (HR. Al-Bukhari 1650).
5. Menyentuh dan Membawa
Al-Qur’an.
Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
لا يمس القرآن
إلا طاهر
“Al-Qur’an tidak boleh
disentuh kecuali oleh orang-orang yang suci” (HR. Ath-Thabarani dalam Al-Kabiir; shahih, lihat
Irwaaul-Ghaliil no. 122).
Sisi pendalilannya adalah:
Bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang menyentuh Al-Qur’an
kecuali orang yang suci. Dan yang dimaksud dengan hal itu adalah suci dari
hadats, termasuk dalam hal ini haidl. Pendapat ini yang beredar di kalangan
shahabat radliyallaahu ‘anhum. Mereka tidak berselisih pendapat mengenai itu.
Pendapat inilah yang dirajihkan oleh An-Nawawi dalam Al-Majmu’ (2/85) dan Ibnu
Taimiyyah dalam Al-Fatawaa (26/179-180).
Menyelisihi hal ini
adalah pendapat sebagian ulama seperti Ibnu Hazm, Asy-Syaukani, Al-Albani rahimahumullah,
dan yang lainnya dari kalangan muta’akhkhiriin. Namun
pendapat ini lemah. Wallaahu a’lam.
Al-Lajnah Ad-Daaimah pernah memberikan fatwa:
لا يجوز للحائض
مس المصحف عند جمهور العلماء؛ لقوله تعالى: سورة الواقعة الآية 79 لَا يَمَسُّهُ
إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ ولقول النبي صلى الله عليه وسلم في كتاب عمرو بن حزم: لا
يمس القرآن إلا طاهر أما قراءة الحائض والنفساء القرآن بلا مس المصحف فلا بأس به
في أصح قولي العلماء؛ لأنه لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم ما يمنع من ذلك.
“Tidak diperbolehkan bagi wanita yang haidl
untuk menyentuh mushhaf menurut jumhur ulamaa’, berdasarkan firman Allah “Tidak
menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan” (QS. Al-Waqi’ah: 79). Dan juga
berdasarkan sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam kitab ‘Amr bin Hazm:
“Al-Qur’an tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang suci”. Adapun wanita yang haidl
dan nifas yang membacanya tanpa menyentuhnya, maka tidak mengapa menurut
pendapat yang paling shahih dari para ulama. Hal itu dikarenakan tidak ada
riwayat yang shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang melarang
perbuatan tersebut” (Fataawa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 4/109 no. 3713).
6. Menetap/berdiam diri
di masjid
Terdapat perbedaan
pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Pendapat pertama mengatakan tidak
bolehnya wanita haidl menetap/berdiam diri di masjid. Ini adalah mazhab Abu
Hanifah(10), Malik(11), Asy-Syafi’iy(12), dan Ahmad(13). Pendapat kedua
mengatakan bolehnya wanita haidl menetap/berdiam diri di masjid. Ini adalah
pendapat Dawud Adh-Dhahiriy, Ibnu Hazm,(14) dan Al-Muzaanniy(15) (Al-Haidl
wan-Nifaas, hal. 695).
Dalam pembahasan panjang
pendiskusian di antara dua pendapat tersebut, yang rajih adalah pendapat
jumhur. Salah satu dalil yang melandasi adalah
adalah:
عن أم عطية قالت
كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها حتى نخرج الحيض فيكن خلف
الناس فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته
Dari Ummu ‘Athiyyah radliyallaahu ‘anhaa, ia
berkata: “Kami diperintahkan untuk keluar pada hari ’Ied, hingga kami pun
mengeluarkan wanita-wanita gadis dari tempat pingitannya dan para wanita haidl
untuk ditempatkan di belakang orang-orang. Maka mereka pun bertakbir mengikuti
takbir kaum laki-laki dan berdoa mengikuti doa kaum laki-laki. Mereka
mengharapkan barakah dan kesucian pada hari itu” (HR. Al-Bukhari no. 971 dan
Muslim no. 890; ini adalah lafadh Al-Bukhari).
Pada riwayat lain disebutkan:
وأمر الحيض أن
يعتزلن مصلى المسلمين
”....dan beliau shallallaahu ’alaihi wasallam
memerintahkan para wanita haidl menjauhi tempat shalat kaum muslimin” (HR.
Muslim no. 890).
Segi pendalilannya adalah bahwa wanita haidl
dipisahkan dari tempat orang yang shalat kaum muslimin. Sesuai dengan
keumumannya, masjid termasuk dalam hal ini.
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata
ketika menyimpulkan hukum dari hadits di atas:
منع الحائض من
المكث في المسجد
“Larangan bagi wanita
haidl untuk tinggal di dalam masjid” (Tanbiihul-Afhaam, 1/439).
Asy-Syaikh ‘Abdullah Ali
Bassaam hafidhahullah berkata dalam kesimpulan hukum dari hadits yang sama:
وجوب اجتناب
الحائض المسجد لئلا تلوثه
إن المصلى العيد
له حكم المساجد
“Kewajiban wanita haidl untuk menjauhi masjid
agar tidak menodainya. Sesungguhnya mushalla (tanah lapang) ‘Ied itu mempunyai
hukum masjid-masjid” (Taisirul-‘Allaam oleh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Ali
Bassaam 1/441).
Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya…
Oleh: Abul Jauzaa’ Dony Arif Wibowo
Footnote:
(1) Haasyiyyah
Al-Khurasyi ‘alaa Mukhtashar Khaliil ma’a Haasyiyah Al-‘Adawiy oleh Muhammad
Al-Khurasyi Al-Malikiy, 1/205; Daarul-Kutub Al-Islamiy.
(2) Mughnil-Mughtaj oleh Asy-Syarbiniy, 1/293.
(3) Al-Mughniy oleh Ibnu Qudamah, 1/362.
(4) Idem.
(5) Al-Mudawwanah Al-Kubraa oleh Malik bin
Anas, 1/155; Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah, Cet. 1/1994.
(6) Syarh Fathil-Qadiir oleh Ibnu Hamaam,
1/186.
(7) Kasysyaaful-Qinaa’ oleh Al-Bahutiy, 1/202
dan Al-Mughniy oleh Ibnu Qudamah, 1/361-362.
(8) Al-Mughniy oleh Ibnu Qudamah, 1/381.
(9) Apabila 1 (satu)
dinar itu sama dengan 4,85 gram emas 21 karat dengan asumsi harga per gramnya
Rp 200.000,-; maka kaffarat yang harus dibayarkan – jika dikonversi dalam
rupiah – sebesar Rp 970.000,- atau Rp 485.000,-. – Penulis.
(10) Al-Bahrur-Raaiq
1/205, Syarh Fathil-Qadiir 1/165, Al-Binaayah 1/636, dan Tabyiinul-Haqaaiq
1/56.
(11) At-Tafrii’ oleh
Ibnul-Jalaab 1/206, Al-Ma’uunah 1/186, Manhul-Jaliil 1/174, Hasyiyyah
Ad-Daasuqiy 1/173-174, Mawaahibul-Jaliil 1/347, Asy-Syarhush-Shaghiir 1/312.
(12) Al-Muhadzdzab 1/45,
Al-Majmuu’ 2/156, Al-Wasiith Al-Ghazzaaliy 1/413, Mughnil-Muhtaaj 1/109, dan
Al-Haawiy Al-Kabiir 1/384.
(13) Al-Mughni 1/200,
Kasysyaaful-Qinaa’ 1/197, dan Al-Mubdi’ 1/260.
(14) Al-Muhallaa, permasalahan no. 262.
(15) Al-Majmuu’ 2/160.
Posting Komentar untuk "Fikih Haidh Bagi Wanita Dalam Islam"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.