Dimanakah Allah? - Ini Jawaban Imam Malik bin Anas Rahimahullah
Permasalahan ‘dimanakah Allah’ adalah
permasalahan krusial yang di jaman dulu para imam kita dari kalangan salaf
mudah menjawabnya dengan jawaban sederhana, namun menjadi susah oleh generasi
setelahnya. Generasi khalaf, terutama yang berafiliasi dengan kelompok
Asyaa’irah, membuat aneka jawaban yang susah untuk dimengerti, mempersulit diri
sendiri. Dulu, ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada
seorang budak wanita ‘dimanakah Allah’, dengan mudah dijawab: ‘Di atas langit’.
Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun membenarkannya. (1)
Tidak terkecuali Imam Daaril-Hijrah,
Maalik bin Anas rahimahullah. Beliau pun – sebagaimana salaf beliau dari
kalangan shahabat dan taabi’iin – menjawab dengan jawaban yang mudah, ringkas,
dan jelas. Berikut riwayatnya:
حدثني أبي رحمه الله
حدثنا سريج بن النعمان حدثنا عبدالله بن نافع قال كان مالك بن أنس يقول الايمان قول
وعمل ويقول كلم الله موسى وقال مالك الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء
Telah menceritakan kepadaku ayahku
rahimahullah: Telah menceritakan kepada kami Suraij bin An-Nu’maan: Telah menceritakan
kepada kami ‘Abdullah bin Naafi’, ia berkata: “Maalik bin Anas pernah berkata:
‘Iman itu adalah perkataan dan perbuatan, Allah berbicara kepada Muusaa, Allah
berada di langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang
luput dari-Nya”. (Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah, hal.
280 no. 532; shahih).
Diriwayatkan juga oleh Abu Daawud
dalam Masaail-nya hal. 263, Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah, 2/67-68 no.
695-696, Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad hal. 401 no. 673, Ibnu
‘Abdil-Barr dlam At-Tamhiid 7/138, dan Ibnu Qudaamah dalam Itsbaatu
Shifaatil-‘Ulluw hal. 166 no. 76.
Suraij bin An-Nu’maan bin Marwaan
Al-Jauhariy, Abul-Hasan (atau Abul-Husain) Al-Baghdaadiy; seorang yang tsiqah,
sedikit melakukan kekeliruan. Wafat tahun 117 H (Taqriibut-Tahdziib, hal. 366
no. 2231).
‘Abdullah bin Naafi’ bin Abi Naafi’
Ash-Shaaigh Al-Makhzuumiy, Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yang tsiqah,
shahiihul-kitaab, namun pada hapalannya terdapat kelemahan (layyin). Wafat
tahun 206 H (idem, hal. 552, no. 3683).
Namun, kalangan Asyaa’irah (2)
lagi-lagi berusaha menafikkan atsar ini. Mereka melemahkannya dari faktor
‘Abdullah bin Naafi’, karena sebagian huffadh mengkritik hapalannya. Namun
alasan ini tidaklah valid. Disamping pujian ulama tentang ketsiqahannya secara
khusus (3), maka ia juga dikenal shaahibu Maalik dalam periwayatan dan
lebih diutamakan dibanding yang lainnya.
Ibnu Sa’d rahimahullah berkata:
كان قد لزم مالك
بن أنس لزوما شديدا لا يقدم عليه أحد
“Ia melazimi Maalik bin Anas dengan
amat sangat, tidak ada seorang pun yang mendahuluinya”.
Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata:
روى عن مالك غرائب
، و هو فى رواياته مستقيم الحديث
“Ia meriwayatkan beberapa riwayat
ghariib dari Maalik. Dan ia dalam riwayatnya (Maalik) mustaqiimul-hadiits”.
Ibnu Ma’iin rahimahullah berkata:
وعبد الله بن نافع
ثبت فيه
“Dan ‘Abdullah bin Naafi’ tsabt dalam
riwayat Maalik”.
Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkata:
كان عبد الله بن
نافع أعلم الناس برأى مالك و حديثه ، كان يحفظ حديث مالك كله ثم دخله بآخرة شك
“’Abdullah bin Naafi’ adalah orang
yang paling mengetahui tentang pendapat dan hadits Maalik. Ia menghapal semua
hadits Maalik, namun timbul keraguan di akhir hayatnya”.
Abu Daawud rahimahullah berkata:
وكان عبد الله عالما
بمالك ، و كان صاحب فقه
“’Abdullah adalah seorang ‘aalim
tentang Maalik, seorang ahli fiqh”.
Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy
rahimahullah berkata:
كان أعلم الناس بمالك،
و حديثه
“Ia adalah orang yang paling
mengetahui tentang Maalik dan haditsnya”.
(lihat: Tahdziibut-Tahdziib, 6/52).
Dan khusus Al-Imaam Ahmad (yang
perkataannya di atas sering dijadikan alasan untuk melemahkan atsar ini), maka
beliau menyepakati apa yang dikatakan Al-Imaam Maalik bin Anas rahimahullah
dengan periwayatan dari ‘Abdullah bin Naafi’ ini.
حدثنا أبو الفضل
جعفر بن محمد الصندلى قال: حدثنا الفضل بن زياد قال: سمعت أبا عبد الله أحمد بن حنبل
يقول: قال مالك بن أنس: الله عز وجل في السماء وعلمه في كل مكان ، لا يخلو منه مكان
، فقلت: من أخبرك عن مالك بهذا ؟ قال: سمعته من شريح بن النعمان ، عن عبد الله بن نافع
Telah menceritakan kepada kami
Abul-Fadhl Ja’far bin Muhammad Ash-Shandaliy, ia berkata: Telah menceritakan
kepada kami Al-Fadhl bin Ziyaad, ia berkata: Aku mendengar Abu ‘Abdillah Ahmad
bin Hanbal berkata: Telah berkata Maalik bin Anas: “Allah ‘azza wa jalla berada
di langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat. Tidak ada sesuatupun yang luput
dari-Nya”. Lalu aku (Al-Fadhl bin Ziyaad) berkata: “Siapakah yang mengkhabarkan
kepadamu dari Maalik perkataan ini?”. Ahmad berkata: “Aku mendengarnya dari
Syuraih bin An-Nu’maan, dari ‘Abdullah bin Naafi’”. (Diriwayatkan oleh
Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah, no. 696).
Dan kemudian ia (Ahmad) berhujjah
dalam masalah ‘aqidah ini seperti dikatakan Maalik, sebagaimana terdapat dalam
riwayat:
فقال يوسف بن موسى
القطان شيخ أبي بكر الخلال قيل لأبي عبد الله: الله فوق السماء السابعة على عرشه بائن
من خلقه وقدرته وعلمه بكل مكان قال: نعم هو على عرشه ولا يخلو شيء من علمه
Telah berkata Yuusuf bin Muusaa
Al-Qaththaan, syaikh Abu Bakr Al-Khallaal: Dikatakan kepada Abu ‘Abdillah:
“Apakah Allah berada di atas langit yang tujuh, di atas ‘Arsy-Nya, terpisah
dari makhluk-Nya, serta kekuasaan-Nya dan ilmu-Nya ada di setiap tempat?”. Ia
(Ahmad) menjawab: “Benar, Allah ada di atas ‘Arsy-Nya, tidak ada sesuatupun
yang luput dari ilmu-Nya”. (Diriwayatkan oleh Al-Khallaal sebagaimana
disebutkan oleh Adz-Dzahabiy dalam Al-‘Ulluw hal. 130; shahih).
Banyak riwayat-riwayat Al-Imam Ahmad
yang menjelaskan hal yang semisal.
Al-Laalikaa’iy rahimahullah berkata:
وقال عز وجل (يَصْعَدُ
الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ) وقال: (أَأَمِنْتُمْ مَنْ
فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأرْضَ)وقال: (وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ
وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً) فدلت هذه الآيات أنه تعالى في السماء وعلمه بكل مكان
من أرضه وسمائه . وروى ذلك من الصحابة: عن عمر ، وابن مسعود ، وابن عباس ، وأم سلمة
ومن التابعين: ربيعة بن أبي عبد الرحمن ، وسليمان التيمي ، ومقاتل بن حيان وبه قال
من الفقهاء: مالك بن أنس ، وسفيان الثوري ، وأحمد بن حنبل
“Dan Allah ‘azza wa jalla berfirman:
‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh
dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir: 10). ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang
di langit kalau Dia hendak menjungkir-balikkan bumi beserta kamu sekalian,
sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang’ (QS. Al-Mulk: 16). ‘Dan Dialah
yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya
kepadamu malaikat-malaikat penjaga’ (QS. Al-An’aam: 61). Maka ayat-ayat ini
menunjukkan bahwasannya Allah ta’ala berada di atas langit dan ilmu-Nya berada
di setiap tempat di bumi dan langit-Nya. Dan diriwayatkan hal itu dari kalangan
shahabat: ‘Umar, Ibnu Mas’uud, Ibnu ‘Abaas, Ummu Salamah; dan dari kalangan
tabi’iin: Rabii’ah bin Abi ‘Abdirrahmaan, Sulaimaan At-Taimiy, Muqaatil-bin
Hayyaan; dan dengannya dikatakan oleh para fuqahaa’: Maalik bin Anas, Sufyaan
Ats-Tsauriy, dan Ahmad bin Hanbal”. (Syarh Ushuulil-I’tiqaad, hal. 387-388).
Al-Qaadliy ‘Iyaadl Al-Maalikiy
rahimahullah berkata:
قال غير واحد سمعت
مالكا يقول: الله في السماء وعلمه في كل مكان
“Lebih dari satu orang yang berkata:
Aku mendengar Maalik berkata: ‘Allah berada di atas langit dan ilmu-Nya berada
di setiap tempat”. (Tartiibul-Madaarik, 2/43 – melalui perantaraan
Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qararahaa Aimmatul-Maalikiyyah oleh Abu ‘Abdillah
Al-Hammaadiy, hal. 183, taqdim: Masyhur Hasan Salmaan; Ad-Daarul-Atsariyyah,
Cet. 1/1429 H).
Abul-Mutharrif ‘Abdurrahmaan bin
Haaruun Al-Qanaaza’iy Al-Maalikiy rahimahullah berkata:
وفي هذا الحديث
- يعني حديث الأمة السوداء - بيان أن الله تبارك وتعالى في السماء، فوق عرشه، وهو في
كل مكان بعلمه،....
“Dan dalam hadits ini – yaitu hadits
budak wanita hitam – terdapat penjelasan bahwasannya Allah tabaaraka wa ta’ala
berada di atas langit, di atas ‘Arsy-Nya. Dan Dia berada di setiap tempat
dengan ilmu-Nya...”. (Syarh Al-Muwaththa’, hal. 269 – melalui perantaraan
Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qararahaa Aimmatul-Maalikiyyah, hal. 184).
Ibnu ‘Abdil-Barr rahimahullah
menjelaskan ijma’ perkataan Al-Imaam Maalik di atas dengan perkataannya:
علماء الصحابة والتابعين
الذين حمل عنهم التأويل قالوا في تأويل قوله عز وجل (مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلاثَةٍ
إِلا هُوَ رَابِعُهُمْ) هو على العرش، وعلمه في كل مكان، وما خالفهم في ذلك أحد يحتج
بقوله
“‘Ulama dari kalangan shahabat dan
taabi’iin yang diambil ta’wil mereka berkata tentang ta’wil firman-Nya ‘azza wa
jalla: ‘Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang
keempatnya’ (QS. Al-Mujaadilah: 7): ‘Allah berada di atas ‘Arsy, dan ilmu-Nya
berada di setiap tempat’. Tidak ada seorangpun yang dijadikan hujjah
perkataannya yang menyelisihi mereka”. (Itsbaatu Shifaatil-‘Ulluw oleh Ibnu
Qudaamah, hal. 166 no. 77).
Perlu dicatat, Ibnu ‘Abdil-Bar
rahimahullah adalah fuqahaa’ dan ahli-hadits madzhab Maalikiyyah yang tentunya
lebih mengetahui madzhab Al-Imaam Maalik dibandingkan lainnya.
Dan saya tutup dengan perkataan
Adz-Dzahabiy rahimahullah:
وعن عبد الله بن
مسعود رضي الله عنه قال: ((ما بين السماء القصوى والكرسي خمسمائة عام، وبين الكرسي
والماء كذلك، والعرش فوق الماء، والله فوق العرش، ولا يخفى عليه شيء من أعمالكم)).
رواه اللالكائي والبيهقي، بإسناد صحيح عنه
“Dan dari ‘Abdullah bin Mas’uud
radliyllaahu ‘anhu, ia berkata: ‘Jarak antara langit yang paling tinggi dengan
kursi adalah limaratus tahun. Begitu juga jarak antara kursi dengan air. Dan
‘Arsy berada di atas air. Dan Allah berada di atas ‘Arsy, tidak ada sesuatupun
tersembunyi atas-Nya dari amal-amal kalian’. Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy
dan Al-Baihaqiy dengan sanad shahih darinya”. (Al-‘Arsy, 2/129, tahqiq: Prof.
Muhammad bin Khaliifah At-Tamiimiy; Adlwaaus-Salaf, Cet. 1/1420 H).
Kesimpulannya: Shahih perkataan
Al-Imaam Maalik bin Anas rahimahullah bahwasannya Allah ta’ala berada di atas
langit, dan ilmu-Nyalah yang berada di setiap tempat. Inilah madzhab salaf,
bukan madzhab Asyaa’irah.
NB: Kira-kira, orang-orang Asyaa’irah
jika ditanya: ‘dimanakah Allah?’ dapat langsung bergegas menjawab: ‘di atas
langit’ gak ya?
Footnote:
(1) Baca artikel kami:
Shahih Hadits Mu’awiyyah bin Al-Hakam
Tentang ‘Dimana Allah’ – Dan Bantahan Singkat Bagi Yang Mendla’ifkannya.
Hadits Jaariyyah Riwayat Maalik bin
Anas Rahimahullah
(2) Seperti Al-Kautsariy,
‘Abdul-Fattah Abu Ghuddah, dan yang mengikuti keduanya.
(3) Ibnu Ma’iin berkata: “Tsiqah”.
Abu Zur’ah berkata: “Tidak mengapa dengannya”. An-Nasaa’iy berkata: “Tidak
mengapa dengannya”. Di lain tempat ia berkata: “Tsiqah”. Ibnu Hibbaan berkata:
“Shahiihul-kitaab, namun jika ia meriwayatkan dari hapalannya, kadang keliru”.
Al-‘Ijliy berkata: “Tsiqah”. Al-Khaliiliy berkata: “Tsiqah, Asy-Syaafi’iy
memujinya”. Ibnu Qaani’ berkata: “Madaniy, shalih”.
Wallaahu a’lam.
(Perum Ciper, Ciomas, Bogor – 1432 H,
revisi 18-07-2011)
Penulis: Abul Jauzaa’
(Alumnus IPB & UGM)
Editor: Ahmadi As-Sambasy
Cilacap – Jawa Tengah
Posting Komentar untuk "Dimanakah Allah? - Ini Jawaban Imam Malik bin Anas Rahimahullah"
Sebelumnya kami ucapkan Jazakumullahu Khairan atas tegur sapa antum semua di web Kabeldakwah.com ini.
==> Komentar Anda akan ditanggapi oleh Admin saat Aktif.